01 Februari 2023
16:10 WIB
GG:GO! Hadirkan Wadah Aman Untuk Perempuan Gamers
Dilatarbelakangi oleh keinginan untuk melawan lingkungan gaming yang toxic dan seksis terhadap gamer perempuan, Good Girl: Game On! hadir.
Penulis: Agung Muhammad Fatwa
Editor: Satrio Wicaksono
Good Girl: Game On! atau disingkat GG:GO!, sebuah “wadah” tempat gamer perempuan dapat merasa aman untuk bermain game. Dok GG:GO!
JAKARTA – Game merupakan media hiburan yang kepopulerannya meningkat drastis dalam beberapa tahun terakhir, khususnya setelah pandemi covid-19. Industri gaming berhasil menjadi yang paling menguntungkan pada 2021, mengalahkan media hiburan lain seperti film, musik, dan buku. Dikutip dari Statista, konsumen game diprediksi akan terus meningkat sebanyak 32,8% pada 2023 dan 34,9% pada 2027.
Akan tetapi, popularitas tidak menjadikan industri gaming menjadi ramah gender: Dari survei, sebanyak 65% gamer perempuan merasa tidak diterima ketika bergabung dengan komunitas gaming. Bahkan 77% di antaranya mendapatkan perlakukan buruk, seperti diskriminasi gender, pelecehan seksual, dan komentar-komentar yang bersifat menghina.
Berdasarkan data tersebut, organisasi non-profit Galaktik Good terdorong untuk membentuk Good Girl: Game On! atau disingkat GG:GO!, sebuah “wadah” tempat gamer perempuan dapat merasa aman untuk bermain (gaming) dan saling berbagi—tentang berbagai macam topik—lewat komunitas online yang positif, termoderasi, dan terkurasi.
Dilatarbelakangi oleh keinginan untuk melawan lingkungan gaming yang toxic dan seksis terhadap gamer perempuan, GG:GO! tidak hanya memberikan “ruang aman”.
Akan tetapi juga, konten dan program-program yang dapat mendorong dan mendukung perempuan untuk menjalani kehidupan dengan lebih baik dan memaksimalkan potensi mereka.
Didesain oleh dan untuk remaja dan para dewasa-muda, GG:GO! adalah tempat inklusif untuk gamer perempuan di Indonesia dengan latar belakang berbeda, juga siapa pun yang menginginkan tempat suportif.
Semua orang dipersilakan main di sini—asalkan mereka menghormati aturan dasar yang sederhana: untuk #TidakToksik.
“Tidak jarang perempuan diremehkan atau mengalami pelecehan dalam permainan multiplayer online. Media dan developer gaming juga sering kali memarjinalkan perempuan dalam narasi-narasinya, menggambarkan mereka sebagai figur satu dimensi atau objek belaka, bukan sebagai manusia yang penuh. Sebagai seorang gamer, saya selalu menginginkan tempat aman, seperti yang GG:GO! coba tawarkan,” ujar inisiator Good Girl: Game On! Indraswari Pangestu, dikutip dari rilis yang diterima Validnews.id, Rabu (1/2).
Selain menjadi ruang aman untuk perempuan dapat bermain dan menjalankan aktivitas STEM, GG:GO! juga menggunakan platformnya untuk menyediakan konten dengan lima topik utama: Fun & Gaming, Safety & Security, Education & Development, Agency & Confidence, dan Health & Wellbeing. Remaja perempuan membutuhkan akses ke topik-topik ini dari sumber tepercaya untuk membantu mereka tumbuh dan berkembang—informasi yang sering kali sulit untuk ditemukan di luar sana.
Dengan menyampaikan konten-konten tersebut secara menyenangkan, menarik, dan senada dengan tempat perempuan berada, GG:GO! ingin dapat memengaruhi kehidupan tanpa pesan yang terasa “kasar” atau “setengah-setengah”.
Sejalan dengan tema gaming yang ditawarkan, Good Girl: Game On! membuat sebuah semesta virtual yang disebut dengan ‘Bloomhaven’, tempat para karakter digital (yang masing-masing merepresentasikan topik yang ditawarkan) hidup, bekerja, dan bermain.
Semesta dan karakter-karakter ini didesain dengan memperhatikan tren dalam dunia game dan terfokus untuk memenuhi minat target demografis dari GG:GO!.
“Dunia game dan dunia nyata harus menjadi tempat anak perempuan dan laki-laki merasa sama-sama aman untuk mencapai tujuan mereka. Itu sebabnya kami hadir dengan ruang aman yang diperuntukkan bagi anak perempuan—dan semua yang membutuhkannya—agar mereka dapat membicarakan segalanya dan mempelajari hal-hal yang sering tidak dibicarakan. Kami ingin semuanya merasa punya tempat, teman, dan komunitas yang suportif di Good Girl: Game On!,” tambah Mellissa Indria Pertiwi, Executive Editorial Director at Galaktik Good.
GG:GO! sedang dalam proses pengembangan chatbot WhatsApp yang menyediakan akses informasi, dukungan, dan sumber daya secara 24/7. Selain itu, GG:GO! juga memiliki rencana untuk mengubah semesta ‘Bloomhaven’ menjadi game free-to-play dan digital experience dalam satu tahun ke depan.
Partisipasi dalam komunitas Good Girl: Game On! adalah gratis dan terbuka untuk semua orang dan siapa pun yang ingin bergabung. Untuk informasi lebih lanjut, GG:GO! dapat ditemukan di laman-laman berikut: Discord, Instagram, TikTok, YouTube, Twitter, Twitch, dan Facebook.
Tim GG:GO! juga tertarik untuk mengundang para ahli dari berbagai bidang yang ingin mendukung proyek ini atau bertindak sebagai mentor bagi komunitas Good Girl: Game On! melalui aktivitas seperti live chats dan QnA. Untuk detail lebih lanjut, tim GG:GO! dapat ditemui di: play@goodgirlgo.org.