12 Juni 2025
19:13 WIB
Gandeng Legenda Bisbol Hingga Aktor, Uniqlo Rilis T-shirt Amal
Uniqlo merilis empat desain terbaru untuk t-shirt amal "Peace for All" dengan menggandeng sejumlah pihak, dari legenda bisbol hingga aktor terbaik Festival Film Cannes.
Penulis: Gemma Fitri Purbaya
Kaus UT Peace for All. Foto: UNIQLO
JAKARTA - Perusahaan ritel pakaian global asal Jepang, UNIQLO mengumumkan peluncuran empat desain terbaru untuk proyek t-shirt amal "Peace for All". Desain terbaru ini menghadirkan desain karya legenda Major League Baseball Ichiro Suzuki dan aktor ternama Koji Yakushi.
Dalam koleksi terbaru ini, desain dari Ichiro Suzuki menggambarkan sebuah pintu yang sedang diketuk. Pintu tersebut menjadi simbol dari rasa antusias dan kegembiraan saat menemukan hal yang dicintai dan keberanian untuk melangkah menghadapi tantangan.
Sementara kaus karya Koji Yakusho, menampilkan adegan berkesan dari film Perfect Days yang mengantarkannya meraih penghargaan Aktor Terbaik di Festival Film Cannes, lengkap dengan kutipan dari film tersebut, "Next time is next time, now is now".
Kutipan itu diucapkan oleh Koji yang berperan sebagai tuan Hirayama dalam film tersebut pada keponakannya yang kabur dari rumah.
Selain Ichiro dan Koji Yakusho, Akamai Technologies dan Kashiwa Sato juga berkontribusi pada peluncuran desain baru ini. Akamai Technologies menghadirkan kaus berwarna cokelat muda yang terinspirasi dari casing plastik "beige box" yang digunakan komputer era awal internet. Ada simbol hati di bagian depan yang mewakili bagaimana internet telah digunakan untuk hal-hal baik di seluruh dunia.
Bagian belakang t-shirt menampilkan kode asli referensi pada Linux atau bahasa terbuka yang menjadi fondasi internet. Bahasa bersama ini menghubungkan Akamai dengan berbagai brand ternama dunia dan orang-orang yang mereka layani, dalam upaya mewujudkan dunia yang lebih aman dan terhubung.
Sementara untuk Kashiwa Sato mendesain kaus yang menyampaikan konsep "Peace" atau perdamaian secara langsung dan sederhana. Seruan berulang untuk "Peace for All" yang mewakili perasaan dan suara banyak orang di seluruh dunia ditampilkan guna mengekspresikan keinginan yang kuat dan tulus untuk dunia yang damai.
Proyek "Peace for All" sendiri merupakan kampanye UNIQLO untuk mengekspresikan harapan akan perdamaian yang didesain secara sukarela oleh para kontributor dari seluruh dunia. Seluruh keuntungan dari penjualan kaus ini disumbangkan ke organisasi-organisasi kemanusiaan internasional.
Sampai Januari 2025, secara global lebih dari 6,6 juta kaus telah terjual dan berhasil mengumpulkan donasi lebih dari US$12,8 juta. Di Indonesia, donasi dilakukan secara langsung oleh Fast Retailing Indonesia pada Save the Children Indonesia untuk mencegah kemiskinan, diskriminasi, kekerasan, dan konflik di Indonesia.