Selamat

Selasa, 21 September 2021

14 September 2021|20:48 WIB

Fitur Favorit Mungkinkan Pengguna Instagram Kustomisasi Feed

Fitur ini akan memungkinkan pengguna memilih akun tertentu yang postingannya ingin mereka lihat lebih sering di feed mereka.

Penulis: Arief Tirtana,

Editor: Rendi Widodo

ImageIustrasi Instagram. Pixabay/Webster2703

JAKARTA – Setelah selama ini menggunakan perhitungan algoritma untuk menampilkan deretan foto di feed (home) penggunanya, Instagram kini dikabarkan sedang mengembangkan fitur baru, dengan nama Favorit (favorites).

Diungkapkan oleh reverse engineer, sekaligus leaker (pembocor informasi) Alessandro Paluzzi, fitur "favorit" sedang dikembangkan oleh Instagram untuk memungkinkan pengguna memilih akun tertentu, yang unggahannya ingin mereka lihat lebih sering di feed mereka.

Fitur tersebut serupa dengan apa yang sudah ada di Facebook. Di mana pengguna sudah memiliki kontrol lebih banyak atas algoritma Umpan Berita mereka. Di Facebook, pengguna dapat memilih hingga 30 teman atau Halaman Facebook yang unggahannya ingin ditampilkan lebih sering.

Menurut informasi yang diungkapkan Paluzzi, melalui tangkapan layar (screenshoot) yang diposting di Twitter. Dengan fitur favorit, pengguna Instagram akan dapat memilih akun-akun tertentu dalam daftar following mereka, untuk dimasukkan ke dalam daftar Favorit yang mereka buat.

Daftar ini dapat disunting (edit) kapan saja, dan Instagram mencatat bahwa pengguna tidak akan diberi tahu saat mereka ditambahkan ke daftar Favorit seseorang.

Sayangnya, belum ada keterangan lebih jauh tentang berapa banyak jumlah akun yang bisa dimasukan pengguna dalam daftar favorit mereka.

Buat Instagram, nama fitur Favorit sendiri sebenarnya bukan hal yang baru. Media sosial rancangan Kevin Systrom dan Mike Krieger juga pernah menguji coba fitur dengan nama serupa tahun 2017 silam.

Namun bedanya, fitur Favorit pada tahun 2017 tersebut bisa digunakan pengguna untuk membatasi audiens yang tepat untuk setiap unggahan. Mirip-mirip dengan fitur close friends yang ada saat ini.

Belum jelas apakah fitur Favorit ini akan menjadi fitur resmi yang akan diluncurkan Instagram ke semua penggunanya, atau mungkin diluncurkan dengan sejumlah perubahan.

Untuk saat ini, Instagram mengatakan fitur ini baru sebatas purwarupa internal yang masih dalam pengembangan, dan tidak diuji secara eksternal.

Login atau Register untuk komentar.

ARTIKEL LAINNYA

TERPOPULER