Selamat

Sabtu, 19 Juni 2021

TEKNO

08 Juni 2021|16:23 WIB

FaceTime Bakal Bisa Diakses Pengguna Android

Untuk menyaingi sejumlah aplikasi video conference yang semakin banyak digunakan masyarakat

Penulis: Arief Tirtana,

Editor: Satrio Wicaksono

ImageAplikasi Facetime

JAKARTA – FaceTime akan segera bisa digunakan di ponsel berbasis Android dan juga komputer yang menggunakan Windows. Kepastian itu seiring pengumuman yang dilakukan Apple dalam acara "Apple Worldwide Developers Conference (WWDC) 2021" di California, Amerika Serikat.

Seperti diketahui, FaceTime adalah aplikasi panggilan video yang hanya bisa digunakan oleh perangkat berbasis iOs maupun produk lain keluaran Apple saja.

Meski belum mengumumkan kapan pengguna Android dan Windows bisa menggunakan Facetime di gadget-nya, langkah ini dianggap sebagai upaya untuk menyaingi beberapa aplikasi kian populer, salah satunya Zoom.

Selayaknya Zoom, para pengguna FaceTime, baik di perangkat Apple, Android maupun Windows bisa saling melakukan panggilan video, membuat video conference. Termasuk memungkinkan penggunanya untuk membuat tautan atau link ke panggilan (conference) terjadwal, sehingga bisa dibagikan sebelum acara dimulai.

Selain pengumuman itu, dalam kesempatan yang sama Apple juga mengumumkan sejumlah pembaruan aplikasi FaceTime untuk iOS 15. Pembaruan itu meliputi opsi tampilan kisi baru (grid view option), fitur isolasi suara untuk meningkatkan kualitas suara, dukungan audio spasial, dan opsi untuk mengaburkan latar belakang dengan "mode potret".

Pembaruan yang cukup signifikan juga akan hadir dengan nama fitur SharePlay. Di mana fitur ini memungkinkan sekelompok orang untuk menonton atau mendengarkan hal yang sama sekaligus.

SharePlay juga memungkinkan pengguna FaceTime memasukkan lagu, video, atau membagikan layar yang sedang dilihatnya. Beberapa brand besar diketahui telah mendukung kehadiran SharePlay tersebut, termasuk Disney Plus, Hulu, HBO Max, dan Twitch. Selain juga pastinya Apple Music dan Apple TV Plus.

Dengan kehadiran fitur SharePlay, Apple mengharapkan agar FaceTime bisa menjadi lebih dari sekadar aplikasi tempat melakukan panggilan video, namun juga bisa menjadi ruang hangout yang nyaman dengan kerabat dan teman terdekat.

Login atau Register untuk komentar.

ARTIKEL LAINNYA

TERPOPULER