24 Agustus 2021
17:07 WIB
Penulis: Chatelia Noer Cholby
Editor: Satrio Wicaksono
JAKARTA – Beberapa tahun belakangan ini, eksistensi merek-merek pakaian lokal tengah populer, terutama kalangan anak-anak muda. Meski "lokalan", soal kualitas dan desain tidak kalah dengan produk luar negeri.
Terbukti dari kesempatan yang didapat oleh salah satu merek lokal, Erigo, yang bisa tembus ke kancah Internasional. Menyambut 10 tahun berkarya di industri fesyen, Erigo berkesempatan mengikuti New York Fashion Week (NYFW) 2021, September mendatang.
“Erigo menjadi satu-satunya brand lokal Tanah Air yang tampil di New York Fashion Week. Tentunya, kami bangga bisa mengharumkan nama Indonesia melalui peragaan besar terbesar di dunia tersebut,” ujar Muhammad Sadad, CEO & Founder Erigo dalam jumpa pers, Senin (23/8).
Tak dapat dimungkiri, Erigo memang terkenal dengan produk pasaran. Untuk mengubah kesan tersebut, Sadad bersama tim menghadirkan “Erigo X” dengan koleksi-koleksi eksklusif. Pertama kali koleksi tersebut akan ditampilkan di New York Fashion Week.
Melalui Erigo X, akan disajikan tren-tren terkini, seperti pakaian daily, active, dan formal wear yang mengadaptasi gender neutral. Dengan dibalut desain high fashion, terobosan baru ini menggunakan material sustain. Jadi, Erigo X ini adalah sebuah koleksi affordable fashion.
Sadad mengatakan, dalam peragaan tersebut Erigo X akan meluncurkan 60 koleksi dalam runway perdananya yang bertemakan fashion meets function. Mereka akan menampilkan elemen warna palet neonic, seperti orange tiger, black beauty, lemon chrome, teal blue, raspberry, dan lime green.
“Kami memang menghadirkan nuansa berbeda dari Erigo biasanya. Busana ini diluncurkan agar bisa dipakai oleh semua kalangan, ras, gender, dan berbagai macam bentuk tubuh. Jadi, perempuan atau laki-laki hingga mereka bertubuh besar pun juga dapat merasakan produk ini,” ungkapnya.
Sebenarnya, tidak mudah untuk mempersiapkan karya-karya tersebut sedemikian rupa di tengah pandemi. Sebab, persiapan itu sempat terhambat karena kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).
Menurut Sadad, apa yang dialami tersebut menjadi sebuah tantangan baru untuk pria berumur 31 tahun itu bersama timnya. Persiapan acara ini sudah dilakukan dari bulan Maret lalu. Akan tetapi, persiapan itu terhalang juga dengan Hari Raya Idul Fitri.
“Hingga akhirnya persiapan baru benar-benar dilakukan usai hari raya atau sekitar bulan Mei lalu. Apalagi mengurus berkas visa nya lumayan sulit, tetapi kini sudah rampung. Untuk sekarang ini persiapan sudah sekitar 80%,” ungkapnya.
Sementara itu, Erigo juga berkolaborasi dengan beberapa selebritas dan influencer Indonesia untuk meramaikan NYFW 2022. Gading Marten, Luna Maya, Enzy Storia, Febby Rastanty, Denny Sumargo, Alika Islamadina, Uus, Arief Muhammad, Ayla Dimitri, dan Den Dimas turut ikut serta dalam memperkenalkan produk lokal buatan Indonesia.
“Visi kita cukup besar, dimana Erigo tidak akan berhenti untuk berkarya hingga merambah ke pasar global demi membanggakan nama Indonesia,” pungkasnya.