Selamat

Sabtu, 23 Oktober 2021

12 Oktober 2021|12:02 WIB

Easy Box, Kotak Pintar Penyimpan Sayur Karya Mahasiswa UNY

Lewat inovasi ini, tentu bisa memudahkan para petani untuk mendistribusikan hasil panennya ke daerah yang cukup jauh

Penulis: Chatelia Noer Cholby,

Editor: Rendi Widodo

ImageIlustrasi sayur wortel segar. Pixabay

JAKARTA – Bagi para petani musim panen adalah momen terbaik tiap tahunnya. Keuntungan besar tentunya sudah tertanam dalam benak para petani saat hasilnya melimpah.

Namun, ada sebuah permasalahan muncul ketika para petani itu hendak menjual dan mendistribusikan hasil panen sayurnya ke kota atau daerah lainnya. Jarak desa ke kota atau daerah lain pasti memerlukan waktu yang tidak sebentar.

Sayuran-sayuran tersebut bisa jadi membusuk di dalam perjalanan karena kelembaban dan suhu yang tidak terkontrol. Sebab, rata-rata transportasi yang biasa digunakan adalah truk/bak terbuka.

Berangkat dari permasalahan tersebut, empat mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) pun membuat inovasi bernama Easy Box. Tim UNY ini terdiri dari Muhamad Reza Yoga Putra, Abdul Rosyid Hidayatullah, Siti Kholifah, dan Yusuf Kurniawan.

"Kami pun menciptakan suatu boks penyimpanan produk hortikultura yang mampu menjaga kelembaban dan suhu secara otomatis," ujar Reza Yoga, dikutip dari laman resmi UNY, Selasa (12/10).

Reza mengatakan, purwarupa Easy Box ini dibuat dengan perbandingan 1:2 dari ukuran asli. Box ini bersifat portable sehingga mudah untuk dipindahkan dan dibawa kemana-mana.

Easy Box ini dirancang agar bisa dikontrol dan dimonitoring melalui aplikasi smartphone dengan teknologi internet of things (IoT). Kemudian, karya mahasiswa UNY ini menggunakan energi panel surya. Hal ini tentu akan mengurangi pencemaran lingkungan.

Selain itu, Reza menuturkan, bahwa Easy Box ini dibuat dengan desain berbentuk balok. Bentuk ini ditujukan untuk memudahkan mobilitas, bila alat tidak sedang digunakan. Dengan desain tersebut, petani dapat memanfaatkan seluruh komponen ruang.

"Jadi, kapasitas penyimpanan untuk komoditas hortikultura ini dalam jumlah yang besar," imbuhnya.

Kemudian, bagian atas dilengkapi panel surya. Fitur tersebut berfungsi sebagai sumber energi untuk menghidupkan 4 buah peltier. Dengan begitu, peltier dapat bekerja mengubah udara sekitar menjadi udara dingin di dalam kotak tersebut.

Sementara itu, cara mengoperasikan alat ini dengan sistem aplikasi Easy Box di smartphone. Para petani perlu memastikan smartphone tersebut telah terhubung dengan jaringan Wifi. Lalu, para petani dapat membuka aplikasi dengan memilih jenis sayur yang akan dibawa terlebih dahulu.

Bila sudah dipilih, maka mereka cukup tekan tombol on. Dengan begitu, kondisi sayur-sayuran telah terkontrol secara otomatis. Hingga sayuran tiba di tujuan atau perjalanan telah selesai, petani baru bisa menekan tombol off.

Lewat inovasi ini, tentu bisa memudahkan para petani untuk mendistribusikan hasil panennya ke daerah yang cukup jauh. Daya tahan produk itu pun akan tetap terjaga hingga sampai di tujuan.

"Dengan begitu, para petani pun akan mendapatkan keuntungan yang melimpah karena kondisi sayurannya bagus," pungkasnya.

Login atau Register untuk komentar.

ARTIKEL LAINNYA