c

Selamat

Kamis, 28 Maret 2024

KULTURA

25 Oktober 2021

21:00 WIB

Dune Menjadi Film Box Office Yang Membingungkan

Banyak warganet yang menganggap Dune sebagai film yang membingungkan atau membosankan. Namun, ratingnya yang tinggi dan status box office-nya justru membuat film ini layak ditonton.

Penulis: Kevin Sihotang

Editor: Rendi Widodo

<i>Dune</i> Menjadi Film <i>Box Office</i> Yang Membingungkan
<i>Dune</i> Menjadi Film <i>Box Office</i> Yang Membingungkan
Timothee Chalamet yang memerankan Paul Atreides. Dok. IMDB

JAKARTA – Beberapa waktu lalu, bertebaran di media sosial unggahan warganet terkait film Dune (2021). Di dalam unggahan berupa meme itu, terdapat kata-kata yang mengejek orang-orang yang tidak mengerti jalan cerita Dune

“Orang yang gak ngerti cerita Dune, otaknya pas-pasan,” begitu kurang lebih kata-kata yang tertera di dalam meme yang menjadi pada artinya pergunjingan warganet.

Dune mempunyai sentral cerita tentang seorang pria bernama Paul Atreides yang bertualang ke planet berbahaya di alam semesta untuk menemukan tempat tinggal baru bagi keluarga dan teman-temannya. Dalam perjalanannya itu lah terjadi berbagai konflik dan tantangan yang harus ia lewati. 

Film yang sudah tayang di bioskop sejak 13 Oktober ini merupakan adaptasi dari novel dengan judul yang sama karangan Frank Herbert yang dirilis pada tahun 1965. Disutradarai oleh Denis Villeneuve, sutradara yang menggarap film Blade Runner 2049 dan Arrival (2016), jalan film ini mungkin bagi beberapa orang sedikit memusingkan atau malah membosankan. 

Dune sendiri sebelumnya sudah pernah dibawa ke film live-action oleh sutradara Mulholland Drive (2001), David Lynch, pada tahun 1984, namun film itu dinilai gagal di pasaran. Sementara itu, versi baru dari Denis Villeneuve ini mendapat penilaian baik dari situs-situs pemeringkat sepert Rotten Tomatoes (83%) dan IMDB (8.5/10).

Dilaporkan Variety, menjelang akhir Oktober ini, Dune yang didistribusikan oleh Warner Bros. ini sudah meraup pendapatan hingga US$40,1 juta di box office kawasan Amerika Utara. Pencapaian itu termasuk cukup baik mengingat masih dalam keadaan pandemi covid-19. 

Sementara itu, di luar AS, Dune mendapat pundi-pundi tambahan sebesar US$47,4 juta, di dalamnya termasuk US$21 juta dari bioskop di China. Kemudian, di beberapa negara lain, Dune juga berhasil mendapat cuan hingga US$180 juta. Jadi, total pendapatan Dune secara global sudah mencapai kurang lebih US$220 juta. Pencapaian ini kemungkinan besar membuat pihak studio akan berencana untuk membuat sekuel dari Dune

Setelah tayang di 4.125 bioskop di AS, Dune akan diluncurkan Warner Bros. ke platform HBO Max. Langkah ini juga sudah pernah dilakukan oleh Warner Bros. di film-film seperti Godzilla VS Kong (2021). 

Saat awal perilisannya April lalu, Godzilla VS Kong langsung bisa meraih pendapatan hingga US$31 juta dan menjadi film pertama yang meraih pendapatan tinggi di tengah pandemi yang sedang parah-parahnya. 

Selain itu, Warner Bros. juga merilis The Suicide Squad, Space Jam: A New Legacy, dan film musikal In the Heights di HBO Max. Ketiga film ini kurang mendapat minat penonton dan terbilang gagal secara komersial. 

Warner Bros tengah berencana untuk kembali merilis semua film itu ke bioskop pada 2022 mendatang.


KOMENTAR

Silahkan login untuk memberikan komentar Login atau Daftar





TERPOPULER