Selamat

Kamis, 05 Agustus 2021

22 Juli 2021|15:02 WIB

Diet Telur Rebus Untuk Turunkan Berat Badan

Walaupun telur kaya akan nutrisi seperti protein, vitamin dan mineral, ada baiknya tidak berfokus pada satu jenis makanan tertentu untuk menurunkan berat badan.

Penulis: Gemma Fitri Purbaya,

Editor: Yanurisa Ananta

ImageIlustrasi telur rebus. Pixabay/dok

JAKARTA – Ada berbagai jenis diet untuk membantu menurunkan berat badan. Salah satunya adalah diet telur rebus. Diet ini mewajibkan pelakunya untuk mengonsumsi setidaknya dua sampai tiga butir telur rebus setiap harinya agar berat badan bisa turun. 

Kalau kamu mencoba diet ini, kamu harus mematuhi beberapa aturan. Misalnya, tidak boleh memakan hidangan lain selain telur rebus dan buah pada saat sarapan, tambahan protein untuk makan siang, dan makan malam, bersama dengan sayuran yang tidak mengandung karbohidrat.
 
Meski terdengar sehat, namun diet telur rebus ini merupakan diet yang bersifat sementara. Menurut ahli nutrisi dari New York Amerika Serikat Erin Palinski-Wade, diet ini bisa membantu seseorang menurunkan berat badan dengan cepat. Namun bukan untuk jangka panjang.
 
 Ada kemungkinan berat badan seseorang akan kembali ke berat semula usai menjalani diet ini.
 
"Ini adalah versi lain dari diet rendah kalori yang membantu menurunkan berat badan, tapi bukan diet jangka panjang karena tidak menyediakan nutrisi seimbang yang dibutuhkan oleh tubuh," katanya dikutip dari Womens Health.

Palinski-Wade menambahkan, ada sejumlah makanan yang perlu dihindari dalam diet telur rebus, seperti sayuran yang mengandung karbohidrat, gandum, produk susu, makanan yang mengandung lemak, buah kering, dan beberapa buah-buahan seperti pisang, nanas, dan mangga, yang sebenarnya memiliki kandungan yang diperlukan oleh tubuh. 

Karena itu, diet ini hanya akan menurunkan berat badan sementara waktu saja dan tidak memberikan efek jangka panjang.
 
Palinski-Wade menambahkan, saat sedang melakukan diet telur rebus, seseorang tidak benar-benar belajar mengenai makanan yang sehat atau diet seimbang untuk jangka panjang. Mereka hanya belajar mengenai makanan yang harus mereka hindari selama menjalankan diet. 

Selain itu, mereka malah belajar bagaimana caranya tidak menikmati makanan yang mereka makan sehingga akhirnya diet telur rebus ini tidak akan bertahan lama.
 
Walaupun telur kaya akan nutrisi seperti protein, vitamin dan mineral, ada baiknya tidak berfokus pada satu jenis makanan tertentu untuk menurunkan berat badan. Untuk bisa memenuhi kebutuhan nutrisi harian, seseorang harus memakan berbagai jenis makanan berbeda karena setiap makanan umumnya mengandung nutrisi yang berbeda-beda pula. 

Untuk itu, Palinski-Wade menganjurkan melakukan diet seimbang jika ingin menurunkan berat badan. Pastikan kebutuhan nutrisi harian terpenuhi dengan baik, lengkapi juga dengan olahraga rutin, istirahat yang cukup, dan kelola stres yang baik. 

Meski hasilnya membutuhkan waktu yang lama, tetapi kesehatan tubuh terjamin.

 

Login atau Register untuk komentar.

ARTIKEL LAINNYA