Selamat

Minggu, 20 Juni 2021

TEKNO

11 Mei 2021|08:00 WIB

Didanai Degocoin, SpaceX Bakal Luncurkan Satelit Ke Bulan

Rencana tersebut diungkap Elon Musk sejak April Mop

Penulis: Arief Tirtana,

Editor: Satrio Wicaksono

ImageIlustrasi peluncuran roket. Pixabay/dok

JAKARTA - SpaceX, perusahaan  milik Elon Musk akan meluncurkan misi penerbangan ke bulan yang diberi nama "DOGE-1 Mission to the Moon", dengan didanai menggunakan dogecoin. Hal itu diungkapkan langsung oleh Elon Musk lewat tweet-nya.

"SpaceX akan meluncurkan satelit Doge-1 ke bulan tahun depan. Misi dibayarkan dengan Doge (dogecoin). (uang) Crypto pertama di luar angkasa. Meme pertama di luar angkasa. Sampai ke bulaaaann!!" tulis Elon Musk dalam tweet-nya, Senin (10/5).

Meski ada kesan bercanda, terlebih dengan menyematkan video musik berjudul dogecoin song-to the moon dalam tweet itu, pernyataan Elon Musk jelas bukan main-main. Sebab, pernyataan serupa juga diutarakan oleh Wakil Presiden Penjualan Komersial SpaceX Tom Ochinero.

Bahkan bukan sekadar menerima pembayaran lewat mata uang crypto, misi yang mereka usung juga akan mendemonstrasikan penerapan mata uang crypto itu sebagai dasar perdagangan antar planet.

"Misi ini akan mendemonstrasikan penerapan cryptocurrency di luar orbit Bumi dan menetapkan dasar untuk perdagangan antarplanet," kata Wakil Presiden Penjualan Komersial SpaceX Tom Ochinero.

DOGE-1 akan menerbangkan satelit kubus seberat 40 kilogram sebagai muatan pada roket Falcon 9. Geometric Energy Corporation menyebut, muatannya akan memperoleh kecerdasan spasial bulan dari sensor dan kamera on-board, dengan sistem komunikasi dan komputasi terintegrasi.

"Kami sangat senang meluncurkan DOGE-1 ke Bulan!” Kata Ochinero.

Buat Elon Musk sendiri, tweet-nya mengenai dogecoin memang bukan yang pertama menuai perhatian. Sudah beberapa bulan terakhir, beberapa tweet pria 49 tahun itu tentang dogecoin berhasil mencuri perhatian. Bahkan membuat mata uang crypto yang awalnya dianggap lelucon itu, kini menjadi salah satu yang paling berharga di dunia.

Tepat pada april mop atau 1 April 2021 lalu misalnya, Elon Musk sempat mengutarakan niatnya membawa dogecoin dalam misi SpaceX menuju bulan. "SpaceX akan menempatkan Dogecoin literal di bulan literal," tulis Elon Musk dalam tweet-nya.

Menurut pelacak data cryptocurrency CoinGecko.com, atas pengaruh Elon Musk tersebut, dogecoin telah melonjak lebih dari 800% selama sebulan terakhir, dengan total nilai pasar naik di atas US$70 miliar.

Namun bukan hanya kenaikan luar biasa, dogecoin juga sempat kehilangan lebih dari sepertiga harganya pada hari Minggu (09/05), setelah Elon Musk menyebut dogecoin sebagai "keramaian" saat dirinya menjadi pembawa acara televisi Saturday Night Live. 

Login atau Register untuk komentar.

ARTIKEL LAINNYA