c

Selamat

Minggu, 16 November 2025

KULTURA

18 Juli 2024

10:22 WIB

Deretan Mobil Baru Yang Diluncurkan Sebelum GIIAS 2024 Resmi Dibuka

Memiliki event Exclusive Media DayGaikindo memberikan ruang lebih leluasa bagi para awak media mengeksplorasi lebih jauh berbagai mobil baru yang tampil di GIIAS 2024.

Penulis: Arief Tirtana

Editor: Rendi Widodo

<p>Deretan Mobil Baru Yang Diluncurkan Sebelum GIIAS 2024 Resmi Dibuka</p>
<p>Deretan Mobil Baru Yang Diluncurkan Sebelum GIIAS 2024 Resmi Dibuka</p>

All-electric Taycan baru menjadi salah satu mobil yang diluncurkan sebelum GIIAS 2024 dibuka. Validnews/Arief Tirtana

JAKARTA - Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, pameran otomotif GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 ini pertama kali menyelenggarakan Exclusive Media Daysehari sebelum acara pembukaan resmi dilakukan.

Secara khusus, Media Day ini memang disiapkan GIIAS agar para jurnalis nasional dan internasional bisa melakukan peliputan langsung tanpa terganggu dengan keramaian pengunjung. Karena itu juga, momen ini dijadikan waktu yang tepat pula oleh berbagai merek untuk 'colong start' meluncurkan mobil barunya lebih dulu.

"Tahun ini merupakan penyelenggaraan pameran otomotif GAIKINDO yang ke-31, dan hari ini kembali akan menjadi catatan bersejarah, untuk pertama kalinya GIIAS menyelenggarakan Exclusive Media Day, satu hari khusus yang didedikasikan untuk rekan-rekan media, sebagai bentuk apresiasi kami kepada seluruh media yang telah memberikan dukungan terhadap pelaksanaan GIIAS 2024," ungkap Yohannes Nangoi selaku ketua umum GAIKINDO.

Sejumlah merek yang meluncurkan mobil barunya pada Media Day misalnya ada Lexus yang menghadirkan mobil plug-in hybrid (PHEV) All New LBX. Dibanderol dengan harga mulai dari Rp895 juta, LBX ini diharapkan bisa menjadi game changer di segmennya, karena merupakan model pertama yang memiliki grading option, serta dapat dikustomisasi melalui varian Bespoke untuk meningkatkan personalized luxury experienced.

Selain seri LBX yang dihadirkan dalam varian luxury dan sports, Lexus juga meluncurkan seri UX dan NX yang mengalami peningkatan. Di mana UX 300h kini telah mengadopsi teknologi Hybrid Lexus Generasi Kelima yang berkontribusi meningkatkan performa berkendara menjadi lebih bertenaga namun tetap efisien. 

Sedangkan UX 300e, dilengkapi dengan kapasitas baterai listrik yang lebih besar, sehingga mampu meningkatkan jarak tempuh berkendara hingga 420 km.

Berikutnya juga ada merek mobil mewah asal Jerman, Porsche yang meluncurkan all-electric Taycan terbaru dan generasi ketiga Panamera.

Dibanding versi awal di tahun 2019, Taycan kini mengalami pembaruan pada bagian bumper depan, lampu utama, ventilasi untuk aliran angin, desain peleknya juga hingga bagian belakangnya yang kini dihiasi dengan strip lampu dengan efek tiga dimensi.

Dalam hal tenaga, all-electric Taycan kini juga ditenagai baterai 93 kWh hingga 105 kWh yang diklaim mampu menempuh jarak hingga 678 km. Sedangkan, varian Turbo S hingga 630 km dalam sekali pengisian daya.

Sementara Panamera generasi ketiga hadir dengan perubahan signifikan, khususnya pada bagian eksteriornya yang kini dihiasi dengan lampu depan LED Matrix sebagai fitur standar. Panamera baru sudah hadir dengan suspensi udara dari Porsche Active Suspension Management (PASM). Serta teknologi dua katup yang dapat memisahkan tahap rebound dan kompresi dari kontrol peredam, demi bisa menawarkan rentang yang lebih luas antara kenyamanan dan kesan sporty.

Secara tenaga, Panamera akan mengandalkan mesin 2,9 liter V6 twin-turbocharged yang mampu memberikan tenaga mencapai 353 ps dan torsi 500 Nm dibantu sistem dual-clutch transmission (DCT). Dengan mesin itu, Porsche Panamera ini dapat berakselerasi dari 0 ke 100 km/jam dalam 5,1 detik dengan kecepatan tertinggi hingga 272 km/jam.

Mazda juga menjadi pabrikan yang tak mau ketinggalan momen Exclusive Media Day ini dengan meluncurkan varian terbaru dari SUV Premium mereka Mazda CX-60 yang diluncurkan tahun lalu, yakni varian Mazda CX-60 Pro.

Varian Pro ini menjadi CX-60 termurah, dengan banderol harga Rp799 juta. Karena itu, sejumlah "pengurangan" dilakukan Mazda pada desain dan spesifikasinya.

Misalnya pada bagian mesin yang hanya berkapasitas 2.500 cc 4 silinder non-turbo dan juga tanpa teknologi Mild Hybrid. Tampilan CX-60 ini juga didesain lebih sederhana, dengan minim aksen krom serta diameter pelek yang lebih kecil, hanya 18 inci.

Pabrikan mobil listrik asal China, BYD menjadi merek lainnya yang seakan mau memanfaatkan betul momen sebelum hari pembukaan ini. Bahkan mereka meluncurkan lebih dari dua mobil sekaligus. Mulai dari mobil MPEV (Multi Purpose Electric Vehicle) dengan kapasitas 7 penumpang, M6. Hingga varian terbaru dari dua mobilnya yang sudah ada di pasar Indonesia, yakni BYD Dolphin Dynamic dan BYD Atto 3 Advanced.

BYD Dolphin Dynamic hadir mengusung konsep desain 'ocean aesthetics’, dengan siluet dan garis lipatan tajam serta kontur yang mengalir, sehingga memberikan karakter desain yang tegas dan elegan. Secara kemampuan, mobil ini mampu menghadirkan jangkauan hingga 410 km. Atau sama persis dengan BYD Atto 3 Advanced yang juga memiliki jangkauan hingga 410 km.

Bedanya, secara desain BYD Atto 3 Advanced hadir dengan nuansa futuristik, khususnya pada bagian interiornya. Namun diklaim akan tetap nyaman dengan kemudahan penggunaan fitur-fiturnya yang user-friendly.

Bukan hanya deretan mobil penumpang, di Media Day juga ada merek Jepang Mitsubishi Fuso yang meluncurkan truk listrik pertamanya di Indonesia, eCanter.

Dengan baterai ukuran M yang berkapasitas 83kWh, truk listrik ini mampu menempuh jarak 140KM dengan GVW (Gross Vehicle Weight) sebesar 6 ton.

eCanter juga dibekali berbagai dukungan teknologi, misalnya teknologi eAxle, yang menggabungkan fungsi gardan, gear, motor, dan inverter yang membuat maintenance eCanter lebih mudah dan efisien. Serta sejumlah fitur keselamatan mutakhir demi memberikan kenyamanan bagi pengemudinya.

Deretan mobil yang diluncurkan pada Media Day ini hanya sebagian kecil, sebab seperti yang dijanjikan GAIKINDO akan ada total lebih dari 40 kendaraan yang akan diluncurkan sepanjang 11 hari gelaran GIIAS 2024 ini.

GIIAS 2024 akan sudah bisa diakses oleh pengunjung umum pada hari ini, Kamis, ( 18/7). Pengunjung dapat membeli tiket secara online melalui aplikasi Auto360 dengan harga spesial tiket weekdays (Senin-Jumat) Rp50.000,- dan weekends (Sabtu-Minggu) Rp 100.000. Sedangkan, tiket masuk secara on the spot bisa dibeli pada area pameran dengan harga weekdays (Senin-Jumat) Rp 75.000,- dan Rp 125.000,- pada weekends (Sabtu-Minggu).


KOMENTAR

Silahkan login untuk memberikan komentarLoginatauDaftar