Selamat

Sabtu, 23 Oktober 2021

30 April 2021|20:15 WIB

Dere Rilis Lagu “Berisik”, Kritik Manusia Yang Terus Mengusik Alam

Dere yang masih berusia 18 tahun banyak berkolaborasi dengan penyanyi Tulus

Penulis: Andesta Herli Wijaya,

Editor: Yanurisa Ananta

ImageDere, penyanyi sekaligus penulis lagu. Dok: Ist

JAKARTA – Penyanyi pendatang baru, Dere, merilis single terbaru berjudul “Berisik”. Ini merupakan single ketiga, sejak ia mengorbit di skena musik Indonesia pertengahan tahun 2020 lalu, lewat lagu “Kota” dan “Tanya”.

Lirik lagu “Berisik” ditulis sendiri oleh Dere, berkolaborasi dengan penyanyi kenamaan, Tulus. Sementara dari sisi aransemen, Dere menggandeng arranger Ari Renaldi yang sekaligus bertindak sebagai produser. “Berisik” meluncur di bawah manajemen TigaDuaSatu, label rekaman sekaligus manajemen talenta.

Melalui keterangan tertulisnya, Dere menjelaskan lagu “Berisik” menggambarkan manusia dengan segala polah “berisiknya”, baik dalam bicara, tindakan, dan sikap terhadap sekitar. Pola “Berisik” manusia, kata Dere, menjadi penyebab terganggunya banyak makhluk hidup lain, seperti flora dan fauna.

Dere membawa makna "Berisik" ke interpretasi yang lebih luas. Tidak hanya dari suara, tapi juga sikap dan tindak manusia. Sebagai penulis lagu, Dere juga menjadikan lagu ini pengingat bagi dirinya pribadi.

"Bahwa aku pun adalah bagian dari manusia yang berisik. Keberisikan kita dapat mengganggu yang lainnya, maka baik untuk kita manusia berhati-hati dalam segala tindak dan bicara,” ungkap Dere dalam keterangannya, Jumat (30/4). 

Lagu “Berisik” diisi dengan nuansa musik akustik yang sederhana, namun asyik. Musikalitas itu selaras dengan karakter lembut pada suara Dere. Lagu ini sudah bisa dinikmati oleh pendengar tanah air di berbagai platform digital.

Dere kini masih berusia 18 tahun. Perjalanan karir Dere tak terlepas dari sosok penyanyi Tulus, yang melibatkan diri dalam banyak kerja kolaborasi bersama Dere. Pada lagu “Tanya” yang dirilis awal tahun ini, Tulus juga melibatkan diri sebagai penulis lagu.

Lirik yang ditulis Dere bersama Tulus cukup khas, banyak berbicara tentang hal-hal yang esensial pada manusia atau kehidupan. Pada lagu “Tanya”, keduanya membicarakan tentang hidup yang seharusnya dijalani dengan nikmat, lepas dari segala takut dan cemas.

Sementara pada lagu “Berisik”, keduanya lagi-lagi membicarakan sisi yang mendalam dari manusia, yaitu eksistensi manusia yang tenggelam dalam bising. (Andesta Herli)

Login atau Register untuk komentar.

ARTIKEL LAINNYA

TERPOPULER