Selamat

Senin, 16 Mei 2022

KULTURA | Validnews.id

KULTURA

19 Januari 2022

21:00 WIB

Danone Dan Alfamart Akomodasi Kelola Botol Plastik Bekas

Inisiatif ini merupakan cara baru bagi kedua perusahaan untuk mengajak konsumen mereka ikut ambil bagian dalam menyelamatkan bumi dari bahaya botol plastik bekas.

Penulis: Arief Tirtana,

Editor: Rendi Widodo

Danone Dan Alfamart Akomodasi Kelola Botol Plastik Bekas
Reverse Vending Machine Danone-Aqua. Dok. Aqua

JAKARTA - Danone-AQUA bekerja sama dengan Alfamart dan gerakan sosial berbasis platform digital PlasticPay, meluncurkan Reverse Vending Machine (RVM) yang bisa digunakan oleh masyarakat untuk menukarkan botol plastik bekas pakai.

Inisiatif ini merupakan cara baru bagi kedua perusahaan untuk mengajak konsumen mereka ikut ambil bagian dalam menyelamatkan bumi, khususnya dari sampah plastik. Harapannya dengan mesin buatan asli Indonesia itu, masyarakat bisa terfasilitasi dan lebih mudah untuk mengelola sampah botol plastik yang selama ini sering terabaikan.

Apa lagi dengan Reverse Vending Machine ini masyarakat bukan hanya bisa mengumpulkan sampah botol plastik mereka. Melainkan juga bisa mendapatkan hadiah sesuai jumlah botol plastik yang mereka setorkan ke mesin tersebut.

Hadiah bisa didapat dalam bentuk poin, di mana untuk kemasan botol plastik PET paska konsumsi dengan merk Danone-AQUA akan diberikan 100 poin per botol, sementara untuk botol PET bekas merk lain mendapat 50 poin per botolnya. Poin-poin yang diperoleh dari setiap pengumpulan sampah botol plastik kemudian dapat ditukarkan dengan saldo Gopay, Dana, LinkAja, OVO, Shopeepay, dan juga sedang diproses untuk kelak bisa ditukarkan dengan Alfagift Points.

VP General Secretary Danone Indonesia, Vera Galuh Sugijanto menjelaskan bahwa peluncuran mesin Reverse Vending Machine ini sebenarnya masih satu bagian dari gerakan #BijakBerplastik yang sudah digalakkan kedua perusahaan sejak 2018.

Gerakan ini selain bertujuan mempertegas posisi perusahaan sebagai pelopor pengumpulan dan daur ulang kemasan plastik pasca konsumsi, juga untuk mendukung ambisi pemerintah mengurangi sampah plastik yang masuk ke lautan sebesar 70% di 2025. 

Terlebih mengacu pada hasil riset yang dilakukan oleh Sustainable Waste Indonesia (SWI), daur ulang sampah plastik di Indonesia masih tergolong kecil, dalam persentase di bawah angka 10 persen. Sehingga masih sangat diperlukan upaya inovatif untuk meningkatkan laju pengumpulan dan daur ulang kemasan botol plastik bekas.

Lebih lanjut dirinya memastikan bahwa komitmen #BijakBerplastik Danone-AQUA bukan hanya sebatas memfasilitasi pengumpulan, namun juga edukasi dan inovasi sebagai tiga pilar utama.

“Kami akan selalu berinovasi untuk memudahkan masyarakat dalam mengumpulkan kemasan botol plastik pasca konsumsi, sekaligus mengedukasi pentingnya pengelolaan sampah plastik yang berkelanjutan,” kata Vera Galuh dalam keterangan yang diterima Validnews.

Sementara itu pihak Alfamart akan memanfaatkan kekuatan lebih dari 16.000 gerai mereka yang tersebar di seluruh Indonesia sebagai tempat untuk mengedukasi masyarakat. Sekaligus memberi kemudahan bagi mereka untuk dapat berperan aktif mendukung pengelolaan sampah plastik melalui Reverse Vending Machine.

Untuk itu pada tahap awal ini Reverse Vending Machine akan ditempatkan di lima toko Alfamart yang berlokasi di Jakarta dan Tangerang.

"Kami sangat bangga Alfamart dan Danone-AQUA sebagai pelopor daur ulang kemasan botol plastik pasca konsumsi berkomitmen dalam peluncuran reverse vending machine ini,” kata Corporate Affairs Director Alfamart, Solihin. 




KOMENTAR | Validnews.id

KOMENTAR

Silahkan login untuk memberikan komentar Login atau Daftar





TERPOPULER | Validnews.id

TERPOPULER