Selamat

Minggu, 20 Juni 2021

TEKNO

10 Mei 2021|15:13 WIB

Clubhouse Resmi Hadir Di Android

Untuk sementara Clubhouse bisa dinikmati pada sistem Android milik pengguna Amerika Serikat saja.

Penulis: Arief Tirtana,

Editor: Yanurisa Ananta

ImageIlustrasi. Aplikasi ruang obrolan audio Clubhouse (ANTARA/Arindra Meodia)

JAKARTA - Setelah sekitar setahun hanya bisa digunakan di smartphone berbasis iOS, aplikasi Clubhouse kini mulai bisa digunakan di smartphone berbasis Android. Hal itu diumumkan langsung Clubhouse lewat keterangan di halaman resminya, Minggu (09/5).

"Hari ini, dengan senang hati kami menginformasikan bahwa Clubhouse untuk Android akan segera diluncurkan dalam versi beta," tulis Clubhouse.

Clubhouse hadir di Android dalam beberapa tahap. Untuk sementara Clubhouse untuk Android baru hanya bisa diakses oleh pengguna di Amerika Serikat (AS) dan secara bertahap merambah ke negara-negara berbahasa Inggris lain. Baru negara-negara lainnya di dunia.

Belum ada keterangan waktu pasti kapan Clubhouse tersedia untuk Android. Dalam beberapa pekan de depan, Clubhouse akan meminta pendapat pengguna Android sekaligus memperbaiki masalah yang mungkin terjadi.

"Rencana kami selama beberapa minggu ke depan adalah mengumpulkan umpan balik dari komunitas, memperbaiki masalah apa pun yang kami lihat, dan berupaya menambahkan beberapa fitur, seperti pembayaran dan pembuatan klub sebelum meluncurkannya secara lebih luas," jelas Clubhouse dalam keterangannya.

Clubhouse pada Android tetap akan menerapkan sistem daftar tunggu dan undangan untuk bergabung. Hal itu sudah diterapkan lebih dulu pada smartphone berbasis iOS. Proses pengembangan Clubhouse di Android ini akan dilakukan secara bertahap.

Clubhouse juga akan memperluas dukungan bahasa, dan menambahkan lebih banyak fitur aksesibilitas. Tujuannya, agar orang di seluruh dunia dapat merasakan Clubhouse dengan cara yang terasa asli bagi mereka.

Dalam keterangannya, Clubhouse menyampaikan terima kasih kepada pengguna Android yang telah bersabar selama satu tahun ini. Diketahui Clubhouse mencapai kepopuleran tinggi di era pandemi. Sampai saat ini, Clubhouse masih hanya bisa diakses di ponsel sistem iOS.

"Dengan Android, kami yakin Clubhouse akan terasa lebih lengkap. Kami sangat berterima kasih kepada semua pengguna Android di luar sana atas kesabaran mereka. Apakah Anda seorang pencipta, penyelenggara klub, atau seseorang yang hanya ingin menjelajah, kami sangat senang menyambut Anda di komunitas," tutup Clubhouse.

Meski sudah diluncurkan resmi untuk Android, sejumlah kelemahan masih ditemukan di versi Beta. Mulai dari kelemahan di fitur following topic (mengikuti topik), pelokalan, dan terjemahan dalam aplikasi, pembuatan klub atau manajemen klub, fitur untuk terhubung dengan akun Twitter atau Instagram, perbarui nama atau perbarui nama pengguna dalam aplikasi, sidebar, fitur pembayaran (saat ini baru hanya bisa digunakan untuk iOS di AS), termasuk fitur pelaporan akun (report). (Arief Tirtana)

 

Login atau Register untuk komentar.

ARTIKEL LAINNYA

TERPOPULER