16 November 2021
16:21 WIB
Editor: Satrio Wicaksono
JAKARTA - Jejaring sosial audio Clubhouse meluncurkan pengaturan bahasa Indonesia. Tidak hanya itu, dalam waktu dekat pihaknya juga akan menghadirkan pangaturan dalam menggunakan bahasa Jawa. Ini dilakukan sebagai komitmen perusahaan setelah satu tahun perjalanan, sejak Maret 2020.
Co-founder & CEO Clubhouse, Paul Davison, mengatakan Indonesia adalah pasar yang sangat penting bagi Clubhouse. Antusiasme pengguna Clubhouse di Indonesia pun tinggi. Oleh karena itu, kehadiran pengaturan bahasa Indonesia diharapkan dapat semakin memudahkan penggunaan.
"Kami sangat senang melihat antusiasme Clubhousers di Indonesia untuk berkumpul bersama, berbicara, mendengarkan, dan belajar satu sama lain secara real-time tentang berbagai topik," ujar Paul dalam jumpa pers "Satu Tahun Clubhouse di Indonesia", Selasa (16/11), dikutip dari Antara.
Pihaknya berharap, dengan menyediakan pengaturan bahasa Indonesia di aplikasi Clubhouse, akan semakin banyak komunitas di Indonesia yang dapat menikmati Clubhouse dengan lebih mudah.
Tahun ini, Clubhouse meluncurkan beberapa pembaruan, termasuk menghadirkan fitur Backchannel. Pada September 2021, lebih dari 1 miliar pesan sudah terkirim melalui Backchannel.
Selain itu, aplikasi ini juga memiliki fitur-fitur terbaru, seperti Wave, Clubhouse Links, Clips, Pinned Links, dan Replays. Untuk pembaruan produk, Clubhouse juga menyediakan Pencarian Universal, Audio Spasial, Mode Musik, dan fitur Pembayaran.
Clubhouse pun meluncurkan Creator Commons, sebuah platform tempat para kreator dapat menemukan panduan yang dibutuhkan untuk mendukung kesuksesan di Clubhouse. Dalam Creator Commons terdapat tips-tips yang diberikan oleh Tim Clubhouse dan para kreator lainnya.
"Setelah kami meluncurkan pengaturan berbagai bahasa lokal di Clubhouse, kami bersemangat untuk terus meluncurkan lebih banyak fitur yang dapat digunakan oleh komunitas internasional kami yang sedang berkembang," kata Rohan Seth, Co-founder dan CTO Clubhouse.
Secara Global, Clubhouse terus berkembang dengan lebih dari 700.000 ruang diskusi (room) berlangsung setiap hari dan orang menggunakan waktunya di Clubhouse selama rata-rata 70 menit setiap harinya. Saat ini, Clubhouse dapat diunduh dan digunakan oleh pengguna iOS dan Android.
Pada Juli 2021, aplikasi ini memutuskan untuk menghapus sistem "daftar tunggu" dan telah membuka pintunya lebih lebar sehingga semua orang sekarang dapat bergabung dengan Clubhouse.