Selamat

Selasa, 21 September 2021

10 September 2021|08:51 WIB

Catat! Ini Beberapa Gunung Yang Sudah Membuka Jalur Pendakian

Pembukaan jalur pendakian di Jawa Tengah terbilang masif karena jumlahnya jauh lebih banyak ketimbang wilayah Jawa Barat yang masih terhitung dekat dengan Jakarta

Penulis: Dwi Herlambang,

Editor: Rendi Widodo

ImageIlustrasi mendaki gunung. Pixabay/Chanwity

JAKARTA – Seiring dengan penurunan status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) menjadi level 3 untuk wilayah Pulau Jawa-Bali, kini masyarakat bisa sedikit lebih leluasa untuk berwisata setelah penat beberapa bulan di rumah. Salah satu kabar baiknya adalah mulai dibukanya beberapa jalur pendakian gunung.

Setelah Gunung Prau pada pekan lalu membuka jalur pendakiannya, pekan ini tercatat beberapa gunung di Jawa Barat dan Jawa Tengah juga mulai menyusul membuka jalurnya.

Gunung-gunung di Jawa Barat yang tercatat telah buka secara resmi adalah Gunung Gede Pangrango di Cianjur, Gunung Ciremai di Kuningan, dan Gunung Cikuray di Garut.

Sementara untuk Jawa Tengah, beberapa gunung yang sudah bisa kembali didaki adalah atap Jawa Tengah Gunung Slamet dengan ketinggian, Gunung Prau, Gunung Sindoro via Kledung dan Alang-Alang Sewu, Gunung Sumbing via Bowongso dan Gajah Mungkur, Gunung Lawu via Cetho dan Cemoro Kandang.

Pembukaan jalur pendakian di Jawa Tengah terbilang masif karena jumlahnya jauh lebih banyak ketimbang wilayah Jawa Barat yang masih terhitung dekat dengan Jakarta.

Gunung Kembang via Blembem, Gunung Ungaran via Perantunan, dan Gunung Bismo via Silandak juga merupakan beberapa gunung di Jawa Tengah yang mulai menerima pendaki. 

Sementara untuk di luar Pulau Jawa, dua gunung yang sudah dibuka adalah Gunung Rinjani di Nusa Tenggara Barat dan Gunung Kerinci di Jambi.

Walau menjadi angin segar bagi para pecinta alam dan pendaki, tetap perlu diingat pembukaan jalur di tengah situasi pandemi covid-19 jelas memiliki penyesuaian seperti keterbatasan kuota dan kewajiban mematuhi aturan protokol kesehatan yang ketat,

Pastikan kalian memahami dan menaati aturan-aturan baru yang berlaku di masing-masing gunung dan tetap menjaga tubuh dalam kondisi prima. Terpenting, jangan sampai memaksakan diri jika kondisi tubuh sedang tidak fit.

Login atau Register untuk komentar.

ARTIKEL LAINNYA