Selamat

Minggu, 20 Juni 2021

GAYA HIDUP

12 Mei 2021|10:15 WIB

Cara Aman Membersihkan Earbud Dari Ancaman Bakteri

Bersihkan earbud lebih sering di musim panas atau ketika seseorang lebih banyak berkeringat.

Penulis: Arief Tirtana,

Editor: Yanurisa Ananta

ImageIlustrasi earbud. Pixabay/dok

JAKARTA – Penggunaan earbud kini semakin populer, khususnya di masyarakat perkotaan. Tampilannya yang lebih praktis, tanpa kabel panjang yang mengganggu dan perlu dicolokkan ke ponsel, membuat earbud lebih disukai dibanding earphone atau headphone.

Kepraktisannya itu membuat earbud sering digunakan orang-orang ketika menjalani aktivitas sehari-hari. Baik itu ketika di perjalanan, bekerja atau sedang berolahraga.

Sayangnya tanpa disadari, kepraktisan earbud yang membuatnya lebih sering dipakai di berbagai aktivitas itu membuatnya juga semakin rentan kotor. Aktivitas seperti olahraga misalnya, membuat earbud yang terpasang di telinga banyak terkena keringat dan mengering tanpa disadari penggunanya.

Belum lagi debu-debu dari luar yang juga bisa menempel kemudian menumpuk. Jika didiamkan terlalu lama bisa menjadi jamur dan bakteri bisa menyebabkan infeksi saluran telinga. Maka itu, penting untuk menjaga kebersihan earbud sebelum atau sesudah digunakan.

Spesialis telinga, hidung, dan tenggorokan Dr. Darius Kohan mengatakan kepada Inside Edition bahwa tidak membersihkan earbud secara teratur sama dengan membiarkan kotoran masuk ke telingan. Kotoran yang menggumpal seperti lilin akan membawa kuman penyebab infeksi.

"Anda mendorongnya (kotoran) masuk. Seperti mengemas telinga dengan lilin. Kuman mengumpul dan Anda akan memulai infeksi, ” tegas Darius Kohan.

Lebih lanjut ia menyarankan mengganti eartips atau karet yang masuk ke bagian dalam telinga secara rutin. Hal itu perlu untuk mengurangi paparan kuman dan bakteri.

Ahli audiologi Dr. Arica Black juga mengemukakan hal serupa. Meski Arica Black lebih merekomendasikan membersikan earbud ketika hendak digunakan, ia juga merekomendasikan untuk membersihkannya lebih sering di musim panas atau ketika seseorang lebih banyak berkeringat.

Cara Membersihkan Earbud

Setelah mengetahui pentingnya membersihkan earbud secara berkala, pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana cara membersihkan earbud yang baik dan benar.

Dikutip dari lifehacker.com, membersihkan earbud cukup dengan mengelapnya menggunakan tisu pembersih biasa yang telah sedikit dibasahi air. Selanjutnya, kembali lap earbud dengan tisu kering dan pastikan earbud benar-benar kering sebelum disimpan atau digunakan.

Sebagian orang mungkin khawatir jika mengelap earbud- dengan tisu basah akan merusak bagian dalam earbud. Apple mengonfirmasi, tidak masalah menggunakan alkohol isopropil 70 persen atau tisu desinfektan sekalipun untuk membersihkan earbud keluaran mereka atau yang dikenal dengan AirPods.

Meski begitu, tetap teliti ketika membersihkan earbud. Apple memperingatkan agar cairan tidak masuk ke celah-celah, keringkan AirPods dengan kain mikrofiber bebas serat sesudahnya. 

Apple bahkan sampai memberi petunjuk detail di situs mereka tentang cara membersihkan produk serupa, seperti ikat kepala, bantalan, dan tas AirPod Max.

Tentu saja tak semua orang menngunakan earbud keluaran Apple. Namun berkaca pada apa yang diinformasikan Apple, penanganan earbud lainnya tak akan jauh berbeda dengan Airpods.

Gunakan air atau cairan pembersih secukupnya, baik di tisu ataupun kain lap, seka bagian luar earbud hingga bersih, dan pastikan semuanya kering sebelum kembali digunakan atau menyimpannya kembali. Satu hal krusial lainnya yang tak boleh terlewat adalah lakukan itu semua secara berkala dan sesering mungkin sesuai aktivitas masing-masing.

Login atau Register untuk komentar.

ARTIKEL LAINNYA