Selamat

Sabtu, 23 Oktober 2021

12 Oktober 2021|15:17 WIB

Buntut Down, Instagram Uji Coba Fitur Baru

Kedepan, Instagram akan menginformasikan secara detail dan cepat kepada para pengguna jika terjadi gangguan.

Penulis: Arief Tirtana,

Editor: Satrio Wicaksono

ImageIlustrasi Instagram. Pixabay/dok

JAKARTA – Sekitar seminggu lalu, Instagram dan aplikasi lain milik Facebook Inc sempat mengalami down atau gangguan, hingga tidak bisa diakses oleh para pengguna untuk beberapa waktu. Buntut dari kejadian itu, Instagram langsung merespons dengan melakukan uji coba kehadiran fitur baru.

Fitur tersebut nantinya akan langsung menginformasikan kepada masing-masing pengguna, jika ke depannya kejadian serupa terjadi kembali. Dengan demikian, pengguna tidak lagi bertanya-tanya apa yang sedang terjadi saat akun Instagram mereka tidak bisa dibuka. 

Sebab tak bisa dimungkiri kalau kejadian tersebut memunculkan frustrasi buat pengguna. Akibat ketidakjelasan, apakah sebatas masalah pada akun mereka sendiri, atau memang sedang terjadi masalah di Instagram secara keseluruhan.

"Kurangnya kejelasan itu bisa membuat frustrasi, itulah sebabnya kami ingin lebih mudah memahami apa yang terjadi, langsung dari kami," tulis Instagram dalam pengumuman di website resmi mereka.

Pemberitahuan tersebut nantinya akan muncul dalam notifikasi ke setiap pengguna secara langsung, saat masalah terjadi. Berikut penjelasan apa yang menjadi sebab masalah itu muncul. Juga pemberitahuan ketika masalah atau gangguan sudah teratasi, dan Instagram sudah bisa digunakan secara normal.

Status Akun
Selain fitur pemberitahuan tersebut, di waktu bersamaan Instagram juga sedang menguji coba fitur yang mereka sebut sebagai "Status Akun". Fitur tersebut pada dasarnya juga masih berkaitan mengenai informasi kepada penggunaannya. Bedanya, akan secara khusus mengarah kepada pengguna tertentu saja.

Dengan kehadiran fitur "status akun", nantinya Instagram akan memberikan peringatkan pengguna tentang apa yang terjadi dengan akun mereka secara lebih umum.

Misalnya, ketika akun pengguna terkait berpeluang untuk dinonaktifkan oleh Instagram, akibat konten yang mereka unggah. Selain juga informasi terperinci mengenai alasan jika ada salah satu unggahan atau postingan pengguna tersebut yang di hapus oleh Instagram.

Menurut Instagram, fitur ini dimaksudkan untuk memudahkan pengguna memahami mengapa sebuah unggahan dihapus, dan apakah mereka terancam kehilangan akun sama sekali.

Meski begitu, Instagram juga tidak menutup diri jika memang apa yang mereka lakukan (menghapus unggahan/akun) ternyata salah atau kurang tepat. Maka dari itu, mereka akan memberikan kesempatan si pengguna terkait, untuk melakukan banding, agar keputusan Instagram ditinjau kembali.

"Jika menurut Anda kami telah melakukan kesalahan, Anda juga dapat mengajukan banding dengan menekan "Minta Peninjauan" langsung dari Status Akun Anda," tulis Instagram.

Kedua fitur yang berkaitan dengan informasi kepada penggunanya itu saat ini masih dalam tahap uji coba untuk pengguna yang ada di Amerika Serikat, setidaknya untuk beberapa bulan ke depan. Pihaknya juga belum dapat memastikan kapan fitur-fitur tersebut akan resmi diluncurkan secara global.

"Sama seperti eksperimen lainnya, ini mungkin akan menjadi sesuatu yang kami luncurkan secara lebih luas. Tetapi kami ingin memulai dari yang kecil dulu, dan belajar. Sampai jika (terbukti) masuk akal, kami akan memperluas ke lebih banyak orang," jelas media sosial yang pertama kali muncul 6 Oktober 2010 itu.

 

Login atau Register untuk komentar.

ARTIKEL LAINNYA

TERPOPULER