c

Selamat

Senin, 17 November 2025

KULTURA

31 Agustus 2021

08:15 WIB

Buat Percakapan Makin Hidup, Clubhouse luncurkan Fitur Audio Spasial

Ada 700 "room" baru yang dibuat setiap harinya di aplikasi yang hadir pada Maret 2020 itu

Penulis: Arief Tirtana

Editor: Satrio Wicaksono

Buat Percakapan Makin Hidup, Clubhouse luncurkan Fitur Audio Spasial
Buat Percakapan Makin Hidup, Clubhouse luncurkan Fitur Audio Spasial
Aplikasi Clubhouse akan dirilis untuk versi Android. Sumberfoto: Forbes/dok

JAKARTA - Untuk semakin memanjakan penggunanya, platform media sosial berbasis obrolan audio, Clubhouse meluncurkan fitur baru audio spasial. Dalam sistem kerjanya, fitur ini akan meniru cara seseorang menangkap dan memproses suara ketika berada di ruangan yang sama. Dengan mengatur jarak masing-masing speaker di kabel pendengar, atau headphone bluetooth (termasuk Airpods) atau sistem stereo yang terdapat di mobil.

Selain itu, sumber musik/stereo akan diposisikan sedemikian rupa untuk menjaga jarak antar musik/stereo itu sendiri. Sehingga pembicara dalam “room” yang sedang didengarkan, akan terasa lebih hidup dan seolah-olah berada dekat dengan pendengarnya langsung. 

Sekaligus membuat orang yang mendengarkan, akan merasa lebih terlarut dalam topik yang sedang mereka dengarkan di platform Clubhouse.

Dalam keterangan resmi yang diterima Validnews, Clubhouse mengatakan bahwa kehadiran fitur audio spasial ini juga akan membuka lebih banyak peluang kepada kreator, untuk dapat berkreasi dan bereksperimen dengan kekuatan audio yang ada di aplikasi ini.

Sebagai contoh apabila sebuah ”room” menceritakan sebuah cerita horor, kreator semakin bisa menghadirkan aura ketakutan kepada pendengarnya. Dengan membuat suara roh jahat seakan bergerak di sekitar rumah atau bahkan berbisik di telinga mereka. Alih-alih berasal dari sebuah speaker.

Begitupun dengan sebuah pertunjukan musik atau komedi. Para pendengar bisa merasakan aura langsung berada di sebuah gedung pertunjukan. Lantaran dapat mendengarkan suara tepuk tangan atau suara tawaan secara jelas dari orang-orang yang ada di “room” yang sama.

Bukan hanya dukungan fitur audio spasial. Dalam waktu yang sama, Clubhouse juga memperkenalkan layanan baru bernama Creator Commons.

Diluncurkan juga untuk memanjakan penggunanya, khususnya konten kreator, Creator Commons merupakan sebuah wadah di mana para pengguna bisa mendapatkan informasi seputar Clubhouse, tips untuk membantu kreator merencanakan dan membuat room, serta menentukan topik yang menarik untuk dibahas.

Para pengguna juga bisa mendapatkan informasi lengkap tentang bagaimana cara bekerja sama dengan brand serta agensi. Melalui layanan Creator Commons ini.

"Intinya, para pengguna dapat mengakses Creator Commons untuk mengetahui semua yang dibutuhkan oleh seorang kreator untuk mencapai kesuksesan di Clubhouse," tulis platform media sosial yang mulai hadir pada Maret 2020 itu.

Layanan Creator Commons ini sudah bisa diakses seluruh pengguna Clubhouse melalui berbagai platform, baik di ponsel berbasis Android atau iOS. Sementara untuk fitur audio spasial, untuk sementara ini baru tersedia bagi pengguna iOS. Dan baru akan dapat dirasakan oleh para pengguna Android dalam waktu dekat.

Ikon Terbaru Clubhouse

Sebagai sebuah platform media sosial yang hadir dan menjadi tren di masa pandemi covid-19. Clubhouse juga mengkonfirmasi bahwa hingga kini telah terdapat lebih dari 700 ribu “room” yang dibuat setiap harinya di aplikasi tersebut. Angka itu naik hingga 400 ribu, dari sebelumnya di bulan Mei 2021 yang hanya berkisar di angka 300 ribu.

Untuk semakin bersaing dan mendapatkan tempat di kalangan pengguna media sosial. Clubhouse pun memperkenalkan ikon terbaru mereka, Leah Lamarr. Leah Lamarr adalah seorang aktris, komedian, sekaligus kreator penggagas klub “Hot on the Mic. Salah satu acara komedi paling populer di Clubhouse.

Perjalanan Leah di Clubhouse dimulai pada Desember 2020 lalu ketika dia merasa kesepian setelah putus cinta dan bergabung di Clubhouse untuk konsultasi dan bertanya kepada pakar hubungan asmara.

Saat di atas panggung ia melontarkan beberapa candaan dan dihebohkan dengan gelak tawa dan tanggapan positif dari para pendengarnya. Sejak saat itu, dia menjadikan misinya untuk membantu calon komedian lainnya untuk mengungkapkan apa yang ingin mereka sampaikan dan meningkatkan jumlah pendengar mereka di Clubhouse.

Leah saat ini menjalin kerjasama dengan sesama kreator di Clubhouse. Seperti stand-up comedian, Dane Cook, di Cosmopolitan Resort & Casino, Las Vegas. Tampil di sesi komedian Russell Peters, Tampa Improv. Dan dalam beberapa minggu ke depan, Leah juga dikabarkan akan menjadi bintang utama di sebuah klub komedi, House of Comedy di Phoenix. Dan menjadi penampil pembuka di pertunjukkan komedi dari komedian Dane Cook, di kasino Harrah di SoCal.

Sebagai seorang aktris yang sudah cukup punya nama sebelumnya. Belakangan Leah memutuskan untuk berhenti dari pekerjaan hariannya dan berkomitmen penuh menjadi komedian, yang mengandalkan platform Clubhouse untuk berkreasi dan mendapatkan penghasilan. 

Hal itu bisa terjadi, berkat adanya fitur “tipping” (memberi tip) dan kerjasama sponsor secara langsung, yang sejak beberapa waktu lalu juga sudah bisa dinikmati oleh para pengguna atau kreator di platform media sosial Clubhouse.


KOMENTAR

Silahkan login untuk memberikan komentarLoginatauDaftar