Selamat

Minggu, 20 Juni 2021

TEKNO

12 Mei 2021|13:33 WIB

Bocoran Desain dan Harga iPhone 13

Rumornya, tidak terlalu banyak perbedaan dengan iPhone 12

Penulis: Arief Tirtana,

Editor: Satrio Wicaksono

ImageiPhone 13, Smartphone canggih seri terbaru yang akan dirilis oleh Apple tahun 2021 ini. Sumberfoto: Ist/dok

JAKARTA – Apple dikabarkan akan segera merilis ponsel terbarunya, iPhone 13 pada tahun ini. Sejumlah rumor pun beredar di dunia maya mengenai tanggal rilis, harga, hingga desain.

Kepopuleran iPhone dikalangan pencintanya sering kali menghadirkan berbagai rumor, yang bahkan bisa muncul mendahului rilis resmi dari Apple sendiri. Seperti yang terjadi belakangan ini.

Pada saat produk iPhone 12 masih menjadi buruan di pasar, rumor mengenai kemunculan iPhone 13 sudah menyeruak di media sosial. Bukan hanya rumor soal tanggal rilis pada September 2021 ini, tapi rumor harga hingga desain iPhone 13 pun sudah tersebar luas.

Dari rumor yang berkembang, harganya tak akan jauh berbeda dari iPhone 12. Atau bahkan sama di kisaran Rp 14,9 juta untuk model 64GB. Harga tersebut diyakini muncul karena dipercaya tak akan ada banyak perubahan berarti pada iPhone 13 nantinya.

Desain iPhone 13
Meski tak banyak, bukan berarti tak ada sama sekali perubahan dari seri sebelumnya. iPhone 13 nanti diyakini memiliki dimensi ukuran yang sedikit lebih tebal dari iPhone 12.

Ketebalan ini muncul akibat adanya sedikit perubahan didesain kamera belakang iPhone 13 nantinya. Jika sebelumnya di ‌iPhone 12‌ dan 12 Pro tonjolan kamera hanya berukuran antara 1,5 mm hingga 1,7 mm. Di ‌iPhone 13,‌ tonjolan kamera akan lebih tebal, yakni 2,51 mm. Bahkan untuk ‌iPhone 13‌ Pro akan lebih tebal lagi, mencapai 3,65 mm.

Bentuk tonjolan kamera belakang yang lebih tebal di iPhone 13 diyakini dibuat agar mencegah gesekan terjadi pada lensa kamera.  Kamera di iPhone 13 akan dibuat menonjol, agar lensa kamera bisa dibuat rata seperti pada desain iPad Pro 2020. Bukan seperti iPhone 12, dimana lensa kamera tampak lebih menonjol.

Selain terkait lensa, blok kamera iPhone 13 Pro juga akan terlihat lebih lebar dan lebih tinggi, dengan dimensi 36mm x 37mm, tampilan itu lebih tinggi dari iPhone 12 yang memiliki desain blok kamera 28mm x 30mm.

Perubahan bukan hanya akan ada pada desain kamera. Melainkan juga pada fungsi di dalamnya yang diyakini akan ada sedikit perubahan lebih baik.

Seperti lensa telefoto yang ditingkatkan dan juga pemasangan fitur yang sebelumnya hanya disediakan untuk iPhone 12 Pro Max ke seluruh rentang iPhone 13. Seperti LiDAR dan kamera ultra-lebar yang lebih canggih dan stabil.

Di luar kamera, rumor juga menyebutkan iPhone 13 kemungkinan memiliki sensor Touch ID atau sidik jari dalam layar. Beberapa laporan menyebut bahwa sensor baru ini merupakan gabungan dari Face ID dan Touch ID.

Selain itu, iPhone 13 juga akan dibekali dengan layar low-temperature polycrystalline oxide (LTPO) buatan Samsung. Dengan layar tersebut membuat tampilan iPhone 13 bisa mendukung teknologi refresh rate hingga 120Hz, lebih tinggi dari iPhone 12 yang hanya 60Hz.

Login atau Register untuk komentar.

ARTIKEL LAINNYA

INFOGRAFIS

TERPOPULER