c

Selamat

Minggu, 16 November 2025

KULTURA

26 Oktober 2022

16:47 WIB

Blibli OMG Resmikan Tiga Samsung Experience Store

Kehadiran Samsung Experience Store ini sendiri merupakan kelanjutan kolaborasi jangka panjang antara Blibli dengan SEIN.

Penulis: Arief Tirtana

Editor: Rendi Widodo

Blibli OMG Resmikan Tiga Samsung Experience Store
Blibli OMG Resmikan Tiga Samsung Experience Store
Peresmian salah satu Samsung Experience Store di Bandung. Dok. Blibli

JAKARTA - Blibli melalui anak perusahaannya, Blibli Omnichannel Mobility Group (Blibli OMG), berkolaborasi dengan Samsung Electronics Indonesia (SEIN) menghadirkan Samsung Experience Store (SES) terbaru di tiga lokasi secara bersamaan. Satu di Dago, Bandung, dan dua di Jakarta; Rawa Belong dan Kemang, Selasa (25/10).

Kehadiran Samsung Experience Store ini sendiri merupakan kelanjutan kolaborasi jangka panjang antara Blibli dengan SEIN. Di mana sebelumnya mereka telah sepakat untuk menghadirkan Samsung Exclusive Brand Shop di 58 titik di seluruh Indonesia, terdiri dari 16 Samsung Experience Store dan 42 Samsung Excellent Partner.

Head of Mobile Experience Division Samsung Electronics Indonesia, Lo Khing Seng mengungkapkan bahwa hadirnya Samsung Experience ini diharapkan dapat mendekatkan produk terdepan Samsung terutama untuk konsumen di daerah Bandung dan sekitarnya.

Konsumen diklaim akan bisa merasakan kenyamanan dan kemudahan lebih dalam memiliki gadget dan alat elektronik idaman. Di Samsung Experience Store, konsumen juga bisa memanfaatkan layanan Samsung Experience Consultant untuk mendapatkan informasi terbaru seputar produk Samsung yang dibutuhkan.

"Kedepannya kami berharap, ekosistem Blibli yang komprehensif dapat memperluas jangkauan produk SEIN di Indonesia sebagai upaya kami dalam memberikan kontribusi nyata terhadap pertumbuhan industri dan perdagangan sektor elektronik secara berkelanjutan," kata Lo Khing Seng.

Dalam keterangannya, Samsung juga mengungkapkan bahwa di Experience Store barunya ini akan tersedianya solusi omnichannel komprehensif dari Blibli. Seperti fitur tukar tambah dan Click & Collect.

Tukar Tambah memungkinkan konsumen untuk upgrade gadget dan perangkat elektronik terbaru dengan lebih hemat. Di mana Blibli memastikan seluruh prosesnya akan berlangsung cepat dan juga aman. Layanan Tukar Tambah dari Blibli pun diklaim telah dipercaya pelanggan oleh banyak konsumen, dengan bukti adanya lebih dari 12.000 transaksi yang dilakukan sejak awal pandemi.

Sementara itu kemudahan berbelanja juga bisa dinikmati dengan layanan Click & Collect. Konsumen bisa membeli smartphone, tablet, dan perangkat elektronik impian lewat online untuk kemudian langsung diambil di Samsung Experience Store. Petugas pun akan membantu kelancaran konsumen dalam mendapatkan barangnya, termasuk saat harus memindahkan data pribadi ketika membeli smartphone terbaru.

Director of Blibli OMG, Hioe Ankin juga mengungkapkan bahwa apa yang dihadirkan mereka kini tak lepas dari kebijakan Pemerintah yang telah menempatkan sektor elektronik - dalam hal ini smartphone - sebagai salah satu prioritas dari perwujudan Making Indonesia 4.0.

"Blibli memaknai kolaborasi dengan SEIN sebagai kontribusi nyata terhadap kemajuan industri dan perdagangan di dalam negeri yang menjadi komitmen nyata kami mendukung visi dan misi pemerintah mewujudkan Making Indonesia 4.0," kata Hioe Ankin.

Lebih lanjut Hioe Ankin menjelaskan bahwa kerja sama ini juga merupakan bentuk adaptasi dan relevansi terhadap perubahan perilaku belanja konsumen yang membutuhkan kenyamanan kanal online dan offline saat membeli gadget.

Langkah adaptasi pada perubahan perilaku belanja konsumen ini juga diperkuat hasil survei McKinsey tahun 2022, yang melaporkan preferensi konsumen terhadap solusi omnichannel semakin bertumbuh.

Sebanyak 64% responden Indonesia menggunakan omnichannel untuk berbelanja. Di segmen elektronik, 74% dari mereka menggunakan omnichannel selama tiga bulan terakhir sampai periode survei.

"Melalui visi Blibli sebagai omnichannel commerce dan lifestyle platform yang terintegrasi dan terpercaya, kami menghadirkan pengalaman belanja terlengkap dan terbaik dari kedua kanal. Sehingga pelanggan dapat merasakan kemudahan berbelanja produk original yang bermitra langsung dengan brand partner dan solusi kami juga membantu brand partner untuk menjangkau pasar yang lebih luas," yakin Hioe Ankin.


KOMENTAR

Silahkan login untuk memberikan komentarLoginatauDaftar