14 Februari 2022
12:22 WIB
Penulis: Arief Tirtana
Editor: Satrio Wicaksono
JAKARTA – Gucci resmi masuk ke dalam dunia virtual Metaverse dengan membeli sebidang lahan virtual di The Sandbox. Langkah perusahaan mode asal Florence, Italia itu dilakukan sebagai upaya untuk semakin menjangkau pasar Gen Z.
Sekaligus sebagai langkah nyata usai menghembuskan kabar kerja samanya dengan The Sandbox awal Februari lalu.
Gucci mengumumkan pembelian lahan virtual di dunia virtual berbasis blockchain ethereum itu melalui Twitter dan grup Discord mereka yang beranggotakan 73 ribu orang.
Rumah mode itu memastikan akan membawa pengalaman toko offline Gucci Vault mereka menjadi online di dunia virtual The Sandbox.
Nantinya para pengunjung bisa merasakan pengalaman interaktif seperti berada di toko offline secara langsung. Hal itu yang dibayangkan oleh direktur kreatif Gucci, Alessandro Michelle.
Sayangnya, belum ada detail mengenai apa saja yang akan ditawarkan Gucci Vault di The Sandbox. Meski sebagai sebuah dunia virtual yang juga adalah gim, kemungkinan Gucci akan menghadirkan berbagai pakaian digital, merchandise, hingga avatar digital yang hanya bisa dipakai di permainan tersebut.
"Menciptakan masa depan, piksel demi piksel. Vault sedang membangun dunia virtualnya sendiri di @TheSandboxGame,” tulis Gucci dalam sebuah postingan di Twitter.
Pembelian lahan virtual di The Sandbox yang tidak diungkapkan nilai transaksinya ini, semakin mentasbihkan Gucci sebagai salah satu merek pakaian mewah terdepan yang masuk ke pasar digital. Sebab sebelum masuk ke dunia Metaverse, Gucci sudah beberapa kali menghadirkan produk digitalnya mengikuti tren yang sedang berkembang.
Pada Mei 2021 lalu misalnya, Gucci meluncurkan film berdurasi empat menit yang terinspirasi oleh 'Gucci Aria' sebagai NFT (non-fungible token) untuk di lelang. Itu membuat mereka menjadi label rumah mode pakaian mewah pertama yang meluncurkan NFT sendiri.
Setelahnya pada bulan yang sama, Gucci juga meluncurkan Garden Experience di Roblox Hingga kemudian pada bulan Agustus 2021, mereka merilis versi digital tas Dionysus di Roblox dan pada Januari 2022 Gucci dan SUPERPLASTICS berkolaborasi untuk membuat NFT SUPERGUCCI.