Selamat

Minggu, 20 Juni 2021

TEKNO

11 Mei 2021|13:45 WIB

Awas, PS 5 Akan Langka

Sony sudah menargetkan penjuakan konsol ini sejumlah 14,8 juta unit untuk setahun ini

Oleh: Rikando Somba

ImageUnggahan foto di Instagram Story dengan filter Augmented Reality (AR) menunjukkan kotak konsol PlayStation 5 (PS5) . ANTARA FOTO/Arindra Meodia.

JAKARTA – Anda tengah mengincar konsol PlayStation 5 (PS 5)? Segeralah realisasikan membelinya kalau memang Anda temui di toko yang sudah disambangi. Ini bukan iklan. Namun memang produsen PS 5, Sony Group Corp. menyebutkan akan ada kekurangan pasokan hingga 2022.

Persoalan krisis semi kondutor yang berimbas kepada industri otomotif, juga berdampak sama terhadap produsen elektronik. Apesnya, kelangkaan ini terjadi di sela permintaan yang terus naik dari konsumen. Ujungnya, kini di beberapa negara PS5 akan sulit ditemukan di toko-toko.

Padahal, Sony sudah menargetkan penjualan konsol ini sejumlah 14,8 juta unit lagi selama 12 bulan ke depan. Selama ini Sony sudah menjual 7,8 juta konsol PlayStation 5. Pihak Sony meyakini, produk mereka akan laris manis dan dicari konsumen.

Pesaing di pasar konsol, seperti Nintendo dan Microsoft juga mengalami masalah pasokan dengan konsol mereka sendiri. Microsoft memperkirakan hal itu akan mereda pada Juli. Soal chip, PlayStation dan Xbox menggunakan APU rancangan AMD yang dibuat oleh TSMC. Sementara Nintendo Switch memiliki chipset rancangan Nvidia yang juga dibuat oleh TSMC. Produsen chip semua yang berlaga ini ya pabrikan yang sama.

“Menurut saya permintaan tidak akan mereda tahun ini,  dan bahkan jika kami mengamankan lebih banyak perangkat dan memproduksi lebih banyak unit PlayStation 5 tahun depan, pasokan kami tidak akan mampu mengejar permintaan,” kata  Chief Financial Officer Hiroki Totoki, dikutip dari Screen Rant, Selasa (11/5).

Totoki menegaskan, Sony perlu meningkatkan produksi secepat mungkin dan memastikan konsol tetap tersedia di semua toko.  

Sony yakin permintaan konsolnya tidak hanya didorong oleh pandemi, karena banyaknya konsumen mencari hiburan di rumah. Bahkan dengan persediaan terbatas, PS5 berhasil menjual lebih banyak dari PS4 yang sangat sukses pada periode awal ketersediaan.  PlayStation 4 yang populer, yang telah terjual lebih dari 115,9 juta unit hingga saat ini. 

Pada saat sama, Sony mengatakan pengguna aktif bulanan di PlayStation Network turun menjadi 109 juta pada akhir periode Januari–Maret dari 114 juta pada kuartal sebelumnya. Saat yang sama, penjualan game penuh juga menurun.

Login atau Register untuk komentar.

ARTIKEL LAINNYA