Selamat

Kamis, 20 Januari 2022

KULTURA | Validnews.id

KULTURA

26 November 2021

16:12 WIB

Atasi Stres Dengan Teknik Mindfulness

Cara ini merupakan pendekatan yang sistematis untuk mengembangkan kontrol dalam hidup kita, termasuk soal stres.

Penulis: Chatelia Noer Cholby,

Editor: Rendi Widodo

Atasi Stres Dengan Teknik <i>Mindfulness</i>
Ilustrasi meditasi di alam. Pixabay/Leninscape

JAKARTA - Setiap orang tentu dapat mengalami stres. Kondisi yang tidak menentu menjadi salah satu pemicu timbulnya stres pada seseorang. Dalam psikologi, salah satu pendekatan yang dapat menjelaskan bagaimana stres bekerja adalah Model Stres Lazarus.

Psikolog Klinis, Dian Kartika Amelia Arbi, M.Psi, mengatakan model ini dapat menjelaskan bahwa stres dipengaruhi oleh lingkungan dan persepsi seseorang pada satu objek. 

Misalnya, kita menganggap lingkungan tersebut sebagai sesuatu yang menakutkan, mengancam, dan menantang.

"Hingga merasa resource kita ini tidak cukup mampu menghadapi itu. Hal tersebutlah yang kita anggap sebagai distres atau stres yang merusak," terangnya, dikutip dari laman resmi Universitas Airlangga, Jumat (26/11).

Meski begitu, Dian menegaskan, bahwa sebenarnya kondisi stres tersebut dapat diatasi dengan menerapkan beberapa hal sederhana. Salah satunya dengan cara menggunakan pendekatan mindfulness.

Pengertian Mindfulness 
Mindfulness ini adalah sebuah bentuk pendekatan untuk menyadari dan menerima apapun di sini dan di saat ini. Cara ini merupakan pendekatan yang sistematis untuk mengembangkan kontrol dalam hidup kita.

"Berdasarkan kapasitas kita untuk berelaksasi, memperhatikan, menyadari, dan memperoleh insight," imbuh dosen Psikologi Klinis Unair tersebut.

Menurut Dian, ada beberapa hal yang dapat menyebabkan kondisi stres ini terjadi pada sesesorang. Kebanyakan dari mereka kurang menyadari tekanan dari lingungan dan sumber daya yang dimiliki. 

Kemudian, beberapa dari mereka pun masih terperangkap pada pikiran masa lalu atau masa depan. Hal ini tentu akan membuat mereka terus berkutat dalam pikiran tersebut, hingga memicu stres karena tak menemukan solusi.

"Lalu, perilaku merespon stres secara otomatis dan tidak adaptif. Seringkali individu menilai lingkungan dengan kondisi tidak sadar secara penuh atau otomatis," lanjutnya.

Dian menuturkan, bahwa mindfulness ini bekerja dengan menilai secara tepat tantangan atau ancaman dari lingkungan tersebut. Sebab itu, cara ini dapat mengubah persepsi atas stres yang dialami.

Cara Menerapkan Mindfulness 
Sementara itu, praktik mindfulness ini dapat dilakukan di sela-sela aktivitas sehari-hari. Ia mengatakan, bahwa dasar dari semua praktik mindfulness adalah mindful breathing

Artinya, mengarahkan fokus maupun perhatian pada proses bernapas dengan menyadari pikiran dan emosi yang muncul.

Dalam hal ini, kita menyadari bukan dengan perasaan menilai. Kemudian, secara perlahan mengembalikan fokus pada proses pernapasan tersebut. 

Dengan menerapkan mindful breathing, kita akan secara sadar berfokus pada proses bernapas yang dilakukan.

Mulai dari menghirup udara sampai dengan mengeluarkannya kembali. Kita pun benar-benar merasakan bagaimana udara yang dihirup. Hal ini berguna untuk meningkatkan kesadaran atas perilaku bernafas yang kita lakukan.

"Mindfulness ini latihan. Jadi kita perlu latihan untuk bisa mempraktikkan ini secara simultan," pungkasnya.




KOMENTAR | Validnews.id

KOMENTAR

Silahkan login untuk memberikan komentar Login atau Daftar





TERPOPULER | Validnews.id

TERPOPULER