Selamat

Kamis, 05 Agustus 2021

21 Juli 2021|18:41 WIB

Atasi Skinmedik Dengan Macam-masam Face Scrub

Pastikan memilih face scrub yang sesuai dengan jenis dan kondisi kulit

Penulis: Gemma Fitri Purbaya,

Editor: Satrio Wicaksono

ImageIlustrasi wanita sedang melakukan perawatan kulit wajah. Pixabay/dok

JAKARTA - Pandemi yang belum juga usai serta adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), menyebabkan adanya perubahan rutinitas pada masyarakat. Orang-orang jadi lebih banyak menghabiskan waktu di dalam ruang, termasuk di ruangan ber-AC. 

Berada di ruangan dengan paparan pendingan yang berlebih bisa memicu terjadinya perubahan kondisi kulit. Atau yang disebut dengan skindemik, seperti komedo, jerawat, kulit kering, dan kusam. 

Ada solusi yang bisa dilakukan untuk mengatasi skindemik, yaitu dengan menggunakan face scrub. Face scrub mempunyai manfaat eksfoliasi kulit, sehingga kulit bisa tetap sehat dan kembali bercahaya. 

Agar memberikan hasil yang maksimal, tentunya jenis face scrub harus disesuaikan dengan kondisi kulit. Apalagi, setiap kondisi kulit umumnya memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda-beda.

"Face scrub memberikan banyak manfaat untuk memelihara kesehatan kulit. Oleh karena itu, kita perlu mengenal macam-macam face scrub untuk mengatasi masalah kulit yang berbeda-beda. Tujuannya agar regenerasi sel dari eksfoliasi dapat terjadi secara maksimal dan memberikan manfaat sesuai dengan kebutuhan kulit," kata Asst. Country Marketing Manager Unilever International for St Ives Indonesia, Tamara Adys Nabila dalam keterangannya.

Semisal pada kulit berjerawat yang diakibatkan penggunaan masker yang terlalu lama, atau yang dikenal dengan istilah maskne. Maskne terjadi akibat area kulit yang tertutup masker terjadi peradangan karena bergesekan dengan masker. 

Selain itu, area kulit juga menjadi lembab karena udara panas yang berhembus saat sedang berbicara di balik masker, menjadi tempat yang nyaman untuk bakteri berkembang biak.

Untuk maskne, Tamara menyarankan untuk mencari face scrub yang memiliki indikator membersihkan secara mendalam dan menyeluruh. Seperti salicylic acid, yang bekerja membersihkan minyak berlebih agar mengurangi jerawat dan mengangkat noda gelap di wajah akibat jerawat. Pilih juga produk yang juga mempunyai efek anti peradangan sehingga bisa membantu mengatasi peradangan di kulit.

Pada warna kulit yang tidak rata karena bekas jerawat, face scrub yang bisa dipilih adalah yang mengandung kaya vitamin C. Vitamin C dapat memperbaiki kerusakan kulit dan menyamarkan warna kulit yang tidak merata, sehingga wajah pun akan tampak lebih berkilau tanpa noda. 

Sementara pada kulit kering yang diakibatkan dari paparan pendingin ruangan secara terus menerus, bisa mencoba untuk melakukan scrub dengan kandungan yang bisa melembabkan kulit. Semisal madu yang mempunyai senyawa humektan yang terkenal bisa mempertahankan kelembaban kulit agar tetap elastis.

Untuk kulit kusam bisa mencoba untuk memilih face scrub dengan indikator dalam dan menyeluruh. Sebab wajah kusam biasanya diperoleh dari paparan debu dan kotoran kecil yang didapat dari dalam atau pun luar rumah. 

Face scrub bisa membantu membersihkan kulit secara maksimal dan membantu mencerahkan kulit wajah agar tidak kusam lagi.

Itulah jenis-jenis face scrub yang bisa dipilih untuk mengatasi skindemik. Tetap menjaga kesehatan dan kebersihan kulit meskipun berada di rumah saja agar kulit bisa tetap sehat. Sama seperti organ lainnya, menjaga kesehatan kulit sejak dini bisa berdampak pada kesehatan di masa mendatang. Selamat mencoba.


Login atau Register untuk komentar.

ARTIKEL LAINNYA

TERPOPULER