Selamat

Minggu, 5 Februari 2023

KULTURA

28 November 2022

20:23 WIB

ArtScience Museum Suguhkan Tiga Instalasi Interaktif

Pameran permanen ArtScience Museum hadirkan tiga instalasi interaktif di galeri barunya berjudul "Exploring New Frontiers".

Penulis: Gemma Fitri Purbaya,

Editor: Satrio Wicaksono

ArtScience Museum Suguhkan Tiga Instalasi Interaktif
Pameran permanen ArtScience Museum, "Future World: Where Art Meets Science" dan "Digital Light Canvas by teamLab" di The Shoppes, Marina Bay Sands, Singapura. teamLab

JAKARTA - Pameran permanen ArtScience Museum, "Future World: Where Art Meets Science" dan "Digital Light Canvas by teamLab" di The Shoppes, Marina Bay Sands, Singapura akan kembali dibuka. Pameran ini akan memberikan pengalaman baru pada pengunjung, setelah melalui pembaruan dan renovasi yang ekstensif.

Sejalan dengan perkembangan sains, teknologi, dan karya seni, pameran ini akan menyuguhkan tiga instalasi interaktif di galeri barunya berjudul "Exploring New Frontiers". Di sini, pengunjung diajak untuk memulai perjalanan mereka dengan langit menjadi fokus utamanya.

Pada instalasi pertama yaitu "Autonomous Abstraction, Continuous Phenomena from the Universe to the Self", pengunjung dapat berinteraksi dengan karya seni secara bebas dan tidak beraturan. Di sini akan ada titik-titik cahaya yang menyebar dan bergerak sinkron dalam rona dan ritme. Melalui instalasi ini, teamLab ingin menunjukkan mengenai betapa ajaibnya Matahari berevolusi dan merenungi alam semesta.

Pada instalasi selanjutnya, "Aerial Climbing Through a Flock of Colored Birds", pengunjung diundang untuk merasakan dunia dengan seluruh tubuh saat memanjat dan menavigasi struktur udara yang terdiri dari palang horizontal berwarna-warni yang digantung di udara. Gerakan pada setiap orang akan mempengaruhi karya seni dan orang lain di dalam ruangan. Sekumpulan burung juga akan terbang bebas di sekitar instalasi dan berubah warna setiap kali mendekati pengunjung.

Karya seni yang terakhir adalah "Sketch Flight" yang mengeksplorasi ide penerbangan dengan memungkinkan pengunjung melihat dunia dari perspektif pesawat terbang dan makhluk hidup di langit. Di sini, pengunjung juga dapat menggambar dan mewarnai pesawat terbang, burung elang, dan kupu-kupu di atas kertas yang telah disediakan dan melihat kreasi mereka diproyeksikan ke layar raksasa.

Sementara pad "Digital Light Canvas by teamLab", mereka memperkenalkan karya seni baru bertajuk "Graffiti Nature Red List, Digital Light Canvas". Instalasi skala besar ini mengubah ruangan menjadi kebun binatang digital yang bebas dengan hamparan bunga bermekaran yang seakan-akan hidup.

Harapannya, dengan dibuka kembali pameran ArtScience Museum "Future World: Where Art Meets Science" dan "Digital Light Canvas by teamLab" dapat membantu pengunjung mengeksplorasi biodiversitas dan hubungan timbal balik antar makhluk hidup di ekosistem, sambil menyoroti terkait spesies yang terancam punah. Pameran ini sudah dibuka mulai per tanggal 26 November 2022 dan untuk tiketnya sendiri dihargai sekitar SGD$28 atau sekitar Rp 320 ribu.


KOMENTAR

Silahkan login untuk memberikan komentar Login atau Daftar





TERPOPULER