Selamat

Senin, 25 Oktober 2021

14 Oktober 2021|12:30 WIB

Apple Dikabarkan Akan Jadikan AirPods Perangkat Kesehatan

Apple mungkin akan menjadikan AirPods sebagai alat bantu dengar. Atau bahkan juga bisa menggunakan sensor gerak untuk memperbaiki postur penggunanya

Penulis: Arief Tirtana,

Editor: Rendi Widodo

ImageIlustrasi AirPods. Pixabay/Sweetlouise

JAKARTA – Jika sekarang ini baru sebatas perangkat smart watch yang bisa juga digunakan sebagai alat pemantau kesehatan. Apple dikabarkan akan menggunakan perangkat (gadget) lainnya menjadi alat kesehatan.

Dikutip dari halaman Endgadget, salah satu sumber Wall Street Journal mengklaim bahwa Apple saat ini sedang menjajaki berbagai cara, untuk menggunakan AirPods sebagai perangkat kesehatan.

Belum jelas pasti bagaimana nanti itu akan bekerja. Namun, disinyalir raksasa teknologi Amerika Serikat itu mungkin akan menjadikan AirPods sebagai alat bantu dengar. Atau bahkan juga bisa menggunakan sensor gerak untuk memperbaiki postur penggunanya.

Dengan bersandar pada sensor gerak yang terpasang di earbud. Sensor tersebut akan mendeteksi setiap gerakan dan memperingatkan pemakainya untuk membungkuk dan memperbaiki postur mereka, jika diperlukan.

Sumber yang sama juga mengungkapkan bahwa Apple sudah mengembangkan purwarupa AirPods yang sudah bisa digunakan untuk mengukur suhu tubuh inti pemakainya dari dalam telinga mereka.

Jika itu benar, termometer suhu tubuh itu akan menjadi yang kedua, yang ditambahkan Apple ke perangkatnya. Sebelumnya juga mereka dikabarkan akan menambahkan kemampuan sensor suhu melalui pergelangan tangan, pada Apple Watch versi terbaru tahun depan.

Sejauh ini, pihak Apple sama sekali tidak mau memberikan komentar terhadap kabar yang beredar tersebut. Tetapi jika pun benar adanya, kemampuan AirPods sebagai perangkat kesehatan itu hampir mustahil akan hadir pada tahun 2022 mendatang.

Aturan Administrasi Makanan dan Obat-obatan Amerika Serikat yang jatuh tempo pada tahun 2022 mungkin akan menjadi keuntungan. Tetapi mereka tentu masih butuh waktu berbulan-bulan agar perangkat kesehatannya itu diizinkan untuk dijual. 

Dari pihak Apple sendiri sebagai produsen pun. Ada juga tantangan teknis. Di mana saat ini AirPods Pro hanya bertahan selama 4,5 jam dalam keadaan aktif (dengan peredam bising aktif), dan 3,5 jam untuk menerima panggilan.

Hal itu tentu tidak akan praktis jika kemudian Airpods digunakan sebagai perangkat kesehatan, seperti alat bantu dengar, yang mungkin perlu terpasang aktif di telinga sepanjang hari.

Login atau Register untuk komentar.

ARTIKEL LAINNYA