Selamat

Minggu, 20 Juni 2021

PARIWISATA

11 Mei 2021|17:53 WIB

Ancol Bersiap Terima Pengunjung Libur Lebaran

Lakukan reservasi dan pembelian tiket secara online melalui ancol.com.

Penulis: Dwi Herlambang,

Editor: Yanurisa Ananta

ImagePengunjung berada di kawasan wisata Ancol, Jakarta, Senin (12/10/2020). ANTARAFOTO/Hafidz Mubarak

JAKARTA – Taman Impian Jaya Ancol bersiap menerima pengunjung libur Lebaran. Seperti biasa, sebagian masyarakat Jakarta akan mencari tempat wisata dalam kota untuk menghabiskan waktu bersama keluarga selama libur Lebaran. Terlebih, pemerintah melarang warga mudik ke luar kota.

Pemerintah pusat dan daerah mengeluarkan kebijakan pelarang mudik ke kampung halaman untuk menekan penyebaran covid-19. Namun, tempat wisata tetap diizinkan beroperasi dengan pembatasan dan peraturan yang ketat.

Vice President Taman Impian Jaya, Ancol Ferdinand Gultom,  mengatakan pihaknya sedang melakukan berbagai persiapan demi kenyamanan pengunjung. Ia mengajak semua pihak mendukung penuh pelaksanaannya.

"Serta kerjasama pengunjung untuk ikut menaatinya. Jadi jangan lupa untuk tetap terapkan protokol kesehatan saat mudik ke Taman Impian Jaya Ancol dengan aman dan nyaman dan kita semua bisa Senang Selamat Bareng Bareng," kata Gultom, Selasa (11/5).

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan pengunjung sebelum berwisata ke Ancol. Lakukan reservasi dan pembelian tiket secara online melalui ancol.com. Pengelola akan membatasi kuota pengunjung 30% per hari. Jika kuota sudah terpenuhi, calon pengunjung dapat melakukan pembelian tiket di hari lainnya.

Sebelum melakukan rekreasi ke Taman Impian Jaya Ancol, calon pengunjung wajib memastikan kondisi kesehatan dengan mengisi self-assessment yang ada dalam sistem tiket online. Selama kunjungan, pengunjung wajib menggunakan masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan serta memastikan kondisi tangan tetap bersih dengan menggunakan cairan hand sanitizer dan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

Seluruh unit rekreasi Taman Impian Jaya Ancol akan menempatkan petugas untuk mengecek suhu tubuh setiap pengunjung. Batas toleransi maksimal suhu tubuh adalah 37.3°C. Lakukan transaksi secara non-tunai menggunakan kartu debit di mesin EDC yang telah disediakan di toko merchandise dan restoran yang tersebar di kawasan Ancol.

Meski manajemen Taman Impian Jaya Ancol melengkapi kawasannya dengan stall makanan dan restoran, ada baiknya pengunjung tetap membawa peralatan makan dan minum pribadi. Selain itu, Ancol menyediakan sarana ibadah seperti musala di beberapa titik strategis yang mudah diakses oleh pengunjung dan gunakan alat ibadah pribadi.
Pengelola juga akan menyediakan papan informasi, spanduk serta pengeras suara yang mengimbau penerapan protokol kesehatan di seluruh kawasan Taman Impian Jaya Ancol.

Tim Satgas covid-19 Ancol bersama Satpol PP, TNI dan Kepolisian juga akan melakukan patroli ke seluruh kawasan untuk melakukan imbauan dan edukasi secara langsung kepada pengunjung. Jika terdapat pelanggaran, tim akan memberikan sanksi sosial.

Tidak hanya bagi pengunjung, para karyawan juga akan membekali dirinya dengan alat pelindung seperti masker, face shield, manset dan sarung tangan saat melayani pengunjung. Pengunjung juga tidak akan kesulitan mencari cairan pembersih tangan (hand sanitizer) dan tempat cuci tangan di seluruh kawasan rekreasi Ancol.

Secara rutin seluruh wahana dan fasilitas rekreasi Taman Impian Jaya Ancol dibersihkan dengan cairan disinfektan. Jalur antrean dan wahana diberikan marka jaga jarak 1,5 – 2 meter. Khusus kawasan Pantai, akan ada marka khusus berupa kotak-kotak yang berguna untuk melokalisir antar pengunjung agar tetap dapat menjaga jarak saat menikmati suasana Pantai Ancol.

Disediakan armada gratis kepada pengunjung berupa 8 Bus Wara Wiri dan 3 rangkaian Kereta Sato Sato dengan kapasitas tampung maksimal 50% yang siap mengantarkan pengunjung ke unit rekreasi yang dituju.

Tersedia 3 unit ambulance serta 12 tim medis dan 1 dokter yang bersiaga jika terjadi keluhan kesehatan dari pengunjung.

Pihak Ancol memastikan unit rekreasi dan restoran sudah memperoleh sertifikasi CHSE dari Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, antara lain Dunia Fantasi, Sea World Ancol, Ocean Dream Samudra, Allianz Ecopark, Restoran Nyiur Putri Duyung Ancol dan Restoran Ombak Laut Ancol. (Dwi Herlambang)

Login atau Register untuk komentar.

ARTIKEL LAINNYA

TERPOPULER