Selamat

Selasa, 21 September 2021

15 September 2021|13:18 WIB

Akhirnya Apple Resmi Rilis iPhone 13

Keunggulan dimiliki iPhone 13 dengan hadirnya notch (lekukan poni) di bagian atas layar yang lebih kecil.

Penulis: Arief Tirtana,

Editor: Rendi Widodo

ImageiPhone 13 akhirnya rilis secara resmi. Dok. Apple.com

JAKARTA – Dalam acara bertajuk California Streaming, (15/9), Apple akhirnya mengumumkan secara resmi kehadiran smartphone terbaru yang sudah dinanti-nanti para penggemarnya, iPhone 13.

Meski sudah banyak ditunggu sejak awal rumor kemunculannya, sejumlah pihak sudah menduga bahwa iPhone 13 tak akan banyak memiliki perbedaan dari seri smartphone atau ponsel Apple sebelumnya, iPhone 12.

Tidak salah memang, setelah akhirnya dirilis hari ini. Secara umum iPhone 13 memang masih hadir dengan banyak kesamaan dengan apa yang ada di iPhone 12. Namun, bukan berarti tak ada sama sekali keunggulan baru yang dimiliki oleh gadget unggulan produsen asal Amerika Serikat Tersebut.

Jika dilihat secara saksama, meski desainnya terkesan mirip, iPhone 13 tetap memiliki keunggulan seperti hadirnya notch (lekukan poni) di bagian atas layar yang lebih 20% kecil. Selain itu pada bagian belakang, desain kamera dengan dual lensa juga terlihat tampil beda. Dengan susunan yang diagonal, alih-alih vertikal seperti iPhone 12.

Bukan hanya desain, kamera belakang iPhone 13 juga telah dilengkapi dengan sensor dan lensa kamera lebar (wide camera) terbaru, yang diklaim Apple merupakan sensor kamera terbesar yang pernah dimasukkan ke dalam sistem kamera ganda di ponsel keluaran mereka.

Dengan begitu, kamera kini memiliki kemampuan untuk menghasilkan foto dengan piksel lebih besar daripada ponsel sebelumnya.

Melengkapi kualitas kameranya, iPhone 13 juga telah mendapatkan sistem stabilisasi gambar optik sensor-shift serupa dengan iPhone 12 Pro Max, yang secara kelas ada di atasnya.

Dan seperti umumnya dalam setiap kehadiran produk ponsel terbaru mereka. iPhone juga membawa cip seri A terbaru pada iPhone 13.

Dinamakan prosesor A15 Bionic. Cip ini merupakan cip 5nm dengan hampir 15 miliar transistor yang menurut Apple, memiliki kecepatan 50% lebih baik dari pesaingnya.

A15 Bionic memiliki dua core terbaru berkinerja tinggi, empat core baru yang lebih efisien, prosesor grafis empat core yang lebih cepat, dan juga neural engine yang lebih cepat untuk mendukung neural networking processor.

Semua keunggulan tersebut, juga ditunjang oleh kinerja baterai yang lebih besar. Saat ini, iPhone 13 disebut telah mendapatkan tambahan daya hingga 2,5 jam lebih lama dibanding seri iPhone 12 versi standar.

Buat yang mengharapkan teknologi terbaru dalam jangkauan sinyal. Apple juga mengumumkan bahwa iPhone 13 akan mendapatkan dukungan sinyal 5G yang lebih luas. Lantaran sistem antena mereka akan sudah bekerja pada sekitar 200 operator di 60 negara pada akhir tahun nanti.

Terakhir, iPhone 13 juga diklaim memiliki daya tahan mengungguli semua jenis ponsel yang ada sekarang. Hal ini berkat kehadiran Ceramic Shield, yang melapisi seluruh bagian samping body-nya.

Login atau Register untuk komentar.

ARTIKEL LAINNYA