Selamat

Minggu, 16 Mei 2021

TEKNO

16 Maret 2021|12:31 WIB

Tips Postur Yang Benar Agar Tak Mudah Lelah Saat Riding

Pengendara harus rileks untuk menghilangkan ketegangan, sehingga mengurangi letih yang terlalu cepat ketika berkendara dengan sepeda motor
ImageIlustrasi: postur berkendara yang benar agar tidak mudah lelah (ANTARA/Ho)

JAKARTA – Berkendara menggunakan sepeda motor alias riding, sudah menjadi aktivitas keseharian sebagian besar orang. Namun penting untuk diketahui, terlebih buat mereka yang hobi berkeliling menggunakan motor atau touring, memahami postur yang benar saat berkendara. Hal ini untuk mendapatkan kenyamanan dan juga keamanan selama berkendara.

Berkendara dengan posisi yang salah akan menimbulkan rasa lelah dan juga sakit pada bagian tertentu, misalnya pada bagian pergelangan tangan. Posisi riding yang tidak nyaman juga akan mengganggu kenikmatan saat berkendara.

Manager Safety Riding AHM Johanes Lucky mengatakan, dalam berkendara, fokus dan kenyamanan menjadi aspek yang sangat penting. Pengendara harus mampu mengidentifikasi medan atau kondisi jalan yang dilewati. Nah, dalam waktu bersamaan, pengendara juga harus rileks agar menghilangkan ketegangan sehingga mengurangi letih yang terlalu cepat ketika berkendara dengan sepeda motor.

"Dengan posisi berkendara yang benar serta kendaraan yang nyaman seperti Honda PCX, riders tetap dapat memperhatikan keselamatan dengan #cari_aman sehingga berkendara akan menjadi lebih aman dan menyenangkan," kata Lucky dalam keterangan resminya, Selasa.

Lucky membagikan dua tips berkendara dengan mana dan nyaman dan juga yang terpenting berkendara tidak mudah lelah:

1. Ride on Position
Pada posisi ini, tubuh bagian atas pengendara akan lebih santai. Hal ini dikarenakan posisi punggung yang tegak sehingga dapat menurunkan stres pada bagian bahu, punggung dan leher.

Pada Honda PCX, posisi setang kemudi yang sedikit lebih tinggi dari posisi pinggul membuat tangan bagian depan lebih rileks. Menurunnya ketegangan pada otot tangan bagian depan memberikan handling yang nyaman dan maksimal.

"Selain itu, posisi lutut yang relatif rata dengan pinggul dapat mengurangi stres atau ketegangan pada paha, ditunjang dengan desain jok yang mampu menyangga dengan baik," kata dia.

2. Leasure Position
Leasure position merupakan posisi dimana kaki dapat berpindah ke bagian depan ketika sedang berkendara, seperti yang ditawarkan oleh Honda PCX terbaru. Posisi ini dapat digunakan untuk menurunkan ketegangan pada kaki bagian bawah atau betis saat melakukan perjalanan jarak jauh.

Saat dirasa ketegangan pada kaki bagian bawah sudah membaik atau berkurang, kita bisa kembali pada posisi ride on position.

Teknik Berkendara
Sebelumnya, Lucky mengungkapkan, beragam ilmu teknik berkendara harus dikuasai para pengendara untuk mengurangi potensi bahaya bagi pengendara maupun sekelilingnya.

"Tidak hanya teknik mengatur bukaan gas dan teknik pengereman, namun perlu juga diperhatikan beberapa teknik berkendara lainnya, seperti postur tubuh yang tepat, teknik menghadapi berbagai situasi jalan raya dan mengenal rambu-rambu lalu lintas," ujar Johanes Lucky dalam keterangan resminya di Jakarta, Kamis.

Dalam hal ini, Johanes Lucky membagikan cara untuk bisa mengerem dengan benar, tanpa harus membahayakan diri sendiri dan juga pengguna lainnya yang berada di belakang kita dengan tiga tingkatan pelatihan.

Pada tingkat pertama, fokus latihan koordinasi putaran gas, tuas rem atau pedal rem dan tuas kopling. Tingkat kedua, berlatih lah mengerem dengan kecepatan lebih tinggi secara bertahap antara 30–50km/jam.

Sementara, untuk tahap yang terakhir atau tahap ketiga, pengendara bisa berlatih dengan kecepatan 60km/jam dengan jarak berhenti 17–20 meter dari titik awal penarikan tuas rem.

Menurutnya, pengendara dapat mengasah kemampuan berkendara dengan sering melatih cara mengukur jarak pengereman ideal di sepanjang lintasan yang dikhususkan untuk pelatihan berkendara.

Penggunaan teknik pengereman dan teknik bukaan gas secara intens sangat terasa ketika menghadapi tikungan di jalan raya. Dalam menghadapi tikungan, pengendara perlu melakukan pengereman secara perlahan sebelum memasuki area tikungan dan menikung dengan kecepatan konstan. Hindari mengurangi ataupun menambah bukan gas secara mendadak.

"Pastikan posisi sepeda motor dan postur tubuh saat berkendara dalam kondisi seimbang, sehingga bisa menghindari risiko tergelincir," tandasnya. (Faisal Rachman) 

Login atau Register untuk komentar.

ARTIKEL LAINNYA