Selamat

Senin, 26 Juli 2021

TEKNO

05 Maret 2021|19:04 WIB

Smartfren dan 3 Diakui Sebagai Global Leader dan High Performer

Operator seluler Indonesia alami kemajuan mengesankan
ImageIlustrasi jaringan 4G. Pixabay/dok

JAKARTA – Dalam riset bertajuk 'Global Mobile Network Experience Award 2021' yang dilakukan oleh perusahaan mobile analitik OpenSignal menyebutkan, sebagian besar operator Indonesia telah mengalami kemajuan yang mengesankan. 

Operator seluler Smartfren dan 3 telah diakui dalam tingkat global untuk kategori Pengalaman Jangkauan 4G (4G Availability). "Smartfren diakui sebagai salah satu Global Leaders, sedangkan 3 sebagai Global High Performer," tulis laporan tersebut.

Smartfren sendiri mendapatkan skor tertinggi, yakni 98% dalam Pengalaman Jangkauan 4G se-Asia Tenggara. Hanya kurang 2% dari skor sempurna. Smartfren juga terpilih sebagai Global Rising Star untuk pengalaman aplikasi suara.  

Sementara operator 3 terpilih sebagai Global Rising Star untuk tiga kategori pengalaman seluler, yakni pengalaman video, pengalaman aplikasi suara, dan pengalaman kecepatan pengunduhan.
 
Operator Indosat juga menjadi salah satu dari 14 operator yang terpilih menjadi Global Rising Star, untuk empat dari lima kategori berbeda. Yakni, pengalaman video, pengalaman aplikasi suara, pengalaman kecepatan pengunduhan, dan pengalaman kecepatan pengunggahan.

Menyitat data, Indosat adalah operator dengan peningkatan persentase tertinggi kedua dalam perihal kecepatan rata-rata pengunduhan, di angka 52%, dibandingkan semua operator Asia Tenggara. Indosat juga mengalami peningkatan persentase tertinggi ketiga dalam pengalaman kecepatan pengunggahan 45% di Asia Tenggara.  

Sementara itu, XL terpilih sebagai Global Rising Star untuk dua kategori, yakni pengalaman aplikasi suara dan pengalaman kecepatan pengunduhan. Riset ini menggunakan metodologi penggunaan data selama 180 hari pertama di pertengahan tahun 2020.

Opensignal menentukan Global Winners, Global Leader, dan Global High, Performance untuk enam kategori pengalaman jaringan seluler. Yakni Pengalaman Video, Pengalaman Games, Pengalaman Aplikasi Suara, Pengalaman Kecepatan Pengunduhan, Pengalaman Kecepatan Pengunggahan, dan Pengalaman Jangkauan 4G. (Dwi Herlambang)

Login atau Register untuk komentar.

ARTIKEL LAINNYA