Selamat

Senin, 25 Oktober 2021

27 April 2021|20:27 WIB

Memerintah Google Assistant Tak Perlu Ucapkan "Oke Google"

Google tengah mengembangkan fitur baru untuk mempermudah penggunaan Google Assistant
ImageGoogle Assistant, asisten virtual yang didukung oleh kecerdasan buatan dan dikembangkan oleh Google. Sumberfoto: Assistant.google/dok

JAKARTA - Sejak dirilis ke publik, Google Assistant hanya bisa diaktifkan ketika pengguna mengucapkan 'OK Google'. Namun, kini para pengguna bisa tak perlu lagi mengucapkan kata tersebut ketika ingin memberi perintah.

Kemungkinan itu ditemukan oleh Android Police dan 9to5Google beberapa waktu lalu. Keduanya mengungkapan kode yang mengindikasikan Google sedang menguji coba fitur dengan nama Guacamole.

Melalui Guacamole, para pengguna nantinya bisa menyediakan jalan pintas untuk mengaktifkan fitur perintah di Google Assistant. Dengan begitu, para pengguna tak perlu repot mengatakan 'Hey Google' atau 'Ok Google' sebelum memberi perintah

Fitur Guacamole pertama kali ditemukan di menu pengaturan di aplikasi Google versi 12.8. Menurut keduanya, Google mengembangkan fitur 'Guacamole' secara diam-diam. Terlebih apabila melihat deskripsi yang samar-samar.

Dikutip dari The Verge, Selasa (27/4), dengan Guacamole bukan berarti Google Assistant akan terus mendengarkan semua hal yang pengguna katakan. Guacamole hanya akan aktif ketika diberi beberapa perintah tertentu, seperti menjawab telepon atau mendiamkan alarm.

“Kami terus bereksperimen dengan cara baru untuk meningkatkan pengalaman keseluruhan dengan Asisten Google. Kami tidak memiliki detail tambahan untuk dibagikan saat ini," kata Google kepada The Verge.

Dengan fitur baru ini, pengguna bisa meminta Google Assistant untuk mendiamkan alarm dengan hanya mengatakan 'Stop' atau 'Snooze' tanpa perlu mengatakan 'Hey Google' untuk memberi perintah.

Kemudian ketika ada panggilan yang masuk, para pengguna cukup mengatakan 'Answer atau decline the call' ke Google Assistant.

Namun, beberapa pihak menyebut fitur seperti ini sebenarnya bukan hal yang baru. Sebab Google sudah memasukkannya ke speaker dan layar pintar Google Home dan Google Nest Hub sejak 2019. Artinya pengguna Google Assistant bisa mematikan alarm dengan mengatakan 'stop' selama hampir dua tahun belakangan.

Meski begitu, Google saat ini sedang menguji coba fitur Guacamole secara internal ke para karyawannya. Belum diketahui kapan fitur ini akan dirilis secara resmi. Ada kemungkinan Google bakal mengumumkan Guacamole pada gelaran Google I/O, 18 Mei mendatang. (Muhammad Fadli Rizal)

Login atau Register untuk komentar.

ARTIKEL LAINNYA