02 Desember 2021
12:18 WIB
Penulis: Arief Tirtana
Editor: Rendi Widodo
JAKARTA - 7-Eleven melakukan terobosan baru dalam pelayanannya, dengan menghadirkan jasa pengantaran pesanan menggunakan kendaraan otonom atau mobil tanpa sopir.
Jaringan toko kelontong (convenience store) 24 jam yang sempat berjaya di Indonesia itu, bekerja sama dengan Nuro. Perusahaan robotik yang dalam dua tahun ke belakang telah bekerja sama dengan beberapa pihak untuk menghadirkan kendaraan otonom.
Layanan pesan antar menggunakan mobil tanpa sopir ini sendiri memang belum akan ada di semua gerai 7-Eleven. Melainkan hanya tersedia di gerai mereka yang terletak di 1905 Latham Street, Mountain View, California, Amerika Serikat.
Nantinya para penduduk di sekitar gerai tersebut, bisa memesan berbagai barang atau makanan. Mulai dari pizza, makanan ringan, minuman, hingga barang-barang rumah tangga yang tersedia melalui aplikasi pengiriman "7NOW" 7-Eleven.
Meski begitu ada batasan tertentu, di mana barang-barang yang memerlukan batas usia minimal dalam pembeliannya, selayaknya rokok, minuman beralkohol, hingga kupon lotre, tak akan bisa dipesan melalui layanan pesan antar tersebut.
Menariknya, semua barang atau makanan yang dipesan melalui jasa antar kendaraan otonom tersebut tak akan lagi dikenakan biaya tambahan. 7-Eleven pun mengklaim bahwa barang yang dipesan pembeli, akan bisa tiba dalam hanya waktu paling lama 30 menit.
Sebagai perusahaan penyedia layanan kendaraan otonom, Nuro dalam kerjasamanya dengan 7-Eleven awalnya akan menggunakan mobil Toyota Prius self-driving dengan operator manusia yang memantau teknologi dari kursi pengemudi.
Akan tetapi, akhirnya Nuro lebih memilih menggunakan kendaraan robot R2 Nuro. Seperti halnya yang telah mereka lakukan dalam jasa pengiriman kendaraan otonom di negara bagian lain.
Sebab meski apa yang dilakukan mereka bersama 7-Eleven kali ini merupakan layanan pengiriman kendaraan otonom komersial pertama yang ada di negara bagian California.
Layanan sejenis juga sudah dilakukan Nuro di negara bagian lainnya. Salah satu contohnya bersama Dominos Pizza di negara bagian Houston sejak April 2021 lalu.
Bagi 7-Eleven sendiri, jasa antar pesanan secara gratis menggunakan kendaraan otonom kali ini, jelas merupakan bagian dari usaha mereka untuk meningkatkan minat pelanggannya dalam menggunakan aplikasi pengiriman "7NOW" 7-Eleven.
Menyusul apa yang dilakukannya pada April lalu. Di saat mereka memungkinkan pembeli untuk memesan barang atau makanan melalui aplikasi pengiriman "7NOW" 7-Eleven, untuk dikirim ke semua jenis ruang publik. Seperti pantai, taman, tempat konser. Alih-alih hanya sebatas dikirimkan ke rumah.