Selamat

Minggu, 20 Juni 2021

PARIWISATA

06 Mei 2021|20:59 WIB

10 Lokasi Wisata Di Bandung Untuk Libur Lebaran

Meski pemerintah melarang mudik, namun tempat wisata lokal masih beroperasi

Penulis: Dwi Herlambang,

Editor: Yanurisa Ananta

ImagePemandangan jembatan gantung di objek wisata Orchid Forest Cikole, Bandung. Sumberfoto: Shutterstock /dok

JAKARTA – Hari Raya Idul Fitri tinggal satu pekan lagi. Di momen ini umumnya orang akan menghabiskan banyak waktu bersama keluarga. Meski pemerintah melarang mudik, namun tempat wisata lokal masih beroperasi.

Nah, untuk warga Bandung, berikut sepuluh rekomendasi destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi selama libur Lebaran.

Tebing Gunung Hawu
Destinasi pertama yang layak disambangi sesampainya di Bandung adalah Tebing Gunung Hawu. Naik ke atas puncak Tebing Gunung Hawu, Anda bisa menyaksikan betapa eksotisnya panorama Bandung. Spot satu ini juga bisa menjadi alternatif tepat melihat matahari terbit layaknya di Gunung Bromo.

Gunung Putri
Jika Gunung Tangkuban Perahu sudah terlalu biasa, Gunung Putri Lembang bisa menjadi pilihan relaksasi sambil berfoto. Terletak di Jayagiri, Lembang, pemandangan alam di Gunung Putri sangat indah dilengkapi dengan udara sejuk khas pegunungan.

Di puncak Gunung Putri, Anda bisa menikmati pemandangan Kabupaten Bandung Barat dari ketinggian. Lebih pas lagi jika datang saat matahari terbit di tengah kabut tipis. 

Di sekitar Gunung Putri juga terdapat hutan pinus yang bisa juga menjadi spot untuk mengabadikan momen. Di sini terdapat benteng peninggalan Belanda sekitar tahun 1913-1917.

Bukit Jamur Rancabolang
Bukit Jamur Rancabolang punya keunikan sendiri buat menambah cantik feed media sosial. Terletak di Desa Rancabolang, Kecamatan Ciwidey, Bandung, terdapat deretan pohon cemara berukuran kecil di kawasan ini. Pohon-pohon cemara itu kemudian dipangkas menyerupai jamur.

Keunikan pohon-pohon cemara ini tentunya menjadi daya tarik tersendiri untuk berfoto. Sebagai tambahan, di sini juga terdapat pabrik teh PT. Perkebunan Nusantara VIII yang didirikan sejak zaman kolonial Belanda.

Jalan Braga
Salah satu jalan ikonik di Bandung adalah Jalan Braga. Di kawasan ini, berjejer bangunan-bangunan heritage yang kental nilai historis dan budaya. Di antara bangunan tersebut, tepatnya di Jalan Braga No. 99 - 101, terdapat pula mal bernama Braga Citywalk.

Anda tidak hanya dapat berburu barang belanjaan di Braga Citywalk, namun juga bisa berburu foto. Mal ini memiliki arsitektur yang menggabungkan pusat perbelanjaan, hotel, dan kondominium. Beragam gerai terdapat di sini, termasuk produk fashion handmade.

Taman Kardus
Bukan Bandung namanya jika tidak memiliki tempat unik dan kreatif. Salah satu tempat unik untuk nongkrong di Bandung adalah Taman Kardus. Sesuai namanya, Taman Kardus merupakan kafe dengan keseluruhan konsep interior berbahan kardus. Meja, kursi, hingga hiasan di dalam kafe semuanya terbuat dari kardus. Tak heran, setiap sudut Taman Kardus bisa menjadi tempat foto instagramable.

Terletak di area Resort Green Forest, udara sejuk tumbuh-tumbuhan semakin membuat nyaman untuk nongkrong berlama-lama. Oh ya, tidak perlu khawatir, kardus-kardus yang digunakan di sini aman karena terbuat dari kardus berkualitas yang mampu menahan beban hingga ratusan kilogram.

Perkebunan Teh Sukawana
Ingin merasakan pengalaman berlarian di kebun teh seperti Sherina dan Sadam di film Petualangan Sherina (2000)? Nah, Kebun Teh Sukawana bisa jadi pilihan yang tepat.

Di Kebun Teh Sukawana, wisatawan bisa melakukan tea walk mengelilingi perkebunan teh. Dulu perkebunan ini dikenal dengan nama pangheotan yang diambil dari nama bangsawan Belanda, Van Houten. Selain tea walk, Anda juga dapat melihat pengolahan teh di pabrik yang letaknya tidak jauh dari Kebun Teh Sukawana.

Saat tea walk, wisatawan bisa mengabadikan momen di antara hamparan hijau daun teh. Lebih bagus lagi jika mengabadikan momen menggunakan drone. Pemandangan kebun teh yang diambil dari atas dijamin memanjakan mata Anda.

Taman Lembah Dewata
Taman Lembah Dewata terletak di kawasan berkuda Ganesha Equestrian Lembang, tepatnya di Jl. Raya Tangkuban Parahu Km 3,7 Cibogo, Lembang. Taman Lembah Dewata terdiri dari perbukitan hijau dan danau dengan anjungan bambu.

Di sini wisatawan dapat menikmati perjalanan berkelok-kelok seperti labirin dengan pemandangan pegunungan yang menyejukkan mata. Saat berada di Taman Lembah Dewata, jangan lupa mengabadikan momen di sekitar danau dengan air jernih yang dikelilingi pepohonan hijau.

Curug Batu Templek
Curug Batu Templek merupakan destinasi wisata berupa lanskap tebing batu yang terbentuk secara alami. Lokasi wisata ini semakin indah karena ada air terjun di atas tebing batunya.

Curug Batu Templek terletak di Kampung Cisanggarung, Kabupaten Bandung,  sekitar satu jam dari pusat Kota Bandung. Keindahan susunan Tebing Batu Templek menjadi daya tarik yang tak terlupakan saat road trip di Bandung.

Cihampelas Walk
Ingin jalan-jalan santai, berbelanja, sambil menikmati alam terbuka Bandung? Cihampelas Walk bisa jadi pilihan tepat. Kawasan yang mengusung konsep semi ruang terbuka ini seolah tidak pernah sepi pengunjung.

Di Cihampelas Walk, Anda dapat nyaman berjalan kaki di area pedestrian yang luas. Jangan lupa bersantap di arena kulinernya yang menyediakan berbagai sajian yang mengguncang selera!

Orchid Forest Cikole

Destinasi satu ini cocok banget buat para pencinta alam dan bunga anggrek. Bagaimana tidak, Orchid Forest Cikole disebut-sebut sebagai taman bunga anggrek terbesar di Indonesia!  Di sini, setidaknya ada 150 jenis bunga anggrek yang dibudidayakan dari berbagai negara, seperti Peru, Venezuela, hingga Amerika Serikat.

Tidak cuma melihat hamparan bunga anggrek, Anda juga bisa menyusuri jembatan gantung kayu ikonik di tengah hutan pinus, sambil mengabadikan momen. Pengunjung juga bisa menikmati udara Bandung dengan duduk santai sambil berkemah bersama keluarga di sana.

Meski sedang menjalankan agenda liburan, pastikan selalu mematuhi protokol kesehatan di mana pun Anda berada, ya. Selalu kenakan masker, senantiasa menjaga jarak fisik dengan orang lain, dan rutin membersihkan tangan. (Dwi Herlambang)

Login atau Register untuk komentar.

ARTIKEL LAINNYA