23 Februari 2023
21:00 WIB
Penulis: Nuzulia Nur Rahma
Editor: Fin Harini
JAKARTA - Ramadan selalu menjadi momen yang dinantikan masyarakat Indonesia termasuk para pelaku bisnis. Sebuah laporan menunjukkan bahwa sebanyak 9 dari 10 masyarakat Indonesia berencana untuk berbelanja pada saat Ramadan tahun ini. Sekitar 80% konsumen digital pun akan mempertahankan bahkan meningkatkan penggunaan layanan digital pada 2023.
Di sisi lain, berdasarkan data internal Tokopedia, selama Ramadan 2022, masyarakat tetap memilih e-commerce untuk berbelanja kebutuhan Ramadan. Vice President of Marketing Solutions Tokopedia, Edwin Chayadi mengatakan, hal ini terbukti dari adanya peningkatan jumlah product page view di Tokopedia sebesar lebih dari 50% dan peningkatan jumlah pesanan lebih dari 77%.
"Riset Tokopedia tentang tren Ramadan 2022 menunjukkan masyarakat mulai mencari dan berbelanja kebutuhan Ramadan sejak sebulan sebelumnya. Pencarian dan pembelian tertinggi terjadi pada minggu pertama hingga ketiga Ramadan, atau saat pembagian Tunjangan Hari Raya (THR)," katanya, Kamis (23/2).
Baca Juga: Antisipasi Ramadan, RI Impor Beras, Gula, Daging Hingga Bawang Putih
Fesyen, Otomotif dan Aksesoris, Makanan dan Minuman, Rumah Tangga, serta Smartphone dan Tablet menjadi beberapa kategori yang paling banyak dicari masyarakat sepanjang Ramadan 2022. Sedangkan kategori produk dengan jumlah transaksi tertinggi, antara lain Fesyen, Makanan dan Minuman, Kesehatan, Otomotif dan Aksesoris, serta Rumah Tangga. Subkategori yang juga mengalami lonjakan permintaan, meliputi Hampers dan Dekorasi, Bumbu dan Peralatan Masak, Gaming, Perlengkapan Travel dan Kecantikan.
“Metode pembayaran cashless menjadi yang paling populer untuk berbelanja kebutuhan Ramadan, baik melalui transfer antar bank, dompet digital, kartu kredit dan GoPayLater Cicil. Selain itu, lebih dari setengah pesanan selama Ramadan 2022 dikirim dengan bebas ongkir," ujarnya.
Untuk menunjang banyaknya permintaan ini, Tokopedia telah bekerja sama dengan lebih dari 14 mitra logistik dalam menghadirkan beragam pilihan pengiriman–seperti instan, same day, next day, kurir toko, reguler, ekonomi dan kargo–untuk mengakomodasi berbagai kebutuhan dan preferensi konsumen.
TopAds Tokopedia Marketing Solutions
Melihat tren konsumen di Ramadan 2022, pelaku bisnis dari berbagai skala berusaha mempersiapkan strategi pemasaran menjelang Ramadan 2023. Salah satunya dengan Tokopedia Marketing Solutions, yang merupakan solusi pemasaran menyeluruh dari Tokopedia untuk membantu pelaku bisnis di Indonesia mencapai tujuan promosi dan menghasilkan pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan.
Edwin menjelaskan, pelaku bisnis bisa memanfaatkan berbagai kanal promosi yang ditawarkan Tokopedia Marketing Solutions. Salah satunya di halaman utama Tokopedia, yaitu menggunakan banner di lokasi premium (‘Homepage Banner’), banner di lokasi strategis lainnya (‘Dynamic Channel’), permainan interaktif berhadiah (‘Tap Tap Kotak’) dan kanal video streaming (‘Tokopedia Play’).
“Sepanjang Ramadan 2022, Tokopedia melihat masyarakat menyukai promosi yang dikemas dalam bentuk hiburan. Buktinya, ada kenaikan jumlah pesanan sebesar 44,4% ketika Tap Tap Kotak tayang, dan ada juga peningkatan jumlah pesanan lewat Tokopedia Play sebesar 60,5%,” jelas Edwin.
Baca Juga: Jelang Ramadan, Satgas Pangan Pastikan Stok Bahan Pokok Aman
Dengan Tokopedia Marketing Solutions, menurutnya pelaku bisnis juga dapat melakukan promosi di halaman pencarian, misalnya dengan fitur beriklan agar produk tampil teratas di halaman pencarian (‘TopAds’), menggunakan banner yang tampil di seluruh touchpoint konsumen (‘Tokopedia Display Network’), serta menampilkan produk sebagai pencarian populer (‘Popular Search’).
Pelaku bisnis juga bisa beriklan di halaman notifikasi dan pesan (termasuk ‘Broadcast Chat’), serta memaksimalkan iklan media sosial menggunakan fitur penargetan yang lebih kaya dari Tokopedia (‘Marketing Services’).
“Solusi yang kami tawarkan juga semakin beragam dengan adanya integrasi Tokopedia dengan unit bisnis lain dalam kesatuan ekosistem GoTo. Kami akan terus berupaya membantu pelaku bisnis dari berbagai skala untuk mengakselerasi performa bisnis mereka di Tokopedia dan ekosistem GoTo demi membantu pemerataan ekonomi secara digital,” tutup Edwin.