c

Selamat

Selasa, 23 April 2024

EKONOMI

11 Mei 2021

19:19 WIB

Tiga Bulan, Lebih 50% Target KUR Kelautan dan Perikanan Tersalur

Realisasi tersebut dinikmati 50.224 debitur

Editor: Fin Harini

Tiga Bulan, Lebih 50% Target KUR Kelautan dan Perikanan Tersalur
Tiga Bulan, Lebih 50% Target KUR Kelautan dan Perikanan Tersalur
Ilustrasi. Pekerja memanen udang. ANTARAFOTO/Dok.

JAKARTA (11/5) - Belum genap satu semester, sebesar Rp1,7 triliun KUR sektor kelautan dan perikanan tersalurkan. Jumlah ini lebih dari setengah target penyaluran sepanjang tahun 2021 sebesar Rp3,3 triliun. 

Realisasi per Maret 2021ini dinikmati oleh 50.224 debitur atau para pelaku usaha seperti pembudidaya, pengolah dan pemasar hasil perikanan serta nelayan penangkap ikan. 

"Alhamdulillah, ini bentuk komitmen kami dalam memberikan dukungan dan pendampingan ke pelaku usaha untuk bertahan dan bangkit di tengah pandemi covid-19," kata Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP), Artati Widiarti, Selasa (11/5/2021) melalui siaran pers.

Artati memaparkan, KUR sektor kelautan dan perikanan banyak terserap untuk usaha budidaya dengan total 15 ribu debitur dan total pencairan mencapai Rp620,4 miliar. Selanjutnya pengolah dan pemasar hasil perikanan yang mencapai Rp578,9 miliar dengan total 19 ribu debitur. 

"Terakhir penangkapan yang menyentuh Rp367,9 miliar untuk 12 ribu debitur," sambungnya.

Dari sisi sebaran, Jawa Timur menempati posisi pertama dengan nilai sebesar Rp271,2 miliar untuk 7.935 debitur. Kemudian disusul Jawa Tengah sebesar Rp244,7 miliar untuk 7.182 debitur, Sulawesi Selatan Rp169,2 miliar untuk 4.972 debitur, dan Jawa Barat Rp168,5 miliar untuk 4.921 debitur.

"Sebanyak 72% dicairkan oleh Bank BRI, sisanya ada Mandiri, BNI, BSI dan bank lainnya," urai Artati. 

Melalui program KUR ini, Artati berharap pelaku usaha sektor kelautan dan perikanan bisa mengembangkan usahanya. Terlebih pemerintah telah menaikkan plafon KUR tanpa jaminan menjadi Rp100 juta, dari sebelumnya Rp50 juta. Pemerintah juga telah memperpanjang tambahan subsidi bunga KUR sebesar 3% selama 6 bulan sampai dengan 31 Desember 2021.

"Ke depannya, penyaluran KUR diharapkan dapat mendukung program-program prioritas KKP yang berbasis klaster, seperti kampung budidaya, kampung nelayan, dan kampung pengolahan ikan," ujarnya.

Menurutnya, sebagai salah satu bahan pangan yang dinantikan dan efektif meningkatkan imun tubuh di tengah covid-19, ikan atau produk olahan dan turunannya akan selalu diburu oleh konsumen. Karenanya, dia optimistis sektor kelautan dan perikanan bisa menjadi pemenang sekaligus pengungkit perekonomian nasional.

"Saya optimis dan mengajak para pelaku usaha, khususnya  sektor kelautan dan perikanan untuk terus bergerak membangkitkan perekonomian nasional," tutupnya.

Sebelumnya, Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono mengajak seluruh jajarannya untuk membawa semangat KKP Rebound. Menurutnya, sektor kelautan dan perikanan bisa berkontribusi lebih besar bagi perekonomian nasional tanpa mengabaikan keberlanjutan lingkungan.

Saat Rakernas di Bandung awal April lalu, Menteri Trenggono menyebut 3 program terobosan KKP pada tahun 2021 hingga tahun 2024, di antaranya peningkatan Penerimaan Negara Bukan Pajak atau PNBP, pengembangan perikanan budidaya untuk peningkatan ekspor yang didukung riset kelautan dan perikanan serta pembangunan kampung-kampung perikanan budi daya tawar, payau, dan laut berbasis kearifan lokal.


KOMENTAR

Silahkan login untuk memberikan komentarLoginatauDaftar