10 Juli 2023
14:37 WIB
JAKARTA- Tren live commerce atau penjualan produk secara daring melalui sarana penyiaran langsung (live streaming), terus bertumbuh. Memanfaatkan peluang tersebut, SIRCLO sebagai penyedia solusi omnichannel commerce di Indonesia, menghadirkan layanan live commerce, untuk memperluas jangkauan para pemilik merek.
Seperti diketahui, metode penjualan live commerce saat ini mendapatkan daya tarik yang kuat di kalangan masyarakat Indonesia melalui kemudahan akses serta beragam penawaran menarik.
Tak heran, dengan pertumbuhan yang pesat dan tingginya minat masyarakat, live commerce telah menjadi bagian integral dari lanskap belanja di Indonesia dan membuka peluang baru bagi pemilik merek untuk memperluas jangkauan pasar dan memperkuat hubungan dengan konsumen.
Gagasan tersebut didukung oleh data dari Jajak Pendapat yang menunjukkan, terdapat 83,7% masyarakat Indonesia pernah menonton live shopping.
Baca juga: Sirclo, Smesco dan Digital Hub Berkongsi Genjot Daya Saing UMKM
“Dalam misi memanfaatkan potensi pasar besar ini, SIRCLO kini menghadirkan layanan live commerce demi mendukung pemilik merek dalam mengaktivasi pemasarannya di platform TikTok Shop,” kata Danang Cahyono, CEO Enterprise Solutions SIRCLO dalam keterangannya, Senin (10/7).
Dia menjelaskan, antara sejumlah deretan marketplace yang menyediakan fitur live commerce, TikTok telah berhasil mencapai posisi yang unggul dalam kategori ini. Dengan fakta Indonesia sebagai peringkat kedua pengguna TikTok terbanyak dunia, platform ini terbukti sangat diminati oleh masyarakat Indonesia.
Hal ini tak terlepas dari hadirnya pengalaman berbelanja interaktif dan hiburan yang menyenangkan dalam satu platform sekaligus.
“Melalui layanan live commerce dari SIRCLO, pemilik merek dapat memanfaatkan TikTok Shop sebagai saluran yang efektif untuk menjalankan kampanye penjualan yang interaktif, memperluas jangkauan pasar produk dan membangun presensi yang kuat di dalam platform tersebut,” ujar Danang.

Dia menjelakan, sebagai omnichannel commerce enabler yang terintegrasi dengan TikTok Shop melalui Application Programming Interface (API), pihaknya telah membantu banyak pemilik merek dalam mengoptimasi fitur TikTok Shop.
Pengembangan layanan melalui live commerce sendiri, lanjutnya, merupakan dampak dari meningkatnya permintaan dan perubahan perilaku konsumen yang signifikan selama setahun terakhir.
“Oleh karena itu, kami tidak ingin melewatkan kesempatan untuk memudahkan pemilik merek dalam memanfaatkan peluang besar ini, guna memperluas jangkauan pasar mereka dan mencapai kesuksesan yang lebih besar,” tuturnya.
Danang mengatakan, saat ini live commerce merupakan solusi komprehensif yang menjawab berbagai tantangan yang dihadapi oleh pemilik merek, dalam meningkatkan eksistensi mereka di kanal social commerce yang berbasis video vertikal.
“Dengan demikian, pemilik merek dapat memanfaatkan serta menjadikan live commerce sebagai kanal penjualan yang sangat potensial dan efektif,” serunya.
Baca juga: Intip Empat Jurus Perkuat Strategi Bisnis Di 2023 Ala Sirclo
Pembuatan Video Singkat
Selain menyediakan layanan produksi live commerce streaming yang memungkinkan pemilik merek untuk menjual secara langsung, SIRCLO juga turut menawarkan layanan pembuatan video singkat yang dikhususkan untuk kebutuhan pemasaran pemilik merek di platform media sosial.
“Dengan memanfaatkan video singkat yang menarik minat, pemilik merek dapat menciptakan konten yang berhasil menarik perhatian konsumen dan meningkatkan minat terhadap merek mereka,” kata Danang.
Video singkat yang dioptimalkan secara khusus untuk kanal media sosial diyakini memiliki kekuatan untuk menyampaikan pesan yang padat dan efektif, memancing rasa ingin tahu konsumen, dan mendorong interaksi yang lebih besar. Melalui strategi pemasaran audiovisual, pemilik merek juga dapat memperkuat kesadaran merek, serta meningkatkan tingkat konversi penjualan.
Penggabungan antara pemahaman mendalam tentang industri ini dan pengalaman yang luas dalam menjalankan aktivitas live commerce memainkan peran penting bagi SIRCLO. Hal ini memungkinkan tim SIRCLO untuk menghasilkan wawasan yang berharga dan perspektif yang mendalam. Hal ini dapat digunakan untuk memaksimalkan performa penjualan dan mencapai tujuan pemasaran bagi pemilik merek.
“Dengan memahami secara mendalam perilaku konsumen dan tren terkini di pasar, SIRCLO dapat menjawab tantangan dengan strategi yang efektif untuk meningkatkan kinerja penjualan melalui live commerce,” ucapnya.

SIRCLO Studio sendiri berlokasi di Taman Tekno, Tangerang Selatan. SIRCLO Studio, kata Danang, merupakan fasilitas inovatif yang dapat membantu pemilik merek dalam produksi live commerce streaming dan video singkat.
Saat ini, terdapat 8 mini studio yang dikhususkan untuk streaming dan 1 studio kolaboratif yang dapat digunakan dengan pengaturan yang lebih fleksibel, bahkan dapat diubah menjadi tata ruang yang lebih kompleks.
“Kami akan terus mengoptimalkan kapabilitas tenaga kerja yang kami miliki dan memperluas jumlah studio sebagai sarana produksi streaming demi meningkatkan performa bisnis pemilik merek,” ucapnya.
Menurutnya, setelah beroperasi selama kurang lebih satu tahun, layanan live commerce SIRCLO berhasil bekerja sama dengan lebih dari 50 pemilik merek terkemuka di Indonesia. Salah satu kolaborasi yang signifikan adalah dengan merek Philips. Perusahaan multinasional ini mempercayakan SIRCLO untuk mengelola fitur live commerce untuk memasarkan produknya, yakni Philips E-store dan Philips Avent.
Sejauh ini Philips mengalami pertumbuhan massif secara konsisten dalam menjalankan live commerce streaming bersama SIRCLO. Di antaranya peningkatan traffic rata-rata per bulan hingga 6x untuk Philips Avent dan 30x bagi Philips E- store. Adapun 80% dari pengikut baru akun Philips Avent dan Philips E-store diperoleh secara organik melalui sesi live commerce.
“Kami memahami tantangan masyarakat saat ini, di mana mereka harus menyeimbangkan antara kesibukan diri dan keluarga serta lingkungan sosialnya. Kami senang dapat bekerja sama dengan mitra-mitra kami seperti SIRCLO untuk dapat memenuhi kebutuhan konsumen - baik melalui produk ataupun strategi pemasaran dan penjualan,” ujar Dion Purna Satwika Amudra, Country Consumer Marketing Manager, Philips Personal Health,
Salah satu strategi pemasaran yang diimplementasikan oleh Philips adalah dengan mengombinasikan sesi live commerce streaming yang intensif serta program flash sale untuk periode terbatas, sukses meningkatkan performa penjualan hingga dua kali lipat setiap bulannya.
Keberhasilan kolaborasi dan strategi live commerce yang diimplementasikan oleh SIRCLO, ungkapnya, menjadi wujud komitmennya untuk mendukung pemilik merek, seperti Philips, dalam mencapai hasil yang memuaskan dan meningkatkan performa penjualan merek.
“Dengan mengembangkan layanan live commerce ini, kami bertekad untuk menciptakan nilai tambah bagi pemilik merek yang kami layani sehingga mampu mendukung mereka dalam mencapai kesuksesan,” tandas Danang.