14 Februari 2024
20:40 WIB
Penulis: Yoseph Krishna
JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) membuka penjualan tiket kereta api pada periode angkutan Lebaran 2024 mulai tanggal 15 Februari 2024 atau H-45 untuk keberangkatan 31 Maret 2024 atau H-10 Lebaran.
VP Public Relations KAI Joni Martinus menjelaskan tiket kereta api untuk Hari Raya Idul Fitri dapat dibeli melalui aplikasi Access by KAI, website kai.id, dan seluruh channel resmi pemesanan tiket KA lainnya.
Melalui keterangan tertulis, Joni mengingatkan agar pelanggan teliti dalam menginput tanggal keberangkatan ataupun rute yang akan ditempuh untuk perjalanan mudik Lebaran 2024.
"Termasuk memasukkan data diri pada saat melakukan pemesanan. Rencanakan perjalanan sebaik mungkin termasuk estimasi waktu perjalanan menuju ke stasiun agar tidak tertinggal keretanya," kata dia, Rabu (14/2).
Pada mudik Lebaran tahun ini, KAI berkomitmen meningkatkan pelayanan kepada penumpang, salah satunya dengan menerapkan sistem antrean saat pembelian tiket kereta api jarak jauh.
Sistem antrean ini diberlakukan pada aplikasi Access by KAI dan web kai.id supaya calon penumpang mendapatkan kepastian layanan, khususnya pada saat-saat peak season seperti musim Lebaran atau Natal dan Tahun Baru.
Pasalnya ketika peak season, biasanya terjadi kepadatan pemesanan tiket. Sehingga nantinya calon penumpang akan diarahkan kepada sistem antrean yang akan memberitahukan perkiraan waktu tunggu.
"Calon penumpang disarankan untuk tidak menutup window tersebut agar tetap terhubung dengan sistem. Selanjutnya pada saat gilirannya, calon penumpang akan diarahkan untuk masuk ke dalam sistem pemesanan dan dapat melakukan pembelian tiket seperti biasa," ujar Joni.
Dia menambahkan, Sistem antrean penjualan tiket KA melalui aplikasi Access by KAI dan situs kai.id tersebut sejatinya sudah mulai diberlakukan per 1 Februari 2024 lalu.
"KAI berkomitmen untuk terus meningkatkan layanan kepada pelanggan dengan memanfaatkan teknologi terkini dan menjaga tingkat keamanan data serta informasi," tambah Joni.
Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut terkait penjualan tiket pada periode Angkutan Lebaran, Joni mengatakan masyarakat bisa menghubungi Customer Service di stasiun atau Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email cs@kai.id, atau media sosial KAI121.
“KAI siap melayani pelanggan sebaik mungkin pada periode Lebaran 2024 melalui perjalanan kereta api yang selamat, aman, dan nyaman,” tandasnya.