25 Oktober 2021
17:14 WIB
Penulis: Yoseph Krishna
Editor: Fin Harini
JAKARTA – SHAREit berhasil menduduki peringkat ketiga sebagai aplikasi dengan tingkat retensi serta volume in-app purchase (IAP) tertinggi pada platform android untuk kategori keuangan dan e-commerce.
SHAREit Group menyebutkan capaian itu dipublikasikan oleh perusahaan atribusi global, AppsFlyer melalui Laporan Indeks Kinerja edisi 13 yang menghimpun data dari 623 media publishers, 33 miliar app installs, 17.000 aplikasi, serta 55 miliar pembukaan aplikasi secara global.
Posisi tiga besar yang diraih aplikasi SHAREit juga menyorot peran aplikasi itu yang turut meningkat sebagai platform pilihan marketer seluler yang ingin mendorong kualitas dari para pengguna. Catatan tersebut juga tak luput dari ratusan pelanggan dari aplikasi kategori keuangan dan e-commerce yang menjadi kunci pertumbuhan strategis SHAREit.
Partner dan Global Vice President SHAREit Group Karam Malhotra menjelaskan sepanjang tahun ini, pembelian dalam aplikasi (IAP) mengalami peningkatan, khususnya di kawasan Asia Tenggara karena konsumen banyak beralih untuk berbelanja online.
Merujuk laporan AppsFlyer terkait Pemasaran Aplikasi E-Commerce Tahun 2021, Karam mengatakan pertumbuhan IAP di kawasan Asia Tenggara telah mengalami peningkatan pembelanjaan sekitar 240%.
"Perbankan seluler dan pembayaran nirsentuh telah muncul sebagai tren utama di Asia Tenggara dan kami antusias mengkatalisis pertumbuhan ini. Hal ini telah menjadi strategi bisnis kami yang sejalan dengan tujuan untuk menjadi pusat periklanan berbagai merek," sebutnya dalam keterangan resmi di Jakarta, Senin (25/10).
Sementara untuk tingkat global, aplikasi SHAREit mampu menduduki peringkat keempat atau membuntuti Google, Facebook, dan TikTok sebagai platform periklanan berbasis aplikasi dalam peringkat volume indeks IAP pada semua kategori non-gim.
Raihan itu tak lepas dari langkah aplikasi SHAREit yang sebelumnya telah memperluas pengaruh ke pasar selain ASEAN. Hal tersebut terlihat dengan pertumbuhan yang tercepat di Amerika Utara dan tercepat kedua di Amerika Latin setelah aplikasi TikTok.
"Kami tentu senang dinobatkan sebagai media publisher terkemuka untuk berbagai merek di kategori keuangan dan e-commerce sehingga ke depannya, kami berharap bisa membantu lebih banyak bisnis untuk berkembang dan tumbuh bersama," sambung Karam.
Karam menambahkan, SHAREit pun telah memantapkan posisi sebagai platform konten digital satu atap yang menyediakan layanan gim dan konsumsi konten kepada para pengguna. Aplikasi tersebut punya fitur permainan yang terdedikasi dan menawarkan gim berbasis HTML5, video gim, hingga opsi pengunduhan gim populer.
"Dengan ketersediaan gim di semua genre, SHAREit memiliki salah satu katalog gim seluler terbesar dari pengembang di seluruh dunia," kata dia.
Momentum kenaikan performa SHAREit itu terus berlanjut dalam kategori gim dengan menduduki peringkat delapan secara global, serta kategori khusus gim mid-core dan casual menjadi peringkat 10 besar pada semua kategori, termasuk arcade, puzzle, simulasi, serta gim hypercasual.
Sebagai informasi, fitur utama aplikasi SHAREit ialah berbagi file secara peer to peer. Fitur ini memungkinkan para pengguna saling berbagi video, aplikasi, gambar, dan file lain dengan perangkat lain tanpa menggunakan sambungan internet atau koneksi bluetooth.