Selamat

Kamis, 20 Januari 2022

EKONOMI | Validnews.id

EKONOMI

26 November 2021

20:01 WIB

Sepeda Motor Listrik, Jalan Tepat Buka Pasar Elektrifikasi

Potensi pasar besar bisa diraih oleh para produsen motor listrik, untuk bersaing dengan sepada motor berbahan bakar minyak

Editor: Faisal Rachman

Sepeda Motor Listrik, Jalan Tepat Buka Pasar Elektrifikasi
Pekerja merakit sepeda motor listrik Gesits di pabrik PT Wika Industri Manufaktur (WIMA), Cileungsi, Bogor, Jawa Barat, Rabu (27/10). Antara Foto/Aditya Pradana Putra

JAKARTA – Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menilai, sepeda motor listrik bisa menjadi jalan untuk membuka pasar elektrifikasi di Indonesia. Berkaca dari data ASEAN Automotive Federation (AAF) Indonesia masih memegang peringkat pertama dalam hal penjualan sepeda motor di kawasan Asia Tenggara.

"Salah satu pasar terbesar adalah pasar sepeda motor. Jadi untuk membuka pasar EV, bisa dimulai dengan mengenalkan motor listrik, baru bisa masif menjangkau pasar mobil listrik,” kata Sekretaris Umum Gaikindo Kukuh Kumara di Jakarta, Jumat (26/11) seperti dilansir Antara. 

Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), sepanjang 2021 saja Indonesia telah berhasil menjual 3,7 juta motor di dalam negeri. Angka tersebut menunjukkan potensi pasar besar bisa diraih oleh para produsen motor listrik untuk bersaing dengan sepada motor berbahan bakar minyak.

Meski begitu, ada hal yang perlu diperhatikan untuk membuka pasar kendaraan listrik. Salah satunya adalah kesiapan komponen yang memadai.

Hal itu patut menjadi perhatian sehingga ketika produk kendaraan listrik baik dalam bentuk kendaraan roda dua atau pun kendaraan roda empat yang sudah dipasarkan, industri dapat terus mendukung pertumbuhan itu di Indonesia.

“Komponen itu harus dipastikan cukup dulu, baru setelah itu cukup industri bisa mendorong pertumbuhannya, baik itu untuk kendaraan listrik roda dua dan roda empat,” ujar Kukuh.

Indonesia saat ini tengah menyiapkan banyak hal, untuk menyongsong era kendaraan rendah emisi dan ramah lingkungan seperti kendaraan listrik. Dimulai dari digodoknya regulasi dan pemberian insentif untuk perusahaan yang bergerak di bidang pembuatan baterai untuk kendaraan listrik, seperti Peraturan Presiden nomor 55 tahun 2019.

Selain itu, pemerintah juga telah menyiapkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di beberapa kota yang terlihat memiliki pertumbuhan pengguna kendaraan listrik. Tentunya hal itu sejalan dengan visi Indonesia untuk bisa memperbaiki situasi iklim yang ekstrem, dengan target dapat mengurangi emisi gas karbon pada 2030.

Antusiasme Publik
Antusiasme publik terhadap sepada motor listrik sendiri memang terus meningkat. Hal ini setidaknya terlihat dari keingintahuan publik soal sepeda motor listrik di gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021. Pada hajatan ini, pengunjung banyak yang tertarik untuk merasakan kendaraan berbasis listrik di area test drive di Loading Dock Hall 8.

Dalam kesempatan tersebut, berbagai motor listrik bisa diuji coba oleh pengunjung yang sudah disediakan oleh KOSMIK atau Komunitas Sepeda Motor Listrik. Di antaranya adalah sepeda motor listrik Paladin, Atom Alpha, Largo, Eike, E-Mastro, dan Katalis.

Sebelumnya, PT Solar Panel Indonesia, sebagai salah satu produsen kendaraan listrik merek Gelis (Gerobak Listrik), menyatakan dukungannya atas upaya pemerintah dalam mempercepat ekosistem kendaraan listrik, sebagai salah satu upaya dalam penurunan emisi karbon (dekarbonisasi).

Dukungan tersebut antara lain ditunjukkan melalui keikutsertaan dalam pameran kendaraan listrik Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2021 yang diinisiasi oleh Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) di kantor Kawasan Puspitek, Serpong, Tangerang Selatan, Banten pada 24–26 November 2021.
 
Sany Yoedo, Deputy Marketing Director PT Solar Panel Indonesia di Jakarta, Kamis (26/11) mengatakan, pameran IEMS 2021 menjadi ajang untuk sosialisasi kepada publik tentang berbagai keuntungan dari kendaraan listrik.
 
Menurutnya, kendaraan listrik efektif untuk menurunkan emisi karbon. Selain itu, lanjutnya, kendaraan listrik juga memiliki biaya operasional lebih rendah dibandingkan dengan kendaraan konvensional (internal combustion engine/ICE).


Sany menegaskan, pihaknya ingin membantu dan mendukung pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) agar kembali bangkit dari pandemi Covid-19. Sebagai kendaraan listrik roda tiga, Gelis (gerobak listrik) diklaim cocok untuk UMKM.
 
"Kami tergerak untuk membantu pelaku UMKM dengan cara menghadirkan Gelis yang didesain secara khusus untuk dapat dijadikan kendaraan listrik niaga yang efisien dan ideal untuk pelaku UMKM. Setidaknya ada harapan, motor listrik Gelis ini dapat memberikan kontribusi pada UMKM dalam melakukan recovery di masa pandemi," ujar Sany dalam keterangan tertulis.
 
Tak hanya soal desain, menurutnya, benefit itu terletak dari penggunaan biaya bahan bakar yang lebih efisien. "Dengan menggunakan produk kami, biaya operasional dapat ditekan hingga 75% dibandingkan dengan kendaraan yang menggunakan bahan bakar konvensional (BBM). Selain itu, tentu saja kami juga menawarkan after service dan garansi," cetusnya.
 
Gelis diklaim sebagai gerobak bertenaga listrik pertama di Indonesia. Secara keseluruhan ada delapan model utama dari Gelis, termasuk produk terbaru "All New Gelis" varian kargo dan pickup. Produk Gelis dibanderol dengan harga mulai Rp20 juta hingga Rp50 juta.
 
Solar Panel sendiri telah membangun pabrik di wilayah Cikeas, Jawa Barat pada 2020 dengan kapasitas produksi mencapai 2.000 unit per tahun. Hal ini untuk mendukung ekspansi ke seluruh wilayah Indonesia. Perusahaan juga memiliki 12 dealer yang tersebar di wilayah Indonesia seperti di Jakarta, Bandung, Surabaya, Malang, Yogyakarta, Batam, sampai di Pulau Bali.
 
Di pameran IEMS 2021, Gelis menghadirkan 5 unit kendaraan elektrifikasi andalan mereka. Kelimanya adalah All New Gelis Cargo warna biru, Gelis 300 pickup warna merah, 2 unit Gelis Mini Jeep warna kuning dan hijau, dan Alll New Gelis Pickup warna putih untuk test ride.
 
 




KOMENTAR | Validnews.id

KOMENTAR

Silahkan login untuk memberikan komentar Login atau Daftar





TERPOPULER | Validnews.id

TERPOPULER