c

Selamat

Sabtu, 15 November 2025

EKONOMI

06 Agustus 2025

20:27 WIB

Sambut HUT RI, Tiga Promo dan Diskon Belanja Besar-Besaran Menanti

Kementerian Perdagangan (Kemendag) membeberkan tiga promo dan diskon belanja hingga diskon 80% dalam rangka memperingati HUT RI ke-80.

Penulis: Erlinda Puspita

<p id="isPasted">Sambut HUT RI, Tiga Promo dan Diskon Belanja Besar-Besaran Menanti</p>
<p id="isPasted">Sambut HUT RI, Tiga Promo dan Diskon Belanja Besar-Besaran Menanti</p>

Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Dyah Roro Esti Widya Putri usai Konferensi Pers Indonesia Shopping Festival (ISF) 2025 di Kantor Kementerian Perdagangan, Rabu (6/8). ValidNewsID/Erlinda PW

JAKARTA - Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Dyah Roro Esti Widya Putri beberkan tiga program diskon dan promo belanja dalam rangka memperingati HUT RI ke-80 Tahun. Ketiga program diskon dan promo ini sebagai dukungan pihak swasta untuk menggenjot daya beli masyarakat, agar tingkat konsumsi rumah tangga tetap tinggi.

Roro menuturkan, di tengah momen perayaaan HUT RI ke-80, masyarakat sebagai konsumen yang berkontribusi besar terhadap PDB perlu mendapatkan hadiah, salah satunya dengan kehadiran berbagai program diskon dan promo belanja.

"Ini merupakan salah satu hadiah untuk kemudian memeriahkan hari kemerdekaan Indonesia kita, dengan harapan bahwa nanti ada peningkatan dari konsumen khususnya sektor retail dan sebagainya. Harapannya juga mampu untuk meningkatkan daya beli masyarakat secara keseluruhan," tutur Roro dalam Konferensi Pers Indonesia Shopping Festival (ISF) 2025 di Kantor Kementerian Perdagangan, Rabu (6/8).

Baca Juga: Kuartal II/2025, Konsumsi Rumah Tangga Tumbuh 4,97%

Dia menyebut, konsumsi rumah tangga saat ini merupakan penggerak utama pertumbuhan ekonomi nasional, yakni dengan menyumbang sekitar 54% terhadap PDB. Oleh karena itu, berbagai program dikucurkan baik oleh pemerintah maupun swasta.

Adapun ketiga program promo dan diskon belanja tersebut antara lain, pertama adalah Indonesia Shopping Festival (ISF) 2025 yang diselenggarakan oleh Asosiasi Pengusaha Pusat Belanja Indonesia (APPBI) selama 14 hingga 24 Agustus 2025, dengan target transaksi mencapai Rp23,32 triliun.

Kedua, menurut Roro, yaitu Belanja di Indonesia Aja Happy Birthday Indonesia (BINA HBD Indonesia) yang digelar oleh Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (HIPPINDO). Program promo dan diskon ini akan berlangsung pada 15 hingga 31 Agustus 2025 dengan target transaksi senilai Rp30 triliun di seluruh Indonesia.

"Program ini memeriahkan Hari Ritel Modern Indonesia (Harmoni), jadi ini sebuah momentum juga dan harapannya bisa memeriahkan hari tersebut," ucap Roro.

Kemudian untuk program ketiga adalah Merdeka Madness yang berlangsung di retail-retail anggota Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo). Promo ini akan berlangsung dari tanggal 1 sampai 31 Agustus 2025 dengan target transaksi Rp44 triliun.

Low Season
Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Alphonzus Widjaja menyampaikan, berbagai program promo dan diskon belanja ini selain mendorong konsumsi masyarakat, juga diklaim mampu meningkatkan penjualan produk UMKM yang saat ini berada di low season, atau tidak di musim atau momen yang mendorong peningkatan penjualan dan pariwisata.

Menurutnya, saat ini Indonesia tengah mengalami low season, karena Ramadan dan Idulfitri yang biasanya menjadi high season atau transaksi dan pariwisata mengalami fase yang tinggi, terjadi di awal tahun. Sementara high season atau peak season berikutnya baru akan terjadi di akhir tahun karena menjelang Natal dan Tahun Baru.

"Jadi tujuan kedua adalah supaya kita tidak terlalu merasakan low season. Tujuan acara-acara seperti ini khususnya promo belanja, dimaksudkan juga untuk memperpendek low season tadi," kata Alphonzus dalam kesempatan yang sama.

Baca Juga: PCO: Konsumsi Rumah Tangga Dukung Ekonomi Kuartal II, Meski Belum Pulih

Alasan lain digelarnya promo-promo ini menurut dia karena, mayoritas pusat perbelanjaan di Indonesia menyasar kelas menengah yang jumlahnya mencapai 60%. Sedangkan 5% adalah kelas atas, dan 35% sisanya kelas bawah. Sehingga gelaran promo dan diskon untuk penjualan offline ini mampu mendorong kelas menengah untuk semakin banyak berbelanja.

Khusus untuk Indonesia Shopping Festival (ISF) 2025, Alphonzus menyebut nantinya akan ada diskon spesial hingga 80% di 400 pusat perbelanjaan seluruh Indonesia. Dalam program tersebut, akan ada Big Shop Big Win yang merupakan undian belanja dengan hadiah menarik seperti mobil EV Vinfast, Iphone 16, hingga jutaan voucher MAP.

Mekanisme untuk memperoleh voucher undian tersebut adalah, pembeli hanya perlu registrasi ke customer service di mal seluruh Indonesia dan menunjukkan struk belanja pada tanggal yang sama di mal partisipasi, minimal Rp100.000 untuk mendapatkan 1 nomor undian. Kemudian pembeli atau pengunjung mal akan memperoleh nomor undian melalui email secara otomatis dengan periode belanja dari 1 hingga 24 Agustus 2025.


KOMENTAR

Silahkan login untuk memberikan komentarLoginatauDaftar