Selamat

Senin, 25 Oktober 2021

14 Oktober 2021|10:00 WIB

Profit Pertamina International Shipping Capai 132% (yoy)

Subholding Integrated Marine Logistics Pertamina ini mengubah pola bisnis menjadi profit center

Penulis: Zsasya Senorita,

Editor: Faisal Rachman

ImagePertamina (istimewa/Antaranews)

JAKARTA Subholding Integrated Marine Logistics (SH IML) Pertamina yakni Pertamina International Shipping (PIS), per Agustus 2021, mencatatkan kinerja positif dengan capaian profit 132%. Komisaris Utama PIS, A. Junaedy Ganie mengklaim, kinerja keuangan turut membaik seiring kinerja operasional yang semakin baik.

Diinformasikan bahwa kinerja operasional angkutan laut pihak ketiga mencapai 174% dengan persentase operational cost saving sebesar 2,84% per tahun dan persentase vessel utilization 100%.  

Saat ini, armada PIS telah memiliki 11 rute worldwide dari 8 rute pada tahun sebelumnya dan terdapat peningkatan revenue sebesar 116% terhadap revenue 2020, serta memperluas pasar internasional dengan charter out sebesar US$20 Juta.

Hal tersebut dipaparkan pada Town Hall Meeting (THM) yang diikuti oleh seluruh perwira SH IML secara hybrid, awal Oktober 2021.

“Town Hall Meeting ini merupakan langkah awal perusahaan untuk sama-sama menyatukan pemikiran, cara pandang, dan langkah bersama bahwa saat ini PIS sudah bergerak menjadi perusahaan yang mencari profit melalui perluasan bisnis. Sekaligus membuka peluang bagi seluruh fungsi untuk berkontribusi menciptakan peluang bisnis di sektor shipping, marine & logistics,” ucap Junaedy dalam keterangan resmi yang diberikan pada Rabu (13/10).

Sebelumnya, pada tahun buku 2020, PIS mencatatkan laba US$98,83 juta yang dipengaruhi naiknya pendapatan usaha sekitar 121%,  menjadi US$598,86 juta dari US$493,97 juta pada 2019.

Kondisi tersebut membuat laba tahun berjalan juga ikut melonjak 126% dari US$66,58 juta pada 2019 menjadi US$83,7 juta tahun lalu. 

Direktur Utama PIS, Erry Widiastono berharap, PIS dapat menjadi perusahaan yang terus tumbuh, baik dari segi kinerja dan perluasan bisnis, kualitas layanan yang diberikan kepada pelanggan, serta peningkatan profit perusahaan.

Mengusung tema, Shift Our Mindset Towards Integrated Marine Logistics Company, THM bertujuan mengubah pola pikir, cara pandang, dan budaya seluruh perwira dari awalnya berorientasi pada cost center  menjadi profit center. Seiring transformasi perusahaan menjadi Subholding Integrated Marine Logistics.

“Saat ini saya mendorong kepada seluruh perwira untuk merubah cara berpikir kita, cara kerja kita untuk berorientasi pada profit, kepada seluruh perwira SH IML untuk menjadi seorang marketer, dimana semua bisa mencari market dan peluang bisnis,” tegas Erry.

Perlu diketahui, saat ini PIS telah menjalani proses transformasi dalam rangka mengakselerasi bisnis dan mengembangkan usahanya sebagai perusahaan provider sektor bisnis Shipping, Marine & Logistics. Tujuannya, menghasilkan profit bagi perusahaan.

Guna mendukung hal tersebut, PIS telah mengelola 6 terminal strategis dan mengambil alih saham Peteka Karya Tirta (PKT).

Pada kegiatan THM tersebut, PIS juga merilis website resmi www.pertamina-pis.com sebagai langkah mendukung PIS Go Digital. Perusahaan berupaya membangun citra perusahaan melalui platform media digital, salah satunya website perusahaan.

Hal tersebut bagian dari upaya PIS membangun reputasi perusahaan dan kepercayaan pemangku kepentingan melalui pemenuhan kebutuhan informasi. Serta dalam rangka mendukung PIS untuk selalu produktif dan efisien dalam menorehkan capaian kinerja perusahaan sebagai penyampaian informasi kepada publik.

Login atau Register untuk komentar.

ARTIKEL LAINNYA

TERPOPULER