c

Selamat

Minggu, 19 Mei 2024

EKONOMI

04 Maret 2023

09:30 WIB

Profil Depo Pertamina Plumpang yang Terbakar, Pasok 20% BBM Nasional

Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Plumpang milik PT Pertamina (Persero) yang beroperasi sejak 1974 terbakar. Diketahui, Depo Pertamina Plumpang memasok 20% BBM nasional harian.

Editor: Rheza Alfian

Profil Depo Pertamina Plumpang yang Terbakar, Pasok 20% BBM Nasional
Profil Depo Pertamina Plumpang yang Terbakar, Pasok 20% BBM Nasional
Mobil tangki Pertamina. Pertamina/Dok

JAKARTA – Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Plumpang milik PT Pertamina (Persero) terbakar pada Jumat (3/3) malam. Akibat kebakaran tersebut sejumlah tangki dan perumahan warga ikut terbakar.

Dalam publikasi Global Tank Storage, TBBM Plumpang dinilai sebagai terminal BBM terpenting di Indonesia, karena Plumpang menyuplai sekitar 20% kebutuhan BBM harian di Indonesia, atau ke sekitar 25% dari total kebutuhan SPBU Pertamina.

Adapun thruput BBM rata-rata sebesar 16.504 kiloliter per hari dan wilayah distribusi utamanya meliputi Jabodetabek.

Penerimaan BBM di TBBM Plumpang berasal dari Terminal BBM Balongan melalui sarana perpipaan (pipeline) dan melalui dermaga atau jetty yang berada Terminal BBM Tanjung Priok.

Baca Juga: Kebakaran Depo Plumpang Jadi PR Besar Pertamina

Beroperasi mulai tahun 1974, Terminal BBM Plumpang memiliki kapasitas tangki timbun sebesar 291.889 Kiloliter. 

Saat ini Terminal BBM Plumpang menyalurkan produk dengan varian yang sangat lengkap yaitu Premium, Bio Solar, Dex, Dexlite, Pertamax, Pertalite dan Pertamax Turbo, melalui Terminal Automation System (TAS) berkelas dunia yang biasa disebut New Gantry System ke kompartemen 249 unit mobil tangki.

TBBM ini melayani sekitar 791 SPBU, memiliki 24 tangki penimbunan dengan rincian:

- 7 tangki untuk jenis Premium (kapasitas total 117.385 KL);
- 5 tangki untuk jenis Solar (kapasitas total 68.641 KL);
- 7 tangki untuk jenis Pertamax (kapasitas 93.078 KL);
- 2 tangki untuk jenis Pertamax Turbo (kapasitas 11.106 KL);
- 1 tangki Pertamina Dex (kapasitas 9.461 KL);
- 2 tangki untuk jenis FAME (kapasitas 21.563 KL)

Keunggulan tersebut ditambah dengan implementasi Pertamina Operation & Service Excellent (POSE) yang dilakukan secara konsisten serta program continuous improvement menjadikan operasi Terminal BBM Plumpang terbilang cukup efisien.

Tahun 2018 TBBM Plumpang mulai mengoperasikan Vapour Recovery System yang dikoneksikan ke jalur pengisian mobil tangki dan tangki timbun. 

Berdasarkan pengujian untuk sementara saat itu, capaian vapour gasoline yang dapat di-recovery menjadi cairan Premium adalah sebanyak 0,10%.

Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati menjamin pasokan BBM tetap aman dengan backup supply dari terminal terdekat, yaitu Terminal BBM Tanjung Gerem, Terminal BBM Cikampek, dan Terminal BBM Ujung Berung.

"Pasokan BBM juga diamankan melalui dukungan dari Kilang Cilacap dan Balongan yang disalurkan lewat laut ke Terminal BBM Tanjung Priok," ucapnya dalam keterangan resmi, Jumat (4/3).

Baca Juga: Fakta Seputar Mobil Tangki Pertamina

Nicke menjelaskan pihaknya segera melakukan evaluasi menyeluruh agar insiden kebakaran fasilitas bahan bakar minyak milik perseroan tak lagi terulang.

Pertamina sendiri ia sebut telah membentuk tim gabungan dengan anak usahanya PT Pertamina Patra Niaga dan fungsi terkait untuk melakukan investigasi penyebab terjadinya insiden kebakaran di Depo Plumpang, Jakarta Utara.

"Kami turut prihatin dan akan memberikan penanganan yang terbaik bagi masyarakat terdampak," kata Nicke.

Kebakaran Depo Pertamina Plumpang pada Jumat (3/3) bukan kali yang pertama. Kebakaran pertama Depo Pertamina di Plumpang juga pernah terjadi pada Minggu 18 Januari 2009.  

Sabet Penghargaan
Depo Pertamina Plumpang juga masuk dalam daftar nominasi 7th Most Efficient Storage Terminal pada Global Tank Storage Award 2018.

Selain TBBM Plumpang, terminal lain yang masuk dalam kategori ini di antaranya adalah Saudi Aramco Terminals, Vesta Terminal Antwerp (Belgium), dan IL&FS Prime Terminals (UAE).

Global Tank Storage Awards adalah ajang prestisius di industri Unit Penyimpanan (Storage and Terminal), terutama terkait keandalan unit penyimpanan, inovasi peralatan, serta parameter lain.


KOMENTAR

Silahkan login untuk memberikan komentarLoginatauDaftar