18 Maret 2024
09:13 WIB
Editor: Fin Harini
TANGERANG – Produk enam UMKM Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Banten berhasil masuk ke Uniqlo Living World Alam Sutera Serpong yang berada di ruang khusus bernama "Tangerang Selatan Neighborhood".
Wakil Wali Kota Pilar Saga Ichsan di Tangerang, Minggu (17/3), mengatakan keenam UMKM itu adalah res studio, Rumah Batik Setu, Dream Avenue Jewellry, Klloso, Renata Ecofashion, dan Jolly Craft.
Produk UMKM tersebut terpilih dari puluhan pengrajin dan pelaku UMKM binaan Dekranasda Kota Tangerang Selatan melalui proses berbagai tahapan dan kelayakan.
"Itu sudah dikurasi dari beberapa puluh pengrajin atau pelaku UMKM binaan Dekranasda Kota Tangsel," kata Wakil Wali Kota Pilar, dikutip dari Antara.
Baca Juga: Rayakan Ultah Ke-10, UNIQLO Gandeng 3 Brand Lokal
Dia menuturkan, ruang khusus bernama Tangerang Selatan Neighborhood akan memudahkan pembeli mengetahui jika produk tersebut adalah karya dari UMKM Tangerang Selatan.
"Kolaborasi ini harus dimanfaatkan semaksimal mungkin, agar semakin banyak masyarakat yang mengetahui produk-produk unggulan UMKM di Tangerang Selatan," ujarnya.
Dia juga mengatakan, dengan adanya kerja sama ini maka memberikan peluang bagi seluruh pelaku UMKM di Tangsel untuk terus meningkatkan kualitas produknya.
Pemerintah Kota bersama Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Tangerang Selatan, lanjutnya, akan terus melakukan optimalisasi pengembangan UMKM maupun UKM agar bisa terus berkembang dan naik kelas.
"Pemerintah terus memberikan ruang yang seluas-luasnya bagi masyarakat agar produk tersebut bisa naik kelas, dan ini yang kedua setelah tahun lalu di Uniqlo Bxchange Mall," pungkas Pilar Saga.
Sebagai informasi, Uniqlo Indonesia memiliki program Kolaborasi Uniqlo Neighborhood yang merangkul para pelaku UKM lokal di Indonesia untuk memasarkan produknya hingga ke pasar global.
Irma Yunita, Corporate Affairs Director PT Fast Retailing Indonesia (Uniqlo Indonesia) beberapa waktu lalu menyebutkan program tersebut merupakan perwujudan pilar utama sustainability, yaitu People, Planet dan Society.
Perwujudan pilar tersebut di antaranya untuk terus berupaya berperan aktif dan secara nyata berkontribusi terhadap kesejahteraan masyarakat di Indonesia dengan merangkul kearifan lokal, membangkitkan perekonomian ritel di Indonesia dan mendorong pertumbuhan ekonomi di wilayah sekitar lokasi usaha melalui program Kolaborasi Uniqlo Neighborhood.
Baca Juga: Gerai Ke-64 UNIQLO Usung Konsep Neighborhood Store
Program yang diluncurkan pada tahun 2019 itu merupakan sebuah instalasi di area toko-toko Uniqlo Indonesia yang menampilkan beberapa produk dan informasi dari UKM lokal yang telah terpilih melalui proses kurasi. Dalam program ini, Uniqlo bekerja sama dengan Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan serta Dewan Kerajinan Nasional Daerah untuk menemukan produk UKM yang menjadi ciri khas di daerah masing-masing.
Program Kolaborasi Uniqlo Neighborhood menjadi wujud dukungan Uniqlo Indonesia terhadap pelaku bisnis lokal untuk dapat terus berkembang semakin baik lagi melalui berbagai cara di antaranya dengan membantu mempromosikan produk-produk lokal dengan cakupan yang lebih luas serta kolaborasi dengan para pelaku UKM.
Di samping itu, UNIQLO juga secara berkelanjutan memberikan pelatihan bagi para UKM guna meningkatkan daya saing UKM dalam memasarkan produknya.