c

Selamat

Senin, 17 November 2025

EKONOMI

05 Desember 2024

14:28 WIB

Potensi Masih Besar, SIRCLO Tambah Kapasitas Pusat Live Streaming Tiga Kali Lipat

Riset Google, Temasek, dan Bain & Company memproyeksikan e-commerce tumbuh 11% (US$ 65 miliar) pada 2024, didukung tren video commerce termasuk live streaming

<p>Potensi Masih Besar, SIRCLO Tambah Kapasitas Pusat Live Streaming Tiga Kali Lipat</p>
<p>Potensi Masih Besar, SIRCLO Tambah Kapasitas Pusat Live Streaming Tiga Kali Lipat</p>

SIRCLO, Startup penyedia layanan omnichannel asal Indonesia memperluas pusat live streaming terbaru di kawasan BSD City, Tangerang, menjadi tiga kali lebih besar dari sebelumnya. dok.Sirclo

JAKARTA - SIRCLO, Startup penyedia layanan omnichannel asal Indonesia memperluas pusat live streaming terbaru di kawasan BSD City, Tangerang, menjadi tiga kali lebih besar dari sebelumnya. Ekspansi strategis ini merupakan wujud optimisme SIRCLO terhadap potensi kanal live commerce yang didukung oleh peningkatan penjualan, serta minat konsumen yang semakin tinggi untuk berbelanja saat live streaming berlangsung.

Gagasan ini selaras dengan hasil survei GoodStats yang menunjukkan, 48,7% konsumen berbelanja beberapa kali sebulan melalui live streaming. Kemudian, 22,7% melakukannya beberapa kali seminggu.

Danang Cahyono, Chief Operating Officer SIRCLO mengungkapkan, selama Semester Satu 2024, pihaknya mencatat peningkatan jumlah order yang konsisten dari bulan-ke-bulan sebesar 8% melalui kanal live commerce.

“Kanal ini memiliki ruang untuk bertumbuh secara eksponensial sehingga perlu ditunjang oleh fasilitas dan tenaga ahli yang unggul. Pusat live streaming SIRCLO StreamLab dibuka guna memperluas penetrasi brand di kanal live commerce secara lebih strategis, sekaligus menjangkau konsumen baru dengan semakin optimal,” tuturnya.

Jika kita mengupas popularitas live streaming dan dampaknya pada e-commerce Indonesia, bisa ditengok, pada tahun 2016, Taobao Live Alibaba yang berasal dari China menandai babak baru kanal penjualan melalui live streaming. Tren berbelanja ini kian populer saat pandemi, di mana audiens menonton influencers menampilkan produk dan diskon khusus saat live streaming.

Secara instan, audiens tertarik membeli produk dan habis dalam hitungan menit.  Sejak saat itu, banyak metode penjualan live streaming yang menjadi viral, seperti influencer China, Li Jiaqi yang berhasil meraup Rp27 triliun dengan menjual produk lipstik hanya dalam satu hari.

Dengan prediksi ukuran pasar yang melonjak hingga ¥8,16 triliun (atau setara dengan Rp17 kuadriliun) pada tahun 2026, kini live streaming turut merambah berbagai perusahaan dan negara, seperti TikTok, Shopee, Amazon dan YouTube. Secara spesifik, riset Google, Temasek, dan Bain & Company memprediksi, pertumbuhan sektor e-commerce pada tahun 2024 masih menjadi penyokong utama ekonomi digital di Indonesia, yaitu 11% atau setara dengan US$65 miliar.

Hal ini didukung oleh fitur video commerce, termasuk live streaming. Potensi ini turut didorong oleh posisi Indonesia yang menduduki peringkat pertama sebagai negara dengan jumlah pengguna TikTok terbesar sebanyak 157,6 juta, serta bonus demografi Generasi Z yang menyukai konten berbasis video, di mana 87% mengakui pernah menonton live shopping.

Pilihan Beragam
Pilihan platform live commerce yang digunakan konsumen juga beragam, yaitu Shop Tokopedia diminati sebanyak 56% dan 33% untuk Shopee Live. Data internal SIRCLO mencatatkan live streaming masih menjadi primadona khususnya di platform TikTok melalui rata-rata kontribusi pada Gross Merchandise Value (GMV) sebesar 47%, diikuti 27% dari short video.

Danang melanjutkan, melalui layanan SIRCLO StreamLab, solusi live streaming terintegrasi dengan berbagai kanal e-commerce, SIRCLO merespon pesatnya perkembangan pasar dengan meresmikan pusat live streaming kedua di BSD City, Tangerang.

“Kami meningkatkan jumlah studio live streaming hingga tiga kali lipat dan memperkuat kapasitas operasional dengan membina lebih dari 130 hosts, sehingga memungkinkan peningkatan durasi live streaming hingga 14 kali lipat untuk mengakomodasi kebutuhan klien. Kami percaya, inisiatif yang diambil dapat berkontribusi secara signifikan terhadap pertumbuhan penjualan bagi para brand,” ujar Danang.

Fasilitas ini dirancang dengan berbagai pilihan ukuran studio, teknologi interaktif dan terkini, serta dukungan dari hosts yang kompeten. Meskipun teknologi AI mulai diterapkan dalam ranah live streaming untuk meningkatkan efisiensi dan pengalaman pengguna, sentuhan personal tetap menjadi elemen penting membangun engagement dengan audiens.

Kapabilitas fasilitas dari SIRCLO StreamLab juga memungkinkan brands membangun persona yang terpersonalisasi. termasuk membangun koneksi yang kuat dengan konsumen, terintegrasi dengan layanan berbasis data, sehingga mampu meningkatkan penjualan.

Sebagai mitra strategis, SIRCLO StreamLab telah membantu berbagai pemilik merek berskala besar memanfaatkan potensi live commerce untuk mencapai target bisnis mereka, salah satunya adalah Philips Personal Health. Dion Purna Satwika Amudra, Country Consumer Marketing Manager Philips Personal Health mengatakan, pihaknya memfokuskan live commerce pada dua tujuan utama, yaitu eksplorasi pasar dan konversi penjualan.

“Sejak lebih dari setahun lalu, kami bekerjasama dengan SIRCLO StreamLab untuk merancang strategi dan menjalankan live commerce. Melalui proses perbaikan berkelanjutan berdasarkan data, seperti pengoptimalan tampilan live streaming, penggunaan voucher, hingga peningkatan interaksi antara hosts dan audiens. Philips kini mencatat rata-rata pertumbuhan GMV bulanan sebesar dua digit di platform e-commerce,” ucap Dion.

Menurut Danang, keberhasilan Philips Personal Health dalam memanfaatkan live commerce, juga menunjukkan bagaimana potensi besar live streaming dapat membantu brand mencapai tujuan bisnisnya. Sekalipun lanskap live commerce harus kian adaptif dalam menghadapi berbagai dinamika seperti perubahan kebijakan pemerintah dan kondisi ekonomi global, imbuhnya, potensinya tetap sangat besar.

“Dengan pendekatan yang adaptif dan strategi yang tepat, kami yakin live streaming akan terus menjadi salah satu pilar penting dalam mendongkrak perekonomian digital Indonesia,” pungkas Danang.

 


KOMENTAR

Silahkan login untuk memberikan komentarLoginatauDaftar