c

Selamat

Kamis, 9 Mei 2024

EKONOMI

28 Maret 2024

13:22 WIB

Pertamina Tambah 15% Persediaan BBM/Elpiji Selama Momen Lebaran

Dari data-data tahun sebelumnya, peningkatan konsumsi lebih tinggi (BBM dan BBM) prediksinya pada arus balik, oleh karena itu Pertamina tambah persediaan 15%

Editor: Faisal Rachman

Pertamina Tambah 15% Persediaan BBM/Elpiji Selama Momen Lebaran
Pertamina Tambah 15% Persediaan BBM/Elpiji Selama Momen Lebaran
Aktivitas di Integrated Terminal BBM/LPG Banyuwangi, Jawa Timur. Antara/Budi Candra

BANYUWANGI - PT Pertamina (Persero) Patra Niaga Wilayah Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara (Jatimbalinus) menambah stok atau persediaan bahan bakar minyak atau BBM termasuk penambahan kuota elpiji. Penambahannya, sampai dengan 15% sepanjang arus mudik dan balik Lebaran 2024.

Direktur Rekayasa dan Infrastruktur Darat PT Pertamina Patra Niaga Jatimbalinus Eduward Adolof Kawi menjelaskan, penambahan persediaan BBM dan elpiji 10-15% dari stock normal sebagai upaya antisipasi peningkatan konsumsi pada momentum arus mudik/balik Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah.

"Dari data-data tahun sebelumnya, peningkatan konsumsi lebih tinggi (BBM dan BBM) prediksinya pada arus balik, oleh karena itu kami tambah persediaan 15%," ujarnya saat berkunjung ke Pertamina Integrated Terminal Tanjung Wangi Banyuwangi, Jawa Timur, Kamis (28/3).

Section Head Communication and Relation Pertamina Patra Niaga Wilayah Jatimbalinus Taufiq Kurniawan menyebutkan, peningkatan konsumsi elpiji selama Ramadan dan Idulfitri diproyeksikan mencapai 7% dari konsumsi harian.

Khusus wilayah Integrated Terminal BBM/LPG Tanjung Wangi Banyuwangi (Situbondo, Bondowoso, Jember dan Banyuwangi), lanjut dia, konsumsi harian elpiji sebanyak 507 metrik ton per hari atau 169.000 tabung elpiji.

"Sementara stock elpiji untuk di Terminal BBM/LPG Banyuwangi saat ini 4.630 metrik ton atau 1,534 juta tabung elpiji (aman untuk kebutuhan masyarakat)," kata Taufiq.

Sementara itu, stok bahan bakar minyak (BBM) gasoline (pertalite, pertamax, pertamax turbo), menurut dia, juga ditambah 15% selama arus mudik/balik Lebaran tahun ini. "Stock gasoline saat ini ada sebanyak 26.000 kilo liter. Dinaikkan 15% dari konsumsi harian 1.600 kilo liter per hari," ucap Taufiq.

Berbeda dengan BBM gasoil (solar), katanya, diproyeksikan terjadi penurunan konsumsi selama Ramadan dan Idulfitri 11% dari konsumsi harian 1.162 kilo liter per hari. Ini karena adanya pembatasan perjalanan truk logistik mulai 5 hingga 15 April 2024.

"Mengenai stock bahan bakar minyak jenis gasoil atau solar di wilayah Terminal BBM Banyuwangi sebanyak 17.300 kilo liter per hari," tuturnya.

Jam Operasional
Selain penambahan stok, Pertamina Jatimbalinus juga menambah jam operasional sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum atau SPBU menjadi 24 jam, selama arus mudik dan balik Lebaran 2024. 

Taufiq Kurniawan mengemukakan, Pertamina memberikan layanan ekstra dengan menambah jam operasional SPBU khususnya di wilayah Jawa Timur di jalur kritis seperti rawan macet pada bulan Ramadhan dan Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah.

"Selain menambah jam operasional SPBU, lembaga penyalur elpiji yang tadinya tutup malam hari juga kita minta buka 24 jam mulai 25 Maret hingga 25 April 2024 atau H+15 Lebaran," imbuhnya.

Layanan ekstra lainnya selama arus mudik dan balik Lebaran, lanjut Taufiq, Pertamina juga menyiagakan truk tangki berisi bahan bakar minyak (BBM) di beberapa SPBU bertujuan untuk memangkas jarak suplai. Dengan demikian, menurut dia, jika ada SPBU yang kehabisan BBM tidak perlu menunggu suplai dari Pertamina Integreted Banyuwangi.

"Salah satunya truk tangki berisi BBM ditempatkan di SPBU Utama Raya di perbatasan Situbondo-Probolinggo. Ini untuk memangkas waktu jarak suplai dari Banyuwangi," ujarnya.

Menurut Taufiq, Pertamina juga menyiagakan kendaraan delivery service untuk mengatasi dan memberikan layanan khusus kendaraan pemudik titik-titik kemacetan yang kehabisan BBM.

"Jadi, misalnya ketika arus lalu lintas macet dan BBM pengendara habis, bisa langsung telepon call center 135, nanti akan ada kendaraan khusus dari SPBU terdekat meluncur membawa BBM," kata Taufiq.

Powered by Froala Editor


KOMENTAR

Silahkan login untuk memberikan komentarLoginatauDaftar