c

Selamat

Minggu, 16 November 2025

EKONOMI

10 Agustus 2023

08:39 WIB

Peritel Tak Khawatir Bersaing Dengan Penjual Online

Hippindo menegaskan peritel tidak khawatir bersaing dengan para penjual daring atau online.

Peritel Tak Khawatir Bersaing Dengan Penjual Online
Peritel Tak Khawatir Bersaing Dengan Penjual Online
Ilustrasi. Pengunjung melihat koleksi pakaian di toko UNIQLO terbesar di Indonesia di kawasan Metland Cyber Puri, Tangerang, Banten, Selasa (23/5/2023). Antara Foto/Muhammad Iqbal

JAKARTA - Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) menegaskan peritel tidak khawatir bersaing dengan para penjual daring atau online.

Menurut Ketua Umum Hippindo Budihardjo Iduansjah, peritel khususnya di pusat-pusat perbelanjaan selalu mengutamakan jaminan keaslian dan purnajual yang baik ke para konsumen.

“Kita selalu utamakan original, asli standarisasi, pokoknya terjamin aftersales-nya karena kita memang punya tokonya. Kalau rusak tinggal dicari saja tokonya. Misalnya beli HP (handphone) di Erajaya, ya tidak mungkin lari deh. Tapi kalau online kan yang jadi masalah dimana tokonya, tidak ada,” katanya dalam konferensi pers Indonesia Retail Summit dan HBDI 2023 di Jakarta, Rabu (9/8) seperti dilansir Antara.

Budihardjo juga memastikan, peritel modern juga selalu update dengan produk-produk terbaru yang jadi incaran konsumen.

Terakhir, peritel moden juga tidak segan memberikan hadiah loyalti ke para konsumen setianya.

“Kita berikan gift loyalti program. Jadi kalau beli offline bisa beli online, dan kalau beli online, bisa beli offline, loyaltinya juga ada. Ada hadiah dan lain sebagainya,” katanya.

Budihardjo pun menilai selama para pemain online menaati aturan yang sama dengan peritel offline termasuk perizinan dan lainnya seharusnya mereka bukanlah ancaman.

“Selama PPN-nya bayar, mengikuti SNI, BPOM, izin halal, semua, kalau sama, permainannya fair play, ya tidak masalah,” katanya.

Dalam kesempatan yang sama, CEO Central Department Store Hedy Djaja Ria menilai pasca pandemi Covid-19, tren belanja offline kini justru meningkat. Meski, ia mengakui penjualan secara online pun tetap berjalan stabil.

Offline justru bagus karena trennya orang lebih suka ke toko langsung untuk merasakan bahan seperti apa, juga experience (pengalaman). Karena mal di Jakarta atau di Indonesia itu tidak hanya menyediakan ritel tapi juga live music, dan atraksi untuk semua anggota keluarga,” katanya.

Hedy pun yakin kondisi ritel offline akan bisa kembali pulih seperti sebelum pandemi.

Offline store tidak takut karena trennya justru membaik setelah pandemi. Memang beberapa masih struggle (berjuang), tapi masih cukup bagus,” imbuhnya.

HBDI 2023
Hippindo menyebutkan konsumsi ritel pada periode kuartal III/2023 diharapkan bisa terdongkrak dengan adanya rangkaian Hari Belanja Diskon Indonesia (HBDI) 2023.

Budihardjo mengatakan momentum HBDI atau Indonesia Great Sale diproyeksi bisa menggenjot penjualan hingga 20% dibandingkan hari-hari biasa.

“Triwulan III ini karena ada HBDI kami optimistis. Semoga di triwulan III ini HBDI bisa mengangkat (kinerja) ritel. Sales (penjualan) regulernya 20% dari normal,” katanya.

Budihardjo mengatakan dalam hitungan kasar, penjualan ritel dari anggota Hippindo mencapai sekitar Rp500 triliun per tahun. Lewat gelaran promosi ritel dan HBDI pada Agustus ini, ia menargetkan bisa meraup penjualan sekitar Rp60 triliun.

“Mungkin bisa Rp60 triliun di bulan delapan (Agustus) ini,” katanya

Budihardjo menyebut adanya momentum besar seperti Idul Fitri atau Lebaran, Natal, atau Tahun Baru memang sangat berpengaruh terhadap penjualan ritel. Momentum tersebut juga termasuk peringatan HUT RI.

“Di event ulang tahun Indonesia, semua orang berlomba untuk bikin acara. Makanya pentingnya event untuk meningkatkan konsumsi (ritel),” katanya.


KOMENTAR

Silahkan login untuk memberikan komentarLoginatauDaftar