04 Mei 2023
10:06 WIB
Penulis: Yoseph Krishna
Editor: Fin Harini
JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatatkan total penumpang yang terangkut PT KAI pada periode H-10 sampai H+10 Hari Raya Idulfitri 2023 (12 April-3 Mei) sebanyak 3,78 juta penumpang, terdiri dari 3,26 penumpang KA Jarak Jauh dan 522.465 penumpang KA Lokal.
Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo menerangkan angka itu 104% dari target yang telah ditetapkan sebanyak 3,6 juta pelanggan.
Selain itu, jumlah penumpang KA Jarak Jauh periode Lebaran 2023 juga meningkat 27% dibandingkan periode Hari Raya Idulfitri 2022.
Pelanggan KA Jarak Jauh kelas ekonomi mendominasi Angkutan KA Lebaran 2023 dengan 2,21 juta orang atau 68% dari total penumpang. Angka itu disusul oleh kelas eksekutif 908.942 orang (28%) dan kelas bisnis 144.739 penumpang (4%).
"Pencapaian tersebut tidak bisa dilakukan tanpa adanya kolaborasi, sinergi, dan kerja sama yang harmonis dari seluruh jajaran KAI Group, dengan semangat gotong royong memberikan pelayanan dengan kualitas yang lebih baik dari tahun-tahun yang sebelumnya," ungkap Didiek dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (3/5).
Selama periode Angkutan Lebaran 2023, KAI sendiri mengoperasikan rata-rata 252 unit KA per hari atau meningkat 18% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya sebanyak 214 KA per hari.
Pengoperasian unit-unit kereta itu beriringan dengan On Time Performance selama masa mudik Lebaran 2023 yang mencapai target sebesar 96%.
Capaian itu tak lepas dari membaiknya perencanaan Angkutan Lebaran 2023 dan peningkatan kinerja operasional.
Didiek menambahkan, puncak arus mudik untuk moda angkutan KA terjadi pada H-3 Idulfitri, yakni pada Rabu (19/4) dengan total 181.685 pelanggan terangkut. Sementara itu, untuk puncak arus balik pada Selasa (25/4) atau H+2 Lebaran sebanyak 239.954 pelanggan.
"Rute favorit pelanggan adalah Jakarta-Surabaya PP, Jakarta-Bandung PP, Jakarta-Malang PP, Jakarta-Yogyakarta PP, Jakarta-Purworejo PP, Jakarta-Semarang PP, hingga Bandung-Surabaya PP," kata dia.
Lebih lanjut, dia menegaskan Perseroan akan terus melakukan perbaikan di beragam bidang, mulai dari sarana, prasarana, pelayanan, hingga keselamatan.
Perbaikan itu akan merujuk pada evaluasi harian selama Posko Angkutan Lebaran 2023 dalam rangka persiapan Angkutan Nataru akhir tahun ini maupun Angkutan Lebaran tahun depan.
"Pascamudik Lebaran 2023, kami akan terus meningkatkan kualitas pelayanan dan keandalan seluruh sarana dan prasarana, termasuk penanganan dalam kondisi darurat," tandas Didiek Hartantyo.