14 Desember 2023
12:56 WIB
Editor: Rikando Somba
JAKARTA – Industri otomotif kembali menggeliat. Beberapa pabrikan mobil mencatatkan penjualan yang jauh meningkat di tahun ini dari tahun-tahun sebelumnya. PT Toyota Astra Motor (TAM), misalnya, mencatatkan penjualan pada periode Januari hingga November 2023 sebanyak 304.736 unit, dengan pangsa pasar 33,1%.
Toyota mencatatkan kemampuan bertahan dengan pangsa pasar di atas 30% selama lima tahun terakhir.
Tiga kontributor terbesar penjualan Toyota periode Januari hingga November adalah Kijang Innova sebesar 57.618 unit, Avanza 56.432 unit, dan Calya 41.683 unit.
Wholesales (penjualan kepada distributor atau diler) kendaraan elektrifikasi (xEV) Toyota periode Januari hingga November juga meningkat. Kenaikannya enam kali lipat dari periode yang sama tahun 2022, dengan mencatatkan penjualan 33.603 unit dengan pangsa pasar 54,3%.
"Kami mengapresiasi upaya pemerintah membangun iklim xEV yang semakin kondusif sehingga popularitas kendaraan elektrifikasi Toyota meningkat dan masyarakat masih mempercayai Toyota sebagai pilihan utama mobilitas," ujar Vice President Director PT. Toyota-Astra Motor (TAM) Henry Tanoto melalui siaran pers yang diterima di Jakarta, Kamis (14/12).
Kenaikan Daihatsu
Dicatat pula, Toyota telah menghadirkan 13 model mobil baru sepanjang tahun 2023, baik model komersial, GAZOO Racing, dan pilihan kendaraan elektrifikasi. Khusus xEV, PT TAM secara resmi melakukan peluncuran global All New Yaris Cross HEV pada Mei. Adapun All New RAV4 GR Sport PHEV (Plug-in Hybrid Electric Vehicle) hadir mulai Agustus.
Khusus kendaraan elektrifikasi, Kijang Innova Zenix HEV kembali memimpin dengan angka penjualan 24.250 unit, diikuti Yaris Cross HEV 5.284 unit, dan Corolla Cross HEV 1.161 unit.
Dikutip dari Antara, total penjualan HEV Toyota untuk 2023 adalah 33.603 unit, sekitar 11% dari total penjualan Toyota tahun ini, naik signifikan dari total penjualan medio 2020 hingga 2022 sebanyak 7.411 unit atau hanya sekitar 1% dari total penjualan Toyota.
"Peluncuran Kijang Innova Zenix HEV di akhir tahun 2022 berhasil meningkatkan penjualan xEV kami, bahkan mendominasi transaksi Kijang Innova Zenix. Dengan semangat Mobility for All, Toyota akan menghadirkan lebih banyak lagi opsi xEV dengan target 30% adalah kendaraan elektrifikasi di tahun 2030," kata Marketing Director PT TAM Anton Jimmi Suwandy.
Eksistensi merek sporty GAZOO Racing (GR) turut meningkatkan penjualan Toyota untuk 2023. Mobil Sport GR Supra, GR Yaris, dan GR86 dinilai diminati para pecinta mobil sport. Ini juga terlihat dari larisnya varian flagship GR Sport di beberapa model hatchback dan SUV Toyota mencetak pangsa pasar dengan rata-rata 81,4% pada setiap model.
Pabrikan lainnya, Daihatsu membukukan penjualan ritel lebih dari 179 ribu unit hingga November 2023. Kenaikan penjualan ini mencapai sekitar 3,8% dibandingkan periode yang sama tahun lalu sekitar 172 ribu unit.
"Kami bersyukur, menjelang tutup akhir tahun 2023, penerimaan masyarakat tetap terhadap Daihatsu tetap menunjukkan tren positif dengan dengan capaian penjualan ritel lebih dari 179 ribu unit, atau naik sebesar 3,8 persen dibandingkan tahun 2022 lalu," ujar Marketing and Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation Tri Mulyono dalam rilis pers, Kamis.
Dari kuantitas, penjualan ritel Daihatsu selama 11 bulan pada 2023 didominasi oleh tiga model teratas, yaitu Sigra sebanyak 58.298 unit atau berkontribusi sekitar 32,6%, disusul Gran Max PU (Pick Up) sejumlah 39.789 unit (22,2%), dan Terios sebesar 23.088 unit (12,9%).
Dari capaian tersebut, kontribusi penjualan ritel Daihatsu selama 11 bulan terhadap pangsa pasar ritel otomotif nasional mencapai 19,7%, atau naik sebesar 0,7% dibanding periode yang sama tahun 2022 sebesar 19%.
"Semoga capaian ini dapat terus memotivasi kami dalam memberikan penawaran dan layanan terbaik kepada pelanggan,” ujar Tri Mulyono.
Adapun hingga Oktober 2023, Daihatsu mencatatkan penjualan ritel sebesar 164 ribu unit, atau naik sekitar 4,4% dibandingkan periode yang sama tahun lalu sekitar 157 ribu unit.
Sementara itu, hingga akhir November, total penjualan kendaraan roda empat di pasar otomotif nasional mencapai 920.518 unit, sedikit lebih rendah dari periode yang sama tahun 2022 yaitu 942.686 unit.