c

Selamat

Kamis, 30 Mei 2024

EKONOMI

11 April 2022

13:13 WIB

Penjualan Mobil Sudah Capai Kondisi Sebelum Pandemi 

Pencapaian kuartal pertama tahun 2022 yang mencapai 263.810 unit juga kembali mencatatkan kenaikan sebesar 41,1% dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya

Editor: Faisal Rachman

Penjualan Mobil Sudah Capai Kondisi Sebelum Pandemi 
Penjualan Mobil Sudah Capai Kondisi Sebelum Pandemi 
Pengunjung mengamati mobil yang dipamerkan dalam Jakarta Auto Week (JAW) 2022 di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Senin (14/3/2022). Antara Foto/Galih P

JAKARTA - Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat, sepanjang Maret 2022 angka penjualan wholesale kendaraan bermotor roda empat atau lebih di Indonesia mencapai angka 98.524 unit. Sementara angka penjualan retail sepanjang bulan yang sama mencatat angka 89.811 unit.

Menurut Gaikindo, penjualan wholesale dan retail telah mencapai angka penjualan industri otomotif Indonesia, pada kondisi normal atau sebelum pandemi.
 
"Hasil penjualan kendaraan pada bulan Maret yang berhasil mencapai lebih dari 98 ribu unit, yang berhasil menyamai angka pencapaian pada kondisi normal, adalah buah dari dukungan dan arahan yang diberikan Pemerintah," kata Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi melalui keterangan resmi, Senin (11/4)

Merujuk hasil penjualan bulan Maret, pencapaian kuartal pertama tahun 2022 yang mencapai 263.810 unit juga kembali mencatatkan kenaikan sebesar 41,1% dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.
 
Menurut Nangoi, kenaikan angka penjualan pada kuartal pertama tahun ini didorong oleh kebijakan relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah Ditanggung Pemerintah (PPnBM DTP) yang mendukung industri otomotif Indonesia. Kebijakan tersebut juga disebut menggerakkan kembali UKM industri pendukung otomotif.
 
Ia menambahkan, hasil penjualan kendaraan pada Maret juga tidak lepas dari penyelenggaraan Jakarta Auto Week (JAW) yang berfokus untuk mendorong penjualan. JAW telah berlangsung pada 12 hingga 21 Maret.
 
"Penyelenggaraan perdana JAW, selama sembilan hari telah mencatat pencapaian transaksi yang sangat bagus, dan berhasil merealisasikan tujuannya untuk dapat berkontribusi kepada pencapaian penjualan industri otomotif, yang pada bulan Maret mencapai hasil yang luar biasa," kata Nangoi.

Dongkrak Penjualan
Ia mengklaim, keputusan Gaikindo dan para anggota untuk memberikan stimulus dalam mendongkrak angka penjualan lewat penyelenggaraan pameran, merupakan langkah tepat dan terbukti sangat efektif. Gaikindo pun menyampaikan apresiasi kepada pemerintah melalui Kementerian Perindustrian atas kebijakan yang mendorong bangkitnya industri otomotif Indonesia.
 
"Dukungan dan arahan Kementerian Perindustrian agar JAW dapat kembali berkontribusi terhadap pencapaian industri otomotif Indonesia, semakin meningkatkan semangat Gaikindo untuk menyelenggarakan JAW di tahun-tahun mendatang," kata Nangoi. 

Untuk diketahui, Gaikindo melaporkan data transaksi JAW, tercatat sebesar Rp2,3 triliun dengan pemesanan 5.919 unit kendaraan. Capaian ini dilaporkan Gaikindo kepada Kementerian Perindustrian RI (Kemenperin).

"Capaian transaksi pada pameran Jakarta Auto Week yang baru pertama kali dilangsungkan ini sangat luar biasa. Kami sangat bangga, karena sesuai dengan tujuannya Jakarta Auto Week dapat berkontribusi kepada pencapaian penjualan industri otomotif pada tahun ini,” kata Nangoi
 
Pameran Jakarta Auto Week dihadiri 53.164 pengunjung, dan menyebut mereka adalah calon konsumen potensial yang mungkin saja akan membeli kendaraan di diler terdekat seusai pameran itu berlangsung.
 
Sebelumnya, Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang berharap pameran otomotif JAW 2022 mampu mendongkrak angka penjualan kendaraan di Tanah Air.
 
"Kami berharap,momen atau forum dari acara pameran Jakarta Auto Week ini bisa menjadi konkrit bagi penjualan produk-produk mobil di Indonesia," ujar Agus.

Agus menyampaikan, selain menjadi bagian penting dalam pertumbuhan ekonomi nasional, sektor industri otomotif juga berkontribusi terhadap lingkungan melalui kebijakan penerapan standar emisi Euro4 terhadap kendaraan bermesin diesel.
 
"Saya ingin mengingatkan, mulai tanggal 12 April itu sudah ada satu ketentuan, satu regulasi bahwa mobil-mobil baru yang diproduksi harus berstandar Euro4. Dan ini tentu menjadi kontribusi dari kami, dari Kementerian Perindustrian dan juga para industri, Gaikindo, selain untuk mendorong pertumbuhan ekonomi nasional juga menjaga lingkungan yang lebih ramah," ucap Agus.

IIMS
Sementara itu, gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid, 31 Maret-10 April di JIExpo Kemayoran, Jakarta, sukses mencatat 378.227 pengujung offline dan transaksi sebesar Rp2,8 triliun dengan total 6.850 unit.
 
Mengutip siaran pers pada Senin, kesuksesan IIMS Hybrid 2022 disempurnakan oleh dukungan dari berbagai asosiasi, komunitas, serta stakeholders industri otomotif. Deretan Agen Pemegang Merek (APM) pun ikut andil memeriahkan pesta otomotif tersebut.
 
Kendaraan roda empat diwakili oleh brand ternama seperti BMW, Chery, DFSK, Honda, Hyundai, Jeep, Mazda, MG, Mitsubishi, Toyota, Suzuki, Wuling, serta Prestige yang menampilkan unit Tesla terbaru. Sedangkan kendaraan roda dua diwakili oleh Benelli & Keeway, Energica, Gesits, Honda,Italjet, Kawasaki, KTM & Husqvarna, NIU, Royal Alloy, Royal Enfield, Volta, dan Yamaha serta Perhimpunan Pengusaha Aksesoris Mobil Indonesia (PAHAMI) dan puluhan brand aftermarket.
 
Selanjutnya, IIMS akan hadir di Surabaya pada 1-5 Juni 2022 dan Makassar pada 21-25 September 2022. Selain itu, akan ada IIMS Motobike pada 28-30 Oktober 2022 dan IIMS Outdoor Banaran JogLoSemar pada 28 Desember 2022-1 Januari 2023.

 


KOMENTAR

Silahkan login untuk memberikan komentarLoginatauDaftar