Selamat

Senin, 25 Oktober 2021

30 September 2021|18:27 WIB

Pemasaran Lewat IKEA Naikkan Kelas UMKM

IKEA Jakarta Garden City sediakan 1.000 m2 lapak bagi UMKM dalam program Teras Indonesia

Penulis: Yoseph Krishna,

Editor: Fin Harini

ImageIlustrasi UMKM. Perajin membuat kerajinan lampu hias berbentuk rumah adat di Mienani Craft, Depok, Jawa Barat, Jumat (3/9/2021). ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha

JAKARTA – Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menyambut baik langkah PT Ikea Indonesia berkolaborasi untuk memasarkan produk-produk UKM sektor kerajinan, fashion, hingga personal care lewat program Teras Indonesia.

Dalam acara penandatanganan nota kesepahaman antara Kemenkop UKM dan IKEA Indonesia, Teten Masduki menyebut langkah kolaborasi ini merupakan momentum untuk mendorong produk-produk UMKM agar bisa naik kelas.

"Kerja sama ini sekaligus mengangkat narasi produk UKM Indonesia dengan kualitas yang tentunya tidak kalah saing dengan brand besar," sebut Menteri Teten seperti dikutip keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Kamis (30/9).

Teten juga menjelaskan saat ini IKEA Indonesia telah mengakomodir berbagai produk dari UMKM guna dipromosikan di IKEA Jakarta Garden City dalam periode bulanan. Ia pun berharap IKEA Indonesia bisa membuka kesempatan yang lebih besar bagi UKM sektor lain yang memiliki nilai tambah, seperti kerajinan dan home decor.

Menurutnya, produk-produk UKM Indonesia, seperti kursi, meja, kabinet, hingga pintu dewasa ini mulai menunjukkan eksistensinya, baik di kancah domestik maupun di pasar global. Ia pun meyakini produk-produk berdaya saing itu punya kualitas yang mumpuni sehingga memiliki daya saing.

"Produk-produk seperti meja, kabinet, kursi, pintu yang memanfaatkan bahan baku dari Jawa Tengah itu sudah diekspor ke berbagai negara. Saya lihat produk UKM lokal sudah punya kualitas yang baik," tambahnya.

Dalam kesempatan itu, Menkop juga berkomitmen akan melancarkan berbagai bentuk pendampingan, pelatihan, kurasi, hingga research and development secara berkelanjutan bersama berbagai pihak terkait. Untuk itu, ia berharap IKEA Indonesia bisa menyerap lebih banyak lagi produk-produk UKM.

"Saya juga ingin mengajak perusahaan besar lain untuk bersinergi dengan pemerintah dalam upaya mendorong UKM masuk rantai pasok nasional dan global sehingga UKM bisa bangkit dan perekonomian bangsa menjadi lebih tangguh," tegas Teten Masduki.

Program Teras Indonesia menjadi salah satu komitmen IKEA Jakarta Garden City untuk memberdayakan produk-produk UKM lokal. Langkah ini diimplementasikan dengan penyediaan area pameran secara gratis dengan total area hingga 1.000 m2 yang tersebar di beberapa titik.

Hingga saat ini, tidak kurang dari 16 unit UMKM turut berpartisipasi menjajakan produk unggulannya di Teras Indonesia IKEA Jakarta Garden City. Jumlah ini menjadi yang terbanyak dibandingkan toko IKEA lainnya.

Presiden Director PT Rumah Mebel Nusantara (IKEA Indonesia) Patrik Lindvall menyebut kolaborasi dengan pemerintah ia lakukan tak sebatas memberikan ruang promosi UMKM, tetapi juga menggelar sentra vaksinasi hingga mengumpulkan donasi untuk kegiatan sosial.

"Khusus untuk Teras Indonesia, kami percaya IKEA Jakarta Garden City dapat menjadi tetangga yang baik bagi masyarakat dan UMKM setempat," kata Patrik.

Sementara itu, Deputi Bidang UKM Kemenkop UKM Hanung Harimba Rahman mengatakan produk-produk yang sudah masuk IKEA menandakan adanya kualitas yang bagus dan sudah memenuhi standardisasi. Tak hanya itu, Hanung meyakini produk yang sudah masuk IKEA juga menandakan sudah siap masuk pasar internasional.

Menurutnya, nota kesepahaman antara Kemenkop UKM dan IKEA Indonesia baru pada tahap awal dan ke depannya akan terus dikembangkan dalam berbagai program lainnya, seperti memasarkan produk dengan kearifan lokal khas Nusantara.

"Ke depan bisa kita bicarakan, misalnya produk anyaman dari NTT atau kain tenun, itu bisa kita lihat produknya di IKEA," imbuhnya.

Login atau Register untuk komentar.

ARTIKEL LAINNYA